© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan konsumen atau pelanggan?

Pelanggan

Pelanggan (customer) adalah individu atau kelompok yang terbiasa membeli sebuah produk atau jasa berdasarkan keputusan mereka atas pertimbangan manfaat maupun harga yang kemudian melakukan hubungan dengan perusahaan melalui telepon, surat, dan fasilitas lainnya untuk mendapatkan suatu penawaran baru dari perusahaan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008), pelanggan memiliki arti membeli atau menggunakan barang secara tetap.

Pelanggan adalah orang yang menjadi pembeli produk yang telah dibuat dan dipasarkan oleh sebuah perusahaan, dimana orang ini bukan hanya sekali membeli produk tersebut tetapi berulang-ulang.

Menurut Nasution (2004) pelanggan suatu perusahaan adalah orang yang memebeli dan menggunakan produk suatu perusahaan.

Menurut Gasperz, pengertian pelanggan ada tiga yaitu:

  1. Pelanggan internal (Internal Customer)
    Merupakan orang yang berada dalam perusahaan dan memiliki pengaruh pada performansi (Performance) pekerjaan atau perusahaan kita.

  2. Pelanggan antara (Intermedieate Customer)
    Merupakan mereka yang bertindak atau berperan sebagai perantara bukan sebagai pemakai akhir produk itu.

  3. Pelanggan Eksternal (Eksternal Customer)
    Merupakan pembeli atau pemakai akhir produk itu, yang sering disebutsebut sebagai pelanggan nyata (Real Customer).

Pelanggan adalah masyarakat yang pada umumnya membutuhkan barang dan jasa yang berpotensi untuk melakukan pembelian. Sebuah perusahaan haruslah fokus kepada apa yang diinginkan pelanggan. Hal yang paling umum diinginkan oleh pelanggan adalah :

  • Pelanggan ingin dibuat bahagia atau puas

  • Pelanggan tidak ingin dibebankan macam-macam dalam bentuk uang maupun waktu

  • Pelanggan ingin kebutuhannya terpenuhi sesuai dengan harapan yang dibuatnya.

Dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa pelanggan adalah individu atau kelompok yang membeli atau menggunakan sebuah produk atau jasa secara tetap yang kemudian melakukan hubungan dengan perusahaan untuk mendapatkan suatu penawaran baru dari perusahaan.