Seberapa pentingkah "self improvement" terhadap kesuksesan seseorang?

self improvement

Setiap individu pasti ingin sukses dan setiap individu pasti memiliki “Mimpi” atau sering disebut dengan “Cita-cita”, akan tetapi apakah semua orang berani untuk mewujudkan mimpinya? :thinking:
sudah seberapa jauhkah kita melangkah untuk menggapai mimpi tesebut? atau apakah kita masih berani “berangan-angan” ,diam ditempat, dan tanpa sadar kita sudah tertinggal dari orang lain. :relieved: :relieved: :relieved:
Lalu bagaimana jika kita merasa sudah tertinggal?
Apakah kita langsung menyerah? atau hanya mengikuti arus kehidupan saja? -_-

Jangan pernah katakan dalam hidup “saya ikutin arus air saja yang mengalir”. INGAT!! Hanya sampah dan ikan mati saja yang mengikuti arus air.

Lalu bagaimana? apa yang harus kita lakukan? bingung harus memulai dari mana?? :frowning:
Stop being confused and worried, intinya kita harus berani beranjak dari zona nyaman, menjalani proses kita dengan sungguh-sungguh, dan yang terpenting jangan lupa untuk melakukan “SELF IMPROVEMENT (PENGEMBANGAN DIRI)”. Menurut teman-teman apa itu self improvement? dan bagaimana teman-teman melakukan self improvement tersebut?

Yuk saling sharing disini (pengalaman, motivasi, maupun kegiatan positif dalam melakukan pengemabangan diri)… :slight_smile:

5 Likes

Pembahasannya sangat menarik kk menurut saya self improvent itu sendiri adalah bagaimana cara kita untuk tetap melangkah maju kedepan menggapai apa yang kita mau tanpa harus memikirkan kegagalan. Karna setiap perjalanan yang kita lalui pasti akan ada imbalannya. Jadi bagaimana jika kita gagal? Kita hanya hanya perlu bangkit dan maju terus untuk melangkah seperti yang kakak tuliskan bahwa "**jangan pernah katakan dalam hidup saya ikuti arus air saja yang mengalir.
Hanya sampah dan ikan mati saja yang mengikuti arus air. **

1 Like

Saya setuju dengan self improvement sangat penting bagi kesuksesan seseorang. Saya pribadi melakukan pengembangan diri, dnegan cara melihat apa yang kurang dalam diri saya. Dan setelah mengetahuinya, itu bukan jadi mmebuat saya minder tapi saya jadikan kekurangan itu menjadi kesempurnaan dalam diri saya. Saya harus bisa menaklukkan hal-hal yang selagi saya mampu dan bisa untuk melakukannya. Mau bagaimanapun, percayalah… seiring bertambahnya umur maka dari situ lah kita akan belajar banyak hal dan dari situ pula kita akan diajaarkan bagaimana cara bangkit dan mengembangkan diri masing-masing menjadi lebih baik. Jika saya merasa tertinggal, saya percaya itu adalah proses kehidupan. Dalam hidup, tidak bisa kita hanya menemukan jalan lurus saja. Oleh karena itu, kita harus bisa mengejarnya. Karena sesungguhnya kalo hari yang indah itu belum tergapai, berarti kita disuruh mengejar:) terimakasih topiknya, jika berkenan bisa mampir ke topik saya

1 Like

Wah jawabannya bagus sekali kak, kalau boleh tau, bagaimana prinsip atau motivasi yang kakak jadikan pegangan agar tidak menyerah disaat mengalami kegagalan ditengah perjalanan?

1 Like

Pemikiran yang sangat bijak kak, akan tetapi kita tau bahwa untuk melakukakn self improvement itu, dibutuhkan adanya rasa selflove (mencintai diri sendiri). Menurut kakak bagaimana cara kakak menumbuhkan selflove tsb?.. kakak bisa sharing² disini seputar pengalaman maupun perencanaan yg kakak lakukan :). Trimakasih

1 Like

Self Improvement (Pengembangan Diri) Menurut saya yaitu cara atau tindakan dapat kita lakukan untuk keluar dari satu titik. Dalam arti, kita itu tidak boleh hanyut dalam titik nyaman saja tanpa melakukan perubahan apapun.

Cara saya untuk mengembangkan yaitu dengan berani keluar dari zona nyaman. Misalnya begini, saya yang awalnya takut untuk berbicara di depan umum, misalnya saat persentase materi perkuliahan di depan kelas selalu gemeter gitu hingga saat menyampaikan materi dan mengeluarkan pendapat jadi terbata-bata saking gugupnya hehe. Nah untuk dapat mengembangkan diri itu, saya ikut organisasi internal dan eksternal kampus. Di dalam organisasi saya banyak melatih publik speaking saya. Dan hasilnya sekarang saya mulai berani untuk berbicara di depan umum yeyyey. Lalu cara lain untuk mengembangkan diri saya yaitu, dengan cara mencoba mengikuti event-event ilmiah, seperti PKM, Lomba menulis cerpen, dan saat ini sedang mengusahakan lomba LKTI Nasional. Masih diusahakan, untuk hasilnya menang atau kalah dipikirkan belakangan aja. Hehehe, yok buat kita semua tetap semangat buat self Improvement nya yaaa​:smiling_face_with_three_hearts::hugs:

