Star Seller, Sudah Pasti Menjual Produk Original?

Ilustrasi

Bukuwarung.com

Saat ini kita telah memiliki 2 opsi untuk berbelanja, yaitu secara daring atau luring. Keuntungan dari berbelanja secara luring adalah sebagai pembeli kita bisa melihat wujud asli dari produk yang diinginkan. Selain itu kita juga bisa mencocokan suatu produk tersebut secara langsung.

Sedangkan jika berbelanja secara daring memang kita tidak bisa melihat secara langsung wujudnya apalagi mencocokannya, tetapi kita dapat menghemat waktu dan bisa melakukannya dari mana saja. Meskipun demikian, dalam berbelanja secara daring juga memiliki resiko tertipu barang yang palsu.

Salah satu aplikasi belanja daring yaitu shopee, memiliki fitur star seller sebagai wujud apresiasi untuk Penjual yang aktif dan memiliki pelayanan pelanggan yang baik.

Lantas, apakah dengan toko daring shopee tersebut mendapatkan cap star seller berarti sudah pasti menjual produk asli?

Referensi

https://help.shopee.co.id/

Maaf kak @nrauliyar boleh diperjelas apa yang dimaksudkan produk originalnya ?
Apakah produk sesuai dengan yang di foto, atau produk original merk tertentu, atau produk merupakan produk asli toko tersebut ?

Menurut saya ini menarik, jika yang dimaksud dengan tidak sesuai foto, penjual tentu ingin produk terlihat sebaik mungkin. Pencahayaan juga bisa menjadikan busana tampak lebih bagus. Apalagi foto tersebut diambil oleh fotografer profesional yang tahu cara bagaimana seorang model dan busana tampak sempurna. brand juga sering sengaja menyesuaikan pakaian dengan tubuh model sehingga tampilannya di foto lebih menarik.

Menurut saya hal tersebut tidak masalah, hanya saya sendiri sering merasa terganggu dengan template brosur foto yang sama di setiap toko. Dimana foto yang dipajang bukanlah benar-benar produk tersebut melainkan hanya template. Hal tersebut menurut saya mempersulit kostumer sehingga opsi terakhir hanya star seller, menurut saya walaupun tidak benar-benar sesuai dan foto pun sama seperti toko-toko lain. Karena di ketentuan star seller pun tidak ada mengenai originalitas.

Referensi

Shopee ID Helpcenter

Menurut saya, belum pasti. karena seperti yang anda jelskan di atas, kalau fitur star seller itu sebagai wujud apresiasi untuk Penjual yang aktif dan memiliki pelayanan pelanggan yang baik. Namun bukan menjual produk yang pasti original.
Kalau mau pasti original, beli saja di official storenya atau Shopee Mall, yang sudah menjamin kalau produknua 100% ori. selain itu, disertai juga dengan tanda Shopee Garansi 100% Ori.

1 Like

terima kasih atas tanggapannya kak @Deden_ImamBuchori terkait foto produk juga cukup meresahkan saya, karena membuat ekspektasi saya tinggi.

mengenai hal ini

mohon maaf sebelumnya, yang saya tujukan adalah apabila ada penjual yang menjual seperti contohnya skincare dari luar negeri, terkadang ada beberapa penjual yang klaim “original/asli dari negara tertentu” tetapi ternyata saat sampai produk yang dikirimkan bukan original karena tidak bisa di scan barcode nya atau teksturnya berbeda dengan yang asli. seperti itu.

terima kasih atas tanggapan dan sarannya kak @naomisitompul semoga informasi ini bermanfaat untuk Youdics yang lain juga ya.