Bagaimana Kepribadian Seorang Introvert?

image

Definisi introvert adalah seseorang yang lebih menyukai lingkungan yang tenang dan minim rangsangan. Introvert cenderung merasa terkuras setelah bersosialisasi dan mendapatkan kembali energi mereka dengan menghabiskan waktu sendirian. Ini sebagian besar karena otak introvert merespons dopamin secara berbeda dari otak ekstrovert. Dengan kata lain, jika Anda seorang introvert, kemungkinan besar Anda terlahir seperti itu.
Apa kepribadian lain dari seorang introvert yang Anda ketahui?

Ciri Introvert

  1. Cenderung Pendiam
    Orang-orang yang introvert seringkali dikira memiliki sifat pendiam. Meski sebagain memang ada yang bersifat seperti itu, namun sebagian lainnya lebih bersikap memilih untuk menyaring kata-kata yang keluar, untuk kepentingan tertentu.

  2. Sering Terdistraksi
    Saat orang-orang berkepribadian introvert menghabiskan waktunya di lingkungan yang padat dan ramai, mereka cenderung akan kehilangan fokus.

  3. Takut akan Resiko
    Perbedaan otak introvert dan extrovert, terlihat saat mereka mengambil risiko. Otak extrovert akan terlihat sangat aktif menyala ketika bermain taruhan. Sementara itu introvert, secara umum lebih sungkan untuk mengambil risiko.

  4. Tidak Suka Berpendapat Secara Lisan
    Introvert umumnya lebih memilih untuk menyampaikan isi kepalanya melalui tulisan dibandingkan dengan kata-kata. Orang dengan kepribadian introvert umumnya menyampaikan pendapatnya dengan hati-hati, sehingga menulis merupakan metode yang lebih aman dibandingkan dengan berbicara.

Tentu, tidak semua orang introvert memiliki kepribadian yang serupa. Namun, ciri-ciri introvert di bawah ini secara umum bisa menggambarkan diri dari seseorang yang memiliki kepribadian ini.

  1. Merasa berkumpul dengan banyak orang menguras energi
    Hal tersebut sangat khas untuk kepribadian introvert. Orang-orang yang introvert, akan mengeluarkan energinya saat berkumpul dengan banyak orang. Sehingga, setelah selesai, mereka akan merasa kelelahan. Meski begitu, bukan berarti orang introvert tidak dapat berinteraksi atau menghindari suatu acara dengan orang lain. Hanya saja, mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang terdekat, dibandingkan bertemu dengan orang baru.

  2. Senang dengan kesendirian
    Berada sendiri di rumah adalah suatu kesenangan untuk orang introvert. Waktu menyendiri yang dihabiskan oleh seorang introvert sangatlah penting untuk mengembalikan energi, kesehatan, dan kebahagiannya.

  3. Lingkaran pertemanan dekatnya tidak terlalu besar
    Salah satu kesalahpahaman yang dipercaya banyak orang adalah, orang introvert dianggap tidak suka dengan orang lain. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Orang introvert hanya lebih suka berkumpul dengan orang-orang terdekat, dibandingkan dengan banyak orang.

  4. Sering dianggap pendiam oleh orang lain
    Orang-orang yang introvert seringkali dikira memiliki sifat pendiam. Meski sebagain memang ada yang bersifat seperti itu, namun sebagian lainnya lebih bersikap memilih untuk menyaring kata-kata yang keluar, untuk kepentingan tertentu. Mereka juga tidak ingin menghabiskan energi dengan berbasa-basi untuk sesuatu yang kurang penting.

  5. Terlalu banyak stimulasi membuat terdistraksi
    Saat orang-orang berkepribadian introvert menghabiskan waktunya di lingkungan yang padat dan ramai, mereka cenderung akan kehilangan fokus. Sebaliknya, orang dengan kepribadian extrovert justru akan semakin produktif pada lingkungan semacam ini.

  6. Sangat sadar akan perbuatan serta sikap diri sendiri
    Karena cenderung lebih senang bermain di pikirannya sendiri, orang introvert kemudian memiliki kesadaran yang lebih mengenai diri sendiri, perbuatannya, serta akibat yang akan timbul dari yang perbuatannya. Kesadaran diri ini adalah hal yang penting bagi orang-orang yang introvert. Sehingga, mereka akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengenal diri sendiri dengan melakukan hobi, membaca, atau memikirkan tentang kehidupan.

  7. Lebih memilih profesi yang menawarkan kebebasan
    Profesi yang mengharuskan pekerjanya melakukan banyak interaksi sosial, umumnya tidak terlalu menarik bagi introvert. Orang introvert cenderung memilih profesi yang dapat memberikan mereka kebebasan dalam mengekspresikan idenya, seperti penulis, seniman, atau perancang grafis.

  8. Lebih senang mempelajari sesuatu secara visual
    Ketika mempelajari sesuatu, orang-orang introvert lebih memilih metode observasi, dibandingkan turun langsung untuk mencoba. Ketika akhirnya memutuskan untuk mencoba secara langsung, mereka akan memilih untuk melakukannya sendiri, tanpa harus dikelilingi orang lain.

  9. Ide-ide cemerlang muncul saat sedang sendiri
    Saat-saat menyendiri merupakan waktu yang paling produktif untuk orang introvert. Ketika sendiri, orang yang introvert dapat mengolah pikirannya dengan maksimal sehingga bisa menghasilkan ide-ide yang cemerlang. Inspirasi umumnya akan datang saat orang introvert sedang sendiri.

  10. Tidak merasa harus mengetahui tren terbaru
    Orang-orang introvert umumnya merasa tidak perlu selalu mengikuti semua tren terbaru. Bisa dibilang, mereka cukup kebal terhadap stres sosial yang membuat seseorang merasa harus mengikuti segala hal di pergaulannya

Menurutku tidak begitu pasti bagaimana kepribadian introvert itu bagaimana, karena bisa saja orang seseorang yang memiliki sifat periang adalah introvert juga. Aku kira kita harus dibedakan juga Introvert dengan pemalu sebab pemalu lebih takut terhadap pandangan atau penilaian sosial terhadap dirinya. Menurut Dr. Jennifer Kahnweiler, sekaligus penulis The Introverted Leader: Building on Your Quiet Strength , introvert yang pasti adalahorang-orang yang mendapatkan energi dari menghabiskan waktu sendirian.

Walaupun begitu, para introvert memiliki beberapa kepribadian yang dapat dicontohi:

  1. Pemimpin yang Bijak
    Menurut penelitian di Wharton School of the University of Pennsylvania, Amerika Serikat, para pemimpin introvert sering kali menghasilkan kinerja yang lebih baik ketimbang ekstrovert. Sebab, ketika mereka mengolah karyawan yang proaktif, mereka akan cenderung membiarkan karyawan itu mengemukakan ide-ide mereka.

  2. Pendengar yang Baik
    Menurut Dr Laurie Helgoe, penulis Introvert Power: Why Your Inner Life Is Your Hidden Strength , Mereka memproses informasi secara internal. Keterampilan itu memungkinkan mereka untuk mendengar, memahami, dan memberikan wawasan yang dipertimbangkan dengan saksama ketika mereka merespon.

  3. Mereka Jeli
    Kata Beth Buelow, penulis The Introvert Entrepreneur: Amplify Your Strengths and Create Success on Your Own Terms , meski mereka hanya duduk diam selama rapat, sebenarnya introvert berendam dalam informasi yang disajikan dan berpikir kritis. Orang introvert biasanya juga menggunakan sifatnya yang jeli untuk membaca ruangan. Mereka lebih cenderung memperhatikan bahasa tubuh dan ekspresi wajah orang. Inilah yang membuat mereka lebih baik dalam komunikasi antarpribadi.

Referensi

Fadli, Rizal. 2020. Jangan Berprasangka pada Si Introvert, Ini 4 Keistimewaannya. https://www.halodoc.com/artikel/jangan-berprasangka-pada-si-introvert-ini-4-keistimewaannya diakses pada tanggal 27 Agustus 2021
American Psychological Association - APA Dictionary of Psychology. Diakses pada 2020. Introversion.
American Psychological Association. Diakses pada 2020. Introverts and Extroverts.
Quiet: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking. Susan Cain.
The Introverted Leader: Building on Your Quiet Strength. Dr. Jennifer Kahnweiler,
Introvert Power: Why Your Inner Life Is Your Hidden Strength. Dr Laurie Helgoe,

Menurut saya, sebagai seorang introvert saya lebih suka menyendiri dan ingin hidup sendirian, berada di lingkungan yang tenang dan menghindari kebisingan, saya juga tidak terlalu menyukai musik. Pernah dulu teman saya menyalakan musik yang tidak saya suka dan bising sehingga membuat kepala saya menjadi pusing.
Merasa lebih nyaman dengan kesendirian, dan melakukan suatu hal dengan diri sendiri.

Menurut saya, beberapa kepribadian introvert antara lain:

  1. Lebih menyukai bekerja secara individu
    Seorang introvert biasanya menyukai bekerja secara individu. Ini bukan karena mereka tidak mau atau tidak bisa bekerja sama, namun seorang introvert dapat bekerja lebih baik, fokus, dan maksimal jika melakukannya seorang diri.

  2. Konsentrasi dan fokusnya kemungkinan besar akan menurun saat harus berhadapan dengan berbagai karakter dalam suatu kelompok.

  3. Memiliki teman dekat dalam jumlah kecil
    Memiliki teman dekat dalam jumlah kecil bukan berarti seorang introvert tidak dapat bersosialisasi atau sulit bergaul. Seorang introvert bisa saja sangat terbuka dan berbincang panjang lebar jika telah mengenal dalam dengan lawan bicaranya atau memiliki minat yang sama.

