Seberapa Pentingkah Memperhatikan Red Flag Saat PDKT?

nvt

Saat ini drama “Nevertheless” sedang ramai diperbincangkan karena salah satu sifat dari karakternya yaitu Park Jae Eon, sangat menarik perhatian. Netizen ramai menjulukinya sebagai “a walking red flag” karena karakternya yang suka menggoda banyak perempuan, namun tidak pernah mau lanjut ke hubungan yang lebih. Nah buat Youdics yang belum tau, dalam suatu hubungan, red flag merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukan pertanda bahwa ada sesuatu yang salah dari partner kita, dan mungkin saja sesuatu tersebut akan merugikan kita di masa depan.

Menurut Youdics, seberapa pentingkah memperhatikan red flag saat PDKT?

1 Like

Menurutku tujuan kita buat melakukan PDKT atau pendekatan dengan seseorang adalah untuk lebih mengenali sifat dan sikap orang tersebut sebelum kita mengambil keputusan untuk menjalani hubungan yang lebih serius atau tidak. Oleh karena itu, memperhatikan red flag atau hal-hal yang salah dari lawan PDKT kita adalah sangat penting karena telah menjadi tujuan dari PDKT itu sendiri yaitu sebagai pencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

Namun, kita perlu selalu menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna sehingga setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelemahannya masing-masing. Sifat dari kekurangan tersebut berbeda-beda juga, ada yang ringan, merugikan dirinya sendiri, merugikan orang lain, dan sebagainya.

Kekerasan dalam pacaran sudah menjadi perhatian yang cukup besar. Oleh karena itu, sangat penting memberikan pengetahuan pada generasi muda seperti apa hubungan yang sehat dan tidak sehat. Selain sebagai pengetahuan juga sebagai upaya counter akan banyaknya informasi yang keliru di luar sana mengenai relasi dalam berpacaran yang merugikan salah satu pihak terutama dengan maraknya terjadi toxic relationship yang terkadang masih sulit disadari oleh korbannya.

Red flag atau tanda peringatan dari suatu relasi sering kali muncul ketika seseorang atau pasanganmu adalah pelaku kekerasan dan kamu yang menjadi korbannya (Nadia, 2020). Jika kekerasan tersebut terjadi, jelas orang tersebut tidak tepat untukmu. Karena itu penting bagi kita begaimana mempelajari agar dapat melihat tanda red flags saat PDKT agar kita tidak terlanjur terjerumus di hubungan bersama orang yang tidak tepat. Tipe-tipe red flags yang bisa dilihat adalah:

  1. Perilaku, kepribadian, sifat, konsistensi, dan nilai-nilai (kemanusiaan) dalam dirinya. Dengan bagaimana dia memperlakukan dirimu, orang lain, atau bahkan dirinya sendiri.
  2. Cara kalian berinteraksi satu sama lain, dengan apakah terdapat dinamika relasi yang menyakitkan atau tidak sehat.
  3. Memperhatikan apakah kesehatan mental dan fisikmu apakah menurun sejak menjalin hubungan dengan dia.
Sumber

Nadia, F. (2020, 12 Juni). Mengenal Relationship Red Flag. Diakses pada 16 Agustus 2021, dari Mengenal Relationship Red Flag – Yayasan Pulih.

1 Like

Setuju banget dengan kak angga, Serta dalam memperhatikan Red Flag disaat masa pendekatan ini berguna untuk kita yang tentunya menginginkan seseorang yang sama seriusnya dengan kita saat menjalin hubungan. Karena dengan demikian, kita bisa memastikan apakah benar hubungan yang tengah dijalani dapat bertahan lama dan menjadi happy ending.

Namun, tanpa disadari banyak dari kita sebenarnya berada dalam red flag yang malahan sering diabaikan. Padahal hal itu bisa menjadi sebuah peringatan kalau sebenarnya dia gak sungguh-sungguh meletakkan perasaannya pada kita. Seperti contohnya dia bolak-balik melakukan ghosting, menghilang tanpa kabar ataupun penjelasan sebelumnya, maka hal itu bisa jadi salah satu tanda ketidakseriusan pasangan yang harus kamu sadari betul.

Maka dari itu, jika sudah ada red flag dalam proses pendekatan segera lah kamu untuk sadar dan jangan terlalu memberi kesempatan dengan harapan dia akan serius. Karena perlu diingat, orang yang berniat serius pasti tidak memiliki hasrat untuk memainkan perasaan calon pasangannya itu, dan akan memberikan kejelasan pada hubungan yang akan dijalani.

1 Like