Eksistensi Metalurgi di Indonesia

Metalurgi adalah salah satu bidang ilmu dan teknik bahan yang mempelajari tentang perilaku fisika dan kimia dari unsur-unsur logam, senyawa-senyawa antarlogam, dan paduan-paduan logam yang disebut aloi atau lakur. Di Indonesia dapat dikatakan bahwa metalurgi merupakan cabang ilmu yang awam baru masyarakat umum namun sudah dikenal eksistensinya bagi kalangan akademisi. Banyak sekali calon mahasiswa yang masih duduk di bangku sekolah tidak melirik jurusan yang satu ini. Padahal prospek kerja dari ilmu futuristik ini sangat dibutuhkan.

Kurangnya informasi dan sosialisasi tentang jurusan satu ini menjadi salah satu alasan kenapa eksistensinya tidak terlalu dikenal masyarakat umum. Berbeda dengan jurusan-jurusan yang sudah umum seperti Hukum, Kedokteran, Pertanian, Teknik Mesin, dan lain sebagainya. Namun, sudah banyak Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki jurusan ini dalam programnya. Bahkan jurusan ini sudah ada di universitas-universitas terkemuka di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan Universitas Jenderal Achmad Yani adalah beberapa perguruan tinggi dengan Jurusan Teknik Metalurgi.

Maka dari itu dapat dikatakan bahwa eksistentu metalurgi di Indonesia sudah diakui dan menjadi jurusan di universitas-universitas terkemuka. Menjadi tugas dan kewajiban bagi sesama akademisi baik yang berada pada jurusan tersebut atau bukan untuk semakin menyebarkan informasi dan pengetahuan mengenai keberadaan metalurgi, baik sebagai ilmu maupun sebagai salah satu pilihan jurusan.

1 Like

Melihat kondisi saat ini yang sedang dilanda pandemi COVID-19, bagaimana dampak pandemi ini terhadap bidang metalurgi secara global? Bagaimana kondisi pada bidang metalurgi di Indonesia setelah terdampak COVID-19?

Metalurgi berasal dari kata Yunani Kuno “
metallourgós” artinya “pekerja logam”, gabungan dari kata “ métallon”yang artinya logam dan kata “érgon” yang artinya kerja. Metalurgi memiliki definisi sebagai bidang keilmuan tentang perilaku kimia, fisika, dan mekanika dari logam

Hai! Terimakasih sudah membaca artikel ini.
Adanya Covid-19 tentu membawa berbagai dampak dalam setiap sendi kehidupan, mulai dari perekonomian terhambat, kualitas kesehatan terganggu, pelaksanaan pendidikan harus mengalami perubahan cara, dan lain sebagainya. Hal ini juga termasuk dalam bidang metalurgi. Meski tidak terlihat secara langsung, pergerakan dan perkembangan metalurgi tentu ikut mendapat dampak. Seperti minimnya upaya penyampaian info tentang jurusan ini, praktek2 dan penelitian lapangan terganggu, dan lain sebagainya. Namun adanya agenda diskusi seperti pada web dictio.id dapat menjadi salah satu usaha menjaga eksistensi metalurgi itu sendiri.
Sekian dari saya, terimakasih.

Hai! Terimakasih sudah membaca artikel ini.
Betul sekali tentang pengertian metalurgi yang kamu sampaikan. Aku juga membahas diartikelku yang berjudul “Mengenalkan metalurgi pada masyarakat melalui kegiatan sehari-hari” baca juga yuk.
Sekian dari saya, terimakasih.

Untuk menunjang pemahaman teori, dictio.id menjadi salah satu media penunjang untuk pemahaman pada bidang ini. Namun bagaimana cara memenuhi pencapaian keterampilan pada bidang material serta metalurgi mengingat pembelajaran secara daring dan tidak memungkinkan adanya praktek atau praktikum?
Terima kasih

Metalurgi adalah salah satu ilmu tertua yang ada didunia. Dapat kita ketahui dari adanya zaman kuningan, zaman perunggu dan sebagainya. Terlebih lagi masyarakat timur tengah terdahulu pernah menyebut bahwa besi adalah suatu material dari surga yang mana jatuh ke bumi dan dilakukan ekstraksi sederhana oleh masyarakat sekitar tersebut.

Harusnya Indonesia harus mengenal metalurgi lebih jauh lagi daripada hanya sekedar pengakuan. Karena 80% lebih konsentrat tidak diolah dengan baik di dalam negeri dan bahkan dikirimkan ke luar negeri dan dibeli lagi oleh Indonesia dengan harga yang lebih mahal.

Hai! Terimakasih sudah membaca artikel ini.
Betul banget, metalurgi sebagai ilmu futuristik menjadi suatu ilmu yang sebetulnya penting banget untuk lebih dikenal bagi masyarakat luas. Maka dari itu diskusi-diskusi dan artikel dari dictio.id tentu sangat membawa peran penting mendukung upaya ini.
Sekian dari saya, terimakasih.