1 Like

Self improvement sesungguhnya adalah sesuatu yang akan terus kita lakukan setiap harinya.Kita harus terus belajar dari hari kemarin untuk menjadi lebih baik kedepannya.Namun terkadang kita seolah nyaman dengan kondisi saat ini hingga kita hanya tenggelam dalam larutnya kenyamanan saat ini.
Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam memacu self improvement seperti mencari role model hingga mencoba membanggakan orang-orang yang kita sayangi.
Self improvement sebenarnya merupakan keputusan sendiri. Inspirasi saja tidak akan cukup. Kamu harus eksekusi.
#semangatmenolakmenyerah
Demikian pendapat saya, mari kita saling berdiskusi juga di artikel saya(Bagaimana pendapatmu mengenai “inspirasi” sebagai salah satu katalisator Self-Improvement ? Apakah sudah tepat? . Ditunggu kehadirannya.

1 Like

INGAT!! Hanya sampah dan ikan mati saja yang mengikuti arus air.

Wah, mungkin menurutku, itu adalah quotes terkeren yang ku temukan hari ini. Aku sepenuhnya setuju dengan pernyataan tersebut. Karena memang sejatinya manusia yang berhasil adalah dia yang berusaha dengan membuat dan menemukan jalan (arus)-nya sendiri.

Jadi, menurutku dalam kesuksesan: self-improvement ini ada sebagai bukti dari kita terus berkembang dalam memilah arus kita. Semakin seseorang berkembang, maka langkahnya halus atau arusnya semakin tenang.

Dan kesuksesan ini pasti ada acuan-acuannya, salah satunya ambisi. Mari saling berdiskusi juga diartikelku.
Ambisi, Apakah Hal Tersebut Merupakan Acuan Paling Kuat Dalam Mengembangkan Diri Menggapai Cita-Cita?

1 Like

Hallo… Selamat malam… Diskusi yg menarik nih… Sebelumnya Perkenalkan Nama Saya Handri, kelahiran Karawang, Sekarang berdomisili di Bandung.
Menyikapi topik diatas, saya adalah salah satu dari orang yg sedang menyesuaikan diri dan sedang dalam pengembangan diri.
Termasuk di komunitas dictio ini, saya minta tolong kepada teman-teman, untuk membantu saya menjadi orang yg pantas.
Mudah-mudahan Tuhan Memantaskan Saya untuk Sukses

1 Like

Prinsip saya kk hanya satu yaitu teruslah berjuang sampai kita mendapat kan apa yang kita mau tanpa melihat seberapa besar tantangan yabg kita hadapai

1 Like

Yupp Wiwi setuju bangett. Intinya adalah “coba aja dulu”
Dan didunia ini permasalahan terbesar setia kita adalah “tidak mulai utk mencoba”.
Simple but hard.

Iya Maria. Artikel yg menarik.
Utk mencapai cita-cita, langkah pertama adalah action. Berpikir utk bergerak, bergerak utk bertindak, dan bertindak utk berproses.
Tapi terlalu banyak yang memilih utk stay di berpikir, tahap awal dari berproses.

Kenapa?

Karena terlalu banyak kekhawatiran2 yg ia pikirkan, dan yg paling sering juga adalah, terlalu lama menunggu kesempurnaan utk memulai.

Cocoklah yang dikatakan lagu coboy junior yg judulnya “terhebat” itu,
“Tak perlu tunggu hebat, utk berani memulai apa yang kau impikan. HANYA PERLU MEMULAI, utk menjadi hebat, raih yang kau bisa”

Klo salah lirik d koreksi yaa… Hehehe
Mari sama2 belajar.

1 Like

Wah betul sekali kak, kebanyakan kita stay di berpikir karna sudah khawatir duluan dan menunggu kesempurnaan
Makasih sudah mampir ke artikel saya kk😊 saya sangat tertarik dengan kalimat
“Berpikir untuk bergerak, bergerak untuk bertindak,dan bertindak untuk berproses”

Semoga sukses ya kak❤

1 Like

Amin. Semoga sukses kak❤
Salam kenal ,saya Maria Simanjuntak berdomisili di Medan. Kita sama² sedang dalam proses… semoga ketekunan kita dalam berproses bisa konsisten😊

Langkah yang baik​:heart: semoga kita yang sddang berproses bisa konsisten yaa. Ga harus ambis, jangan terlalu memaksa, Jalani sambil nikmati. Puji Tuhan kualitas diri kita meningkat​:heart::blush:

Bener kak, Kita membutuhkan role model dan Inspirasi untuk mengembangkan diri kita, tetapi berbicara tentang eksekusi, eksekusi seperti apa yg dimaksud dalam self improvement ini kak?

Wah terimakasih dan salam kenal ya. Mengenai “ambisius” dudalam self improvemet sepertinya topik yang menarik untuk dibahas.

Yupp

Oiya yuk diskusi bareng dgn klik artikel saya:

Terima kasih.

Menurut saya self improvement itu adalah kesadaran diri kita untuk mengupayakan meningkatkan kuantitas dan kualitas hidup kita menjadi lebih baik, kita dapat memulai self improvement dengan aktivitas sehari-hari yang sering kita lakukan seperti memperbaiki waktu kita untuk tidur, ataupun sebagainya

1 Like