Apakah Kalian Tahu Aksen dan Dialek Apa Sajakah yang Ada di Dalam British English

English Literature Special Reference Content
Beberapa hari terakhir, saya menemukan banyak topik diskusi yang mengangkat tema mengenai aksen di dalam Bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui bersama, memang banyak sekali aksen – aksen bahasa Inggris yang tersebar di seluruh dunia. Bahasa Inggris sendiri digunakan sebagai bahasa internasional atau Lingua Franca yang menjadi “ pemersatu “ bangsa dan negara yang ada di dunia dengan berbagai macam penggunaan. Selain itu, bahasa Inggris juga merupakan bahasa yang paling banyak di ucapkan di seluruh dunia dan menjadi bahasa utama di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan lain – lain. Dengan tersebarnya bahasa Inggris ke seluruh dunia melalui penjajahan dan kolonialisme selama berabad – abad telah melahirkan banyak aksen bahasa Inggris yang beragam.

Dua di antaranya yang misalnya dikenal luas oleh masyarakat Indonesia adalah American Accent dan British Accent. Untuk kedua aksen ini sendiri yang paling sering dipakai adalah aksen Amerika karena menurut sebagian besar orang lebih mudah dipahami ketimbang aksen British. Tetapi tahukah kami jika aksen Amerika juga memiliki variasi-nya tersendiri ? Selengkapnya bisa cek di link referensi topik saya yang lain : Apakah Yang Kalian Ketahui Mengenai Perbedaan di Antara Wilayah Northern dan Southern di Amerika Serikat? - #2 by williamaditama

Begitu juga dengan aksen British yang ternyata juga memiliki banyak sekali aksen yang tersebar di berbagai wilayah yang ada di Inggris. Selain itu, orang yang dapat berbicara dengan aksen British akan dianggap keren oleh sekitar mereka. Nah apakah Youdics sekalian mengetahui jenis – jenis aksen yang ada di British English dan apa yang membedakannya satu sama lain ?

Bahasa Inggris di daerah asalnya di Britania Raya, memang terbentuk dalam kurun waktu yang sangat lama karena, Tanah Inggris sendiri memang pernah di duduki oleh berbagai macam bangsa mulai dari Bangsa Anglo Saxon, Viking, hingga Normandia yang membawa kebudayaan yang berbeda – beda dan pada akhirnya memberikan pengaruh yang besar kepada bahasa Inggris yang kita kenal sekarang ini. Untuk mengetahui sejarah dan perkembangan bahasa Inggris di tanah Inggris bisa dilihat dari referensi topik saya yang sebelumnya di link ini : Apakah Yang Kalian Ketahui Tentang Perkembangan Bahasa Inggris dari Masa ke Masa?

Untuk masa modern seperti sekarang, Kepulauan Britania Raya yang terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia, Irlandia Utara, dan Irlandia memiliki aksen mereka masing – masing tergantung di mana wilayahnya. Misalnya saja orang London ternyata memiliki aksen British yang berbeda dari orang – orang yang tinggal di Manchester atau di Edinburgh. Berikut adalah peta pesebaran aksen – aksen yang ada di kepulauan Britania saat ini.

image

Jika kita melihat peta yang ada di atas maka kita bisa melihat ada banyak sekali aksen – aksen British yang beredar saat ini yang dimana setiap daerah atau region yang ada di peta di atas memiliki aksen – aksen British mereka sendiri yang pastinya cukup menarik untuk dikulik lebih dalam. Tetapi, dari sekian banyaknya aksen – aksen British yang beredar, ada beberapa aksen British yang paling sering digunakan dalam percakapan sehari – hari warga disana. Setidaknya untuk tanah Inggris sendiri, terdapat total 37 aksen Bahasa Inggris yang memiliki pengucapan yang berbeda dari RP (Received Pronunciation) yang sering dianggap sebagai Aksen British secara keseluruhan. RP sendiri biasanya dipakai oleh banyak kalangan termasuk Ratu Inggris dan juga dipakai oleh para penyiar di BBC. Berikut adalah penjelasannya.

Aksen Geordie

Aksen Geordie merupakan salah satu aksen dan dialek tertua dalam British English yang masih dipakai hingga sekarang. Geordie pada umumnya mengacu kepada orang – orang dan dialek bahasa yang ada di kota Newcastle-Upon-Tyne yang berada di distrik Metropolitan Tyne and Wear, di Timur Laut Inggris. Menurut kebanyakan orang Inggris sendiri, aksen Geordie adalah salah satu aksen yang sulit untuk dikuasai dan juga sulit untuk dimengerti oleh para pendengar pemula. Salah satunya yang kasus yang unik mengenai aksen Geordie ini sendiri adalah ketika Cheryl Cole, seorang penyanyi terkenal asal Inggris, gagal untuk menjadi mentas di acara X-Factor Amerika karena dia berbicara dengan aksen British dengan dialek Geordie yang sangat sulit untuk dimengerti untuk orang – orang Amerika.

Cheryl sendiri memang orang asli Newcastle yang penduduknya kebanyakan berbicara dengan aksen Geordie. Bahkan ada juga yang menganggap jika aksen Geordie ini merupakan aksen Bahasa Inggris yang berasal dari luar bumi saking sulitnya. Untuk mengetahui seberapa sulit-nya aksen Geordie mari kita lihat contoh berikut ini. “ Am gannin yem noo “. Bagi para pembelajar aksen British, tentu akan bertanya, apa artinya kalimat itu. Jika diterjemahkan arti dari kalimat itu adalah “ I’m (Am) going (gannin) home (yem) now (noo) “. Cukup aneh bukan ? Untuk asal muasalnya, aksen dan dialek Geordie berasal dari bahasa Suku Angels. Angels merupakan salah satu suku dari Bangsa Anglo-Saxon yang pernah mendiami Inggris setelah penaklukan Romawi.

Cntoh Penerapan Aksen Geordie

Aksen Cockney

Aksen Cockney merupakan salah satu dialek British English yang terkenal dan merupakan dialek yang paling sering digunakan oleh warga Inggris kebanyakan. Dialek Cockney sendiri merupakan dialek yang diucapkan di London yang merupakan ibu kota Inggris. Biasanya dialek Cockney ini sendiri di ucapkan oleh masyarakat yang tinggal di sisi timur kota London. Aksen Cockney sendiri memiliki kekhasan karena memiliki banyak “ glottal stop “ dan bunyi “ th” di dalam aksen Cockney biasanya berubah menjadi bunyi “ f “ .

Apa yang spesial dari aksen Cockney adalah banyaknya kata dan frasa slang yang disadur dari aksen ini seperti misalnya : “ use your loaf “ yang berarti “ use your head “, lalu ada juga misalnya frasa slang seperti “ I haven’t got a Scooby doo “ yang berarti “ I haven’t got a clue “, dan masih banyak frasa dan kata slang lainnya yang ada di dalam aksen Cockney ini sendiri. Cockney dalam sejarahnya banyak digunakan oleh para kriminal di London di abad ke-19 sebagai kode untuk mengelabui polisi dan juga digunakan oleh para pedagang saat itu. Banyak orang yang mengatakan jika Londoner (orang London) sejati harus bisa menguasai aksen Cockney.

Contoh Penerapan Aksen Cockney

Aksen Yorkshire

Aksen Yorkshire merupakan salah satu aksen dalam British English yang banyak diucapkan oleh penduduk di daerah Yorkshire, di timur laut Inggris yang terdiri dari kota – kota besar seperti Leeds, Hull, York, dan Wakefield . Aksen Yorkshire sendiri memiliki beberapa variasi, mengingat daerah Yorkshire meruakan daerah yang cukup besar.(Sumner,2021) Aksen Yorkshire memiliki sejarah yang sangat panjang dan bisa dilacak mulai dari penaklukan bangsa Anglo Saxon hingga Viking di daerah Yorkshire. Menurut Sumner, aksen Yorkshire merupakan salah satu aksen yang dapat menunjukan keberadaan Old English (Bahasa Inggris yang di gunakan di abad pertengahan).

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika kita ingin berbicara dengan aksen Yorkshire. Pertama adalah cara pengucapan huruf vowel “ a “, yang tidak seperti di wilayah selatan Inggris dilafalkan dengan seolah – olah diikuti oleh bunyi konsonan “ r “, pengucapan vowel “ a “ di aksen Yorkshire diucapkan dengan penghalusan “. Menurut Summer, untuk melatih pengucapan “ a “ ini, cobalah melatih melafalkan kata “ bath “ dan “ grass “.

Berikutnya adalah aksen Yorkshire tidak mengenal artikel pasti (definite articles) seperti “ The “ yang di dalam aksen Yorkshire sering disingkat menjadi “ t “ karena glottal stop. Hal ini juga berlaku untuk kata-kata bersuku kata tunggal lainnya yang dimulai dengan “t.” , seperti misalnya ketika kita ingin mengucapkan kalimat “ I’m very proud of myself “, maka di dalam aksen Yorkshire berdasarkan panduan tadi bisa diakali dengan menggantinya dengan salah satu frasa dari aksen Yorkshire “ I’m Chuffed T’bits “. Perhatikan kata “ To “ yang disingkat menjadi “ T “ saja. Contoh lainnya adalah “ Put Wood in’t hole “ (artinya : Slam the door on them), perhatikan definite articles “ The “ yang disingkat menjadi “ T “ saja.

Contoh Penerapan Aksen Yorkshire

Aksen Estuary English

Aksen Estuary merupakan aksen di dalam British English yang juga berasal dari London, sama seperti halnya aksen Cockney. Seperti namanya, aksen Estuary ini diucapkan oleh orang – orang yang tinggal di sekitaran estuari (pinggir sungai) yang dalam hal ini mengacu kepada Estuari dari Sungai Thames yang mengaliri Kota London. Ahli Bahasa, John C. Wells mengatakan jikan aksen Estuary ini merupakan aksen yang bahasa Inggris standar yang dituturkan dengan aksen wilayah Tenggara Inggris. Aksen Estuary ini sendiri posisinya di kota London tidak begitu dominan, mengingat London lebih dikenal dengan aksen Cockney ketimbang Estuary.

Contoh Penerapan Aksen Estuary

Aksen Scouse

Aksen Scouse merupakan aksen British Engllish yang berasal dari Liverpool dan wilayah Merseyside lainnya. Aksen Scouse ini sendiri aksen regional yang sangat populer di kalangan masyarakat Inggris karena identik dengan The Beatles dan klub sepak bola Liverpool. Aksen Scouse sendiri merupakan aksen yang berasal dari campuran berbagai budaya imigran yang datang dan menetap di Liverpool seperti imigran dari Norwegia, