Seberapa pentingnya "Self Improvement" dalam diri? Jika terjadi kegagalan apa yang dapat dilakukan untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik?

Sebelumnya pasti kalian udah tau apa itu self improvement. Sedikit aku jelasin, self improvement merupakan peningkatan diri melalui suatu kegiatan atau upaya untuk meningkatkan kapasitas serta kualitas diri agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Dalam prosesnya seringkali kita gagal sehingga kita perlu untuk memotivasi diri, dalam kegagalan banyak dari kita menganggap itu semua sebuah kehancuran tetapi banyak juga yang menganggap kegagalan adalah sebuah awal dari keberhasilan, mengapa demikian??

Pernah ga sih kita berfikir kalo apresiasi itu hanya fokus ketika ada “pencapaian” dan abai pada apresiasi ketika “kegagalan dalam proses berjuang”

Nah dari penjelasan tersebut seberapa penting sih self improvement bagi kalian? Jika dalam prosesnya mengalami kegagalan maka motivasi dan hal apa yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan kualitas diri?
Yukk kita diskusikan ya :blush:

Terima kasih untuk partisipasi nya guys :grin: kesalahan terburuk adalah ketika kamu tidak percaya dengan kemampuan dirimu sendiri, mari berproses dan jangan menyerah! :wink:

2 Likes

Self improvement tentu sangat penting peningkatan diri bisa meningkatkan kesadaran diri. Pasalnya, hal baik maupun buruk pasti akan kita hadapi setiap harinya. Nah, dengan adanya peningkatan diri, Kita jadi lebih mengenal kepribadian, cara berpikir, dan perasaan yang Kita rasakan ketika dihadapkan hal baik maupun buruk. Sebagai mahasiswa peningkatan diri dapat saya lakukan dengan mengikuti organisasi dan berhubungan dengan orang banyak sehingga menambah relasi

Selain menjadi pribadi yang lebih ramah, peningkatan diri juga bisa diwujudkan dengan berbuat baik pada orang sekitar. Kenapa? Berbuat baik kepala orang lain membuat perasaan juga jadi lebih baik dan bahagia, bukan? Di samping itu, tindakan ini juga menjadi tanda bahwa Kita bersyukur dengan apa di miliki dan rasakan.

Jika terjadi kegagalan maka yg saya lakukan yakni evaluasi diri, mengenali hal apa yang membuat saya gagal.

Ketika Saya gagal, tetaplah tenang dan jangan menyalahkan orang lain di sekitar Kita. Anggaplah kegagalan ini menjadi pelajaran agar kedepannya bisa lebih sukses. Dan yg terpenting yakni belajar dari kesalahan yang telah dbuat,jadikanlah masa lalu sebagai pembelajaran dan pengalaman.

1 Like

Self improvement justru sangat penting bagi diri kita, jika terjadi kegagalan itu menurut saya hal yang wajar tetapi kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, dengan kegagalan dapat kita jadikan sebagai pelajaran dan melakukan evaluasi diri di kedepannya. Memang seringkali oranglain mengapresiasi keberhasilan namun mengabaikan proses berjuang.

Hal yang dapat saya lakukan untuk memotivasi diri saya yakni melihat keberhasilan orang lain karena dengan begitu saya termotivasi agar bisa hebat seperti orang tersebut selain itu juga aktif untuk berorganisasi karena organisasi itu penting dengan organisasi kita bisa melihat orang-orang hebat sehingga membuat diri kita juga berkembang

Jika tidak melakukan self-improvement diri kita tidak akan pernah berkembang. Jadi, jika ditanya penting atau tidak, pastinya sangat penting. Menurutku, dalam self-improvement tidak ada yang disebut kegagalan. Memangnya menurut Anda, apa yang menjadi tolak ukur bahwa kita telah gagal dalam melakukan self-improvement? Itu semua adalah proses. Jika hasilnya tidak sesuai harapan, bukan berarti kita gagal. Jadi, jika kita melakukan sesuatu dan hasilnya tidak sesuai harapan, kita hanya perlu belajar untuk mengapresiasi diri kita dan perjuangan-perjuangan kita sebelumnya.

Mau kita berhasil mau kita gagal self improvement itu harus tetap jalan
Karena setiap hari kita harus terus belajar untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin.
Untuk motivasi banyak, bisa jadi orang tua, orang orang yang sudah sukses bisa jadi role model kita

Tapi masalah apakah kita action?
Atau cuma kemakan motiasi aja?

Intinya adalah memulai dengan segala sesuatu yang ada
Tak perlu menunggu, karena sesunggu tidak ada waktu yang sempurna , pasti akan ada kendalanya

Jadi segera mulai ya untuk eksekusi mimpimu
#semangatmenolakmenyerah

Self-improvement bagi saya udah seperti tempat saya berdiri. Karena tanpa self-improvement-ini sepertinya saya tidak akan pernah bisa berjalan kealngkah yang lebih tinggi. Jadi soal kegagalan itu bagian dari self-improvement bagi saya, kegagalan pastinya selalu memberi faedah atau pelajaran yang bisa diserapi. Dari situlah kegagalan jadi jalan menuju self-improvement.

Dan jangan lupa dibaca artikel saya ya, untuk saling berdiskusi. Sekian terima kasih.
Ambisi, Apakah Hal Tersebut Merupakan Acuan Paling Kuat Dalam Mengembangkan Diri Menggapai Cita-Cita?

Saya percaya tanpa adanya kemauan dalam diri kita untuk berkembang, kita gak bisa seperti sekarang ini. Self improvement sangat penting dalam membina kehidupan kita. Kembali lagi, dalam suatu perbaikan yang berarti perlu perjuangan… kita akan menghadapi lika-likunya. Gagal, lalu marah… wajar kah? wajar. Yang tidak wajar adalah kita berhenti. Kegagalan itu merupakan bentuk awal dari sebuah kesuksesan. Kita boleh kecewa, sedih, tapi tidak untuk menyerah. Impian itu digapai, kemauan untuk berubahpun harus diperjuangakn. Intinya kalau hari yang indah itu belum tergapai, berarti kita disuruh untuk mengejar! jangan lupa untuk selalu mengandalkan Tuhan dalam keadaan apapun :slight_smile: Terimakasihh, ditunggu diskusi di lapak ku ehhehe :wink: