Ambisi, Apakah Hal Tersebut Merupakan Acuan Paling Kuat Dalam Mengembangkan Diri Menggapai Cita-Cita?

Ambisi-03 (sumber andalsoftware.com)

Dalam perjalanan cita-cita sampai hari ini, pasti kita sudah banyak melintasi berbagai macam hal: entah itu hambatan atau gangguan, pasti ada tujuannya & hasilnya; entah itu berhasil atau gagal pasti ada pelajarannya. Dan apa jadinya hasil tanpa usaha?

Bagiku tentang ini, yang terpenting itu adalah usaha kita. Umpamakan strukturnya ‘berusaha’ itu selalu berpondasi pada tujuan, dengan dilapisi ambisi. Ambisi itu selalu berkutat kuat, selalu kokoh dalam satu individu. Tetapi ambisi itu harus dibangun juga dari diri kita kalau usaha mau ditempuh. Jadi, ambisi itu sebenarnya ada pada tiap-tiap orang bilamana mereka mau melihat lebih jauh.

> Kita tidak bisa merubah masa depan, maka masa yang saat inilah yang diindahkan

Juga, beberapa cercap harapan saya membawa jauh-jauh. Modalnya adalah ambisi yang sampai saat ini menyemangati. Intinya, menurut saya ambisi yang meralat diriku perlahan bahkan jadi acuanku sampai saat ini. Bagaimana denganmu pembaca? Apakah menurutmu ambisi salah satu acuan terkuat dalam mengembangkan diri kita? Sekian, terima kasih.

3 Likes

Aku setuju ketika kamu mengatakan ambisi merupakan hal dasar dalam menggapai cita-cita.

Namun akan berbeda ketika ambisi itu dapat membuat mu sakit sendiri, hal itulah yang akan menyeleweng dari self improvement.
Dikatakan self improvement merupakan perbaikan diri untuk menjadi lebih baik.

Nah sedangkan ketika ambisi mu saja sudah menyeleweng tentu saja dirimu akan semakin tidak nyaman dan berujung pada depresi berat.

Jadi atur tingkat rasa ambisi mu ya:)

@Ainaya_7 Terima kasih sudah berbagi kak. Ada betulnya bisa menyeleweng, dan satu-satunya cara adalah menghadapi. Dan itu salah satu jalan bagus untuk mengembangkan diri. Terima kasih sudah memberi saran, bagaimana menurut (cara) kakak sendiri tentang mengatur ambisi tersebut?

1 Like

Menurut saya, iya. Dari definisinya saja, ambisi merupakan hasrat yang kuat dalam mencapai sesuatu. Perlu hasrat yang kuat untuk mencapai cita-cita. Tanpa rasa ambisi, kita tidak akan sebergairah itu dalam menuju apa yang kita mau.

@alya_amani Betul, rasanya hambar perjuang untuk tujuan tertentu tapi gak diiringi ambisi. Semangat bertindak juga lebih tinggi seperti yang kamu bilang “tidak akan sebergairah itu”. Karena memang pengaruhnya penting. Terima kasih sudah berpendapat…

Nah dengan begini ada sangkut pautnya dengan self improvement bukan.
Mungkin bisa memperbaiki diri dengan banyak² mensyukuri hal-hal yang sudah kita dapatkan.
Bisa juga dengan mengatur pola berpikir untuk fokus kepada hal-hal tertentu.
Correct me, i still learn to:)

Yeah, totally correct
Perbaikan diri banyak-banyak itu pastinya bakal meluruskan kita dari penyimpangan ambisi, apalagi mengatur pola pikir untuk fokus, bakal jadi hasil yang sama sebagaimana melakukan perbaikan.
Ringkasnya berarti perbaikan diri dan memfokuskan pola pikir.
Btw, terima kasih sudah berbagi!

1 Like

Sebelum itu,tolong kak artikel saya juga dikomentari,agar kita bisa sama sama berdiskusi.(@johannesmarbun)
Link : Bagaimana menurut mu antara jurusan ipa dengan jurusan ips di sekolah?.

Ok ,ambisis apakah yg paling kuat dalam meraih cita - cita?.. ya jawabannya. Alasannya ambisis itu kan dalam artinya yaitu kemauan yg besar dan keras dama mencapai hal yg dia inginkan. Jadi jika dia sudah ambisi dan semangat. Tentu dia bisa capai cita cita nya. Krn dalam mencapai cita cita itu harus ada ambisi da semangat yg besar. Agar jangan mudah terpengaruh oleh faktor instern atau ekstern.

Tapi,setiap yg berlebihan itu tidak baik ya. Misal ny aja dia terlalu ambisius ingin mencapai sesuatu. Cara tak bijak dan kotor pun dia lakukan. Agar impian dia tercapai. Kan itu sudah dampak negatif y.

Tolong artikel saya juga dikomentari : Bagaimana menurut mu antara jurusan ipa dengan jurusan ips di sekolah?

1 Like

Jangan lupa untuk cek topik yang aku tulis juga ya kak! jika reply topikku bakal aku back kok

Begini, setiap sesuatu hal yang dimulai dengan keinginan yang kuat serta tekad yang tangguh kebanyakan akan berakhir lebih baik. jika kita memiliki ambisi yang kuat, tentunya kita akan semangat menggapai mimpi-mimpi yang di ekspektasikan.

jika ambisinya saja tidak berapi-api, bagaimana kita bisa yakin jika jalan yang kita pilih akan berhasil? tentunya tidak lupa dengan usaha dan doa. untuk apakah ambisi merupakah acuan paling kuat? jawabannya tergantung bagaimana usaha yang kita lakukan kedepannya juga. apakah kerja kita juga baik dan maksimal dengan ambisi yang kuat itu

2 Likes

halo kak, saling berdiskusi di artikel saya juga ya, supaya kita bisa saling bertukr pendapat

1 Like

Terima kasih, iyap sepertinya hal-hal yang berlebihan memang belum tentu berhasil ujung-ujungnya bagai air, kalo kebanyakan pasti tumpah. Perumpamaan lain: kalo misalkan kita membawa barang terlalu banyak, maka resiko kita jatuh juga makin tinggi!.haha!

Tentu, pastinya ambisi harus ada usahanya. Karena pasti bakal sia-sia kalau gak berusaha, dan juga selain diri kita sendiri dan orang lain, yang bisa menolong kita hanya Tuhan kita… Makanya doa, usaha, dan ambisi saling depedensi. Terima kasih t’lah berbagi…

Sepakat, kak. Tulisan yang sangat interesting. Ambisi bisa menjadi bahan bakar untuk selalu berusaha yang terbaik. Life is never flat. Kalo seseorang tidak punya ambisi, maka hidupnya akan mengalir begitu begitu saja, tanpa ada dinamika hidup yang berarti. Hanya saja perlu digarisbawahi, jangan sampai ambisi menghancurkan kita dan membuat kita menjadi manusia yang sangat egois. Kesimpulannya, menurut saya, selama ambisi itu masih bisa menjadi dorongan positif dalam hidup, maka sah-sah saja menjadi orang dengan sejuta ambisi. :slight_smile:

1 Like

Sejuta ambisi asalkan positif, keren. Dan ya memang didunia ini selalu harus ada batasan jangan sampai kita jadi gila gara-gara ambisi kita hhh. Terima kasih sudah berbagi, life is never flat! kayak chitato, hehe, just kidding.