Berbelanja di E-Commerce: Memilih Produk yang Murah atau Mahal?

Saat memutuskan untuk berbelanja di e-commerce atau online shop, kita sering dihadapkan dengan pilihan produk sejenis yang sangat banyak dengan merek dan harga yang beragam. Bahkan tidak sedikit produk dengan merek yang sama tapi memiliki harga yang berbeda karena adanya perbedaan toko atau penjual. Kita sebagai konsumen tentunya memiliki sikap masing-masing untuk memutuskan membeli barang yang mana.

Nah saat Youdics berbelanja online, kalian lebih memilih produk yang berharga lebih murah atau mahal? Apa alasannya? Yuk bagikan pendapat kalian!

Sumber

Agustini, N. K. D. A. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli di online shop mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127-136.

Sumber Gambar: https://aksepta.com/perbedaan-e-commerce-marketplace-dan-online-store/

1 Like

Seperti yang kita ketahui bahwa dewasa ini semakin maraknya jual beli secara online melalui berbagai platform e-commerce di Indonesia. Hal ini disebabkan karena semakin berkembangnnya teknologi komunikasi dan informatika, sehingga dimanfaatkan masyarakat untuk memperoleh dan menyebarkan informasi serta melakukan jual beli online. Namun, pada umumnya sebelum memutuskan untuk membeli produk, konsumen memiliki beberapa pertimbangan yang mana salah satunya adalah harga. Hal tersebut juga dibuktikan oleh penelitian Shanti & Kannaiah (2015) dalam Pramono, et al., (2020) yang menemukan bahwa harga adalah faktor yang paling berpengaruh dalam keputusan pembelian online.

Aku pribadi lebih memilih untuk berbelanja online dibandingkan offline, alasannya karena dari segi harga e-commerce menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan pada offline store. Seperti yang aku lihat juga bahwa banyak sekali produk dengan merk yang sama namun menawarkan harga yang berbeda-beda, sehingga tidak heran jika banyak orang yang jauh lebih memilih produk dengan harga yang lebih murah. Namun, hal ini juga tentu membuat konsumen bingung karena harga yang ditawarkan terkadang memiliki perbedaan yang sangat jauh dari harga aslinya. Sehingga tidak jarang pula sebagian dari mereka menganggap bahwa produk tersebut dianggap sebagai barang palsu atau KW.

Berdasarkan pertanyaan di atas, terus terang aku lebih memilih produk dengan harga yang relative murah dari harga aslinya, namun dapat dipastikan bahwa produk yang aku beli adalah produk asli atau original sehingga menguntungkan bagi kita sebagai konsumen. Sebab seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali produk yang dijual di pasaran dengan harga murah namun belum dapat dipastikan apakah produk tersebut asli atau palsu. Untuk itu, kita sebagai konsumen perlu bijaksana dalam membeli sebuah produk secara online.

Sumber

Pramono, Agung. Eldine, Achyar. Muniroh, Leny. 2020. Pengaruh Harga, Ulasan, Dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. 3(3): 421-432

2 Likes

Disaat aku akan memutuskan berbelanja di e-commerce, faktor pertimbangan yang akan kukedepankan adalah review dan ulasan dari beberapa konsumen yang sudah membeli produk tersebut. Dari ulasan-ulasan tersebut, aku jadi bisa menilai sebaik dan sekredibel apakah toko tersebut di mata konsumen. Kemudian baru aku bisa meninjau dari segi harganya. Jujur aku akan lebih memilih berbelanja barang di e-commerce dengan harga semurah mungkin yang bisa saya temukan, walaupun memang memakan lebih banyak waktu. Karena memang pada platform e-commerce banyak sekali ditemukan penjual yang menjual produk yang sejenis, namun dengan harga yang bervariasi.

Jadi, intinya kita harus bijak dalam berbelanja. Entah itu di e-commerce atau lebih berbelanja secara langsung atau offline. Barangkali berbelanja offline bisa lebih murah ya kenapa tidak? Kemudian juga jangan terlalu terpengaruh dan tergiur dalam pengaruh diskon dan potongan-potongan harga yang ada di e-commerce, padahal harga yang sudah diberi potongan merupakan harga pasaran yang ada. Karena bisa jadi hal tersebut hanyalah trik marketing agar orang ingin membeli barang tersebut.

2 Likes

Terlebih dalam keadaan pandemi seperti saat ini, pastinya konsumen belanja online meningkat. Saya sendiri baru-baru ini menggunakan e-commerce untuk mencari kebutuhan yang saya perlukan. Belanja online lebih efektif terlebih dalam keadaan kita saat ini yang masih dilanda oleh pandemi Covid-19. Nah, dalam memilih produk tentunya kita harus selektif dan teliti dalam mempertimbangkan baik dari segi harga, kualitas dan testimoni para customer yang sudah pernah membeli. Terkait pemilihan produk berdasarkan harga, karena produk tidak dapat 100 % saya pastikan sesuai dengan eskpektasi saya, maka biasanya saya hanya membeli produk dengan harga yang standar atau tergolong tidak terlalu mahal, sebagai bentuk kewaspadaan saya terhadap belanja online.