Orang dengan kepribadian introvert secara umum terlihat lebih senang menyendiri. Tidak seperti ekstrovert yang senang dan mendapatkan energi dari interaksi sosial, seorang introvert justru merasa harus mengeluarkan banyak energi saat harus bersosialisasi. Meskipun sering disalahartikan sebagai pendiam, pemalu, dan penyendiri, sebenarnya seorang introversi bukan jenis orang yang selalu menutup diri dari dunia luar.

Keuntungan seorang introvert :

  • Kepemimpinan. Pada 2012, peneliti manajemen di Wharton menemukan bahwa para pemimpin yang introvert sering kali mampu memberikan hasil yang lebih baik, karena alih-alih mempromosikan inisiatif yang paling keras dan paling mencolok, mereka lebih cenderung membiarkan seseorang berbakat menjalankan ide-ide bagus.

  • Ruang untuk kreativitas. sikolog Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist menyarankan bahwa introvert bisa lebih kreatif karena mereka nyaman menghabiskan waktu sendirian, merupakan hal yang penting untuk kreativitas.

  • Kekuatan pemikiran yang mendalam. Studi pencitraan otak menunjukkan bahwa ketika memproses stimulasi, introvert memiliki lebih banyak aktivitas di dalam otak yang memproses informasi, membuat makna, dan memecahkan masalah. Ada bukti bahwa para introvert bekerja lebih baik di lingkungan akademik dan lebih terwakili dalam masyarakat yang semuanya meningkatkan rasa penguasaan atau kepercayaan pada kemampuan seseorang.

Kekurangan seorang introvert :

  • Mudah mengalami depresi. Secara psikologis, individu yang introvert akan sangat tidak menyukai keramaian dan sangat nyaman menyendiri. Jika berada dalam sebuah pembicaraan atau kondisi di mana harus mengemukakan pendapat, Ia akan cenderung menghindar dan justru memilih untuk diabaikan. Jika dipaksa untuk berpendapat justru bisa membuatnya stres.

  • Sistem imun yang lemah. Pakar kesehatan menyebutkan pengaruh kepribadian introvert pada kesehatan ternyata akan memiliki risiko memiliki sistem imunitas tubuh yang lebih lemah dari mereka yang berkepribadian terbuka.

  • Kebal terhadap tekanan sosial. Orang berkepribadian introvert tidak merasa perlu untuk selalu bergaul dengan orang lain, dan mungkin tidak dihina jika mereka tidak masuk dalam pergaulan. Salah satu kemampuan seorang introvert adalah bisa menahan beberapa tekanan tersebut.

Introvert adalah sebuah tipe kepribadian yang sering disalahartikan sebagai pemalu. Padahal, introvert dan pemalu tidaklah sama. Seseorang yang pemalu cenderung merasa khawatir atau tidak nyaman saat berada dalam situasi sosial tertentu, khususnya jika harus berinteraksi dengan orang yang tidak dikenalnya.
Ciri-ciri orang berkepribadian introvert adalah sebagai berikut:

  1. Energi bisa terkuras saat menghabiskan waktu dengan banyak orang
  2. Senang menghabiskan waktu sendiri
  3. Lebih mudah terdistraksi
  4. Belajar dengan cara observasi

Menurut argumentasi pribadi saya serta didukung juga dengan beberapa sumber yang saya baca, kepribadian lain seseorang yang introvert adalah sebagai berikut :

  1. Senang menghabiskan waktu sendiri
    Mungkin sebagian orang mengira bahwa orang yang suka menyendiri berarti memiliki kepribadian yang tidak menyenangkan. Sebagai contoh, pemurung, sering bersedih, dan sebagainya. Padahal, bagi orang introvert, kebahagiaannya justru didapatkan saat ia bisa menghabiskan waktu sendiri. Jika Anda seorang introvert, menghabiskan waktu untuk melakukan hal yang disukai seorang diri adalah waktu yang paling menyenangkan. Hal ini juga dapat membantu Anda “mengisi ulang” energi positif. Namun, bukan berarti introvert akan menyendiri 24 jam dalam sehari. Sebagai seorang introvert, Anda juga senang menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan orang-orang terdekat, seperti teman dan keluarga.
  2. Teman sedikit, tapi berkualitas
    Orang sering menyalahartikan bahwa para introvert tidak suka bergaul, sehingga tidak memiliki teman dekat. Tentu saja anggapan itu tidak benar, karena saat memiliki kepribadian introversion, Anda tetap saja suka berinteraksi dengan orang lain dan memiliki teman dekat. Meski begitu, jumlah teman Anda mungkin tidak sebanyak yang dimiliki oleh para ekstrovert. Namun, pertemanan yang dimiliki oleh para introvert sangat berkualitas. Pasalnya, meski hanya memiliki satu dua orang teman dekat, orang dengan kepribadian ini akan menjaga dan merawat pertemanannya dengan baik.
Summary

https://hellosehat.com/mental/introvert/