© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja pegawai?

Kinerja

Kinerja (performance) diartikan dengan dengan prestasi kerja, pelaksanaan kerja, pencapaian kerja, hasil kerja, unjuk kerja, dan penampilan kerja. Kinerja dalam konsep ini juga dapat diartikan sebagai kuantitas dan kualitas pekerjaan yang diselesaikan oleh individu.

Robert, M.Raft mengungkapkan bahwa terdapat tujuh faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, yaitu :

  1. Sistem upah untuk memperbaiki motivasi kerja dalam pelaksanaan tugas.

  2. Penetapan tujuan untuk menambah motivasi kerja.

  3. Program Manajemen by Objective (MBO) untuk menjelaskan dan membuat agar tujuan individu sejalan dengan perusahaan.

  4. Berbagai prosedur seleksi karyawan untuk mencari kemungkinan menyewa/mengontrak individu yang berbobot dan berpengalaman.

  5. Program pengembangan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan karyawan sehingga dapat berfungsi dengan efektif.

  6. Pergantian kepemimpinan dan program untuk memperbaiki efektifitas manajerial.

  7. Mengubah struktur organisasi untuk memperbaiki efektifitas organisasi.

Mc.Kenna dan Beach (1995) menyimpulkan bahwa faktor-faktor kinerja yang paling sering digunakan sebagai indikator penelitian sumber daya manusia adalah pengetahuan, kemampuan, ketrampilan kerja, sikap terhadap pekerjaan (antusiasme, komitmen dan motivasi), kualitas kerja, volume hasil produksi dan interaksi (komunikasi, hubungan dalam kelompok).