1 Like

Berkembangnya teknologi saat ini membuat jual beli online melalui e-commerce meningkat pesat. Terlebih kehadiran e-commerce itu sangat memudahkan kita dalam melakukan transaksi jual beli disaat pandemi seperti ini, dimana kita tidak perlu mengunjungi store offlinenya langsung. aku pikir mayoritas masyarakat juga setuju kalo jual beli secara online ini memang memudahkan dan praktis serta menghemat waktu. Apalagi kadang berbelanja di online store terdapat penawaran diskon yang lebih banyak dibandingkan offline store.

Sebenernya pertimbangan utama aku kalo untuk berbelanja online itu lebih memperhatikan rating dan reviewnya terlebih dahulu. Sama kayak kak Yusril

Kalo dari segi harga aku milih yang murah tapi dengan kualitas yang ngga murahan juga. Dalam artian lain, produk yang dijual tidak buruk-buruk banget. Jadi lebih milih harga yang murah dan masuk akal serta kualitas yang sepadan dengan harganya.

Saya rasa, berbelanja dimanapun, entah berbasis online atau offline, harga akan berbanding lurus dengan kualitas produk yang diterima. Setiap produsen barang tentunya akan membuat barang hasil produksi mereka bersaing dan value for money. Harga murah yang melabeli suatu barang hasil produksi tentunya akan menentukan kualitas produk tersebut. Tidak mungkin rasanya produk denga kualitas yang kurang baik dilabeli dengan harga selangit. Tentunya itu tidak akan laku dipasaran. Setiap produsen pasti sudah memperhitungkan biaya biaya yang melekat di barang hasil produksi mereka. Saya lebih memiliha milah produk yang akan saya beli dan akan membandingkan satu toko dengan toko yang lain. Tentunya soal harga, saya akan memilih harga yang masuk akal untuk barang tersebut dan tidak terkesan “mencurigakan”. Kaena kembali lagi, tentunya, harga barang akan berbanding lurus dengan kualitasnya. Semakin mahal barang, semakin bagus kualitas yang kita dapatkan. Begitu juga sebaliknya.

Pastinya pilih yang lebih murah dengan kualitas yang terjamin juga. Sekarang di e-commerce udah banyak banget fitur yang memudahkan kita untuk berbelanja, yang paling sering aku pakai itu fitur untuk urutin harga dan reputasi toko. Dengan urutan yang ada, kita jadi bisa buat perbandingan yang banyak antar produk dan toko, jadi kita bisa dapetin produk dengan harga yang lebih murah tapi kualitasnya juga terjamin. Aku setuju sama pendapat dari Yusril :

Banyak banget yang jual produk sejenis, kualitas sama, lokasi toko berdekatan, tapi harganya bisa sangat berbeda. Makanya aku selalu cari yang lebih murah dulu tapi dengan banyak pertimbangan seperti reputasi toko dan review produk dari konsumennya supaya harganya sebanding sama kualitas produknya.

menurut saya pribadi belanja di e-commerce yang perlu diperhatikan adalah penjelasan tentang barang yang akan dibeli untuk harga mungkin bisa dicocokan dengan detail penjelasan yang sudah ada, karena saya sendiri percaya “ada harga ada kualitas”, jadi mau murah atau mahal tergantung kebutuhan dan barang yang akan dibeli

Dengan pendapat ini aku setuju, karena yang kulakukan pun sama. Berdasarkan pengalamanku, harga itu nomor dua namun review tetap nomor satu. Aku pikir harga memang sesuai dengan kualitas, namun terjadi persaingan antar satu toko dengan yang lainnya sehingga terdapat strategi dalam menjual barang dan untuk menarik pembeli. Penjual di e-commerce biasanya menggunakan strategi menyediakan voucher, diskon besar-besaran maupun after sale customer service yang membuat pembeli nyaman. Jadi ketika membeli barang aku pastikan untuk memilih barang yang original dengan review yang baik, lalu harga barang yang kutemukan kuusahakan untuk harga se-hemat mungkin.

tergantung kebutuhan sih kalau aku, kalau aku pingin beli sesuatu yang penting bgt aku lebih memilih yang original harga lumayan dari pada KW harga murah, karena bakalan gak tahan lama, sayang aja gitu. kalau beli sesuatu yg gak terlalu mementingkan kualitas aku cari yg paling murah tentunya lihat reviewnya juga ya.

Kalau saya sendiri, ketika membeli produk dengan harga yang murah atau mahal nya dilihat dari barang seperti apa yang mau saya beli, dan kira-kira apakah produk yang saya beli akan saya gunakan dalam waktu yang sebentar atau lama. Sebagai contohnya ketika saya ingin membeli produk elektronik yang akan saya gunakan dalam jangka panjang, pasti saya memilih produk yang dengan harga mahal dikarenakan pasti produk elektronik yang harga mahal dengan brand ternama karena lebih terjamin kualitasnya. Bukan berarti pemakaian untuk jangka pendek saya membeli produk dengan asal, saya lebih menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan perkiraan.