Benerkah hewan peliharaan dapat mengurangi stress akibat pandemi yang tak berkesudahan?

Siapa sih yang tidak stress dan muak akibat selalu harus di rumah terus selama pandemi ini? bahkan jika dihitung pandemi ini sudah berumur satu tahun lebh loh, wow seperti anak bayi saja ya :smiley:

Pandemi yang tidak berkesudahan ini bahkan sampai membuat multiple stress pada kehidupan masyarakat. Mulai dari kekhawatiran akan tertular COVID-19, khawatir akan meninggal dan kehilangan anggota keluarga serta teman hingga stress akibat terkena PHK dan mengalami penurunan pendapatan. Untuk itu kita perlu solusinya nih agar stress yang dialami saat pandemi dapat berkurang dengan cara self healing bersama hewan peliharaan.

Studi dari jurnal Letter One mengatakan bahwa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing memiliki efek positif hingga 50 persen lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tidak memelihara hewan peliharan. Studi ini menganalisis 139 kumpulan data dari sejumlah negara di dunia. Peneliti melihat berbagai kondisi kesehatan seperti kardiovaskular dan mental, aktivitas fisik, hingga kesejahteraan pemilik hewan peliharaan. Hasilnya, orang dewasa yang memiliki hewan peliharaan ditemukan 60 persen lebih aktif secara fisik dibandingkan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Selain itu, pemilik hewan peliharaan juga mengalami peningkatan kesehatan jantung dan koroner. Hasil serupa juga dijumpai pada anak-anak dan lansia. Anak-anak yang mempunyai hewan peliharaan ditemukan 11 persen lebih sehat dibandingkan yang tidak. Sedangkan pada lansia yang memelihara hewan peliharaan, mereka 68 persen lebih aktif dibandingkan orang seusia mereka yang tak punya hewan peliharaan. Orang dengan hewan peliharaan juga memiliki kesehatan emosional yang lebih baik seperti mampu melawan kesepian, meningkatkan keterampilan, dan perilaku sosial.

Menarik banget ya dampak positif yang didapatkan dari memelihara hewan dirumah. Nah, kalau teman-teman Youdics punya hewan peliharaan apa saja nih dirumah? dan bagaimana hewan peliharaan itu memberi dampak positif kepada Youdics dan keluarga dirumah? atau bagi teman-teman Youdics lain yang tidak memelihara hewan dirumah jadi tertarik untuk memelihara? Yuk ceritakan…

Menurut sepengalaman saya yang memutuskan untuk memelihara kucing semenjak pandemi hal ini valid. Memang benar hewan peliharaan dapat menjadi healing tersendiri bagi yang memeliharanya. Namun siap-siap saja dengan konsekuensinya yakni overthinking apabila hewan peliharan kita sakit, dikarenakan ditinggal hewan peliharaan sama seperti kita ditinggal saudara kita sendiri.

1 Like

sepengalaman saya memang terkadang bermain dengan hewan peliharaan menjadi hiburan untuk mengurangi rasa stres. Saya memiliki seekor kucing. Memang untuk mengurus hewan peliharaan tidak mudah dan membutuhkan biaya, tapi di sisi lain membuat saya menjadi lebih peka dan peduli. misalkan ketika saya sedang pergi dan melihat kucing kadang saya mengajaknya bermain. Bahkan, beberap teman saya sudah siap membawa makanan kucing apabila bertemu kucing liar di jalanan.

hasli studi seperti ini merupakan wawasan baru untuk saya. Di samping saya merasakan dampak positif langsung dalam memelihara kucing, ternyata memang ada studi yang berkata demikian.

1 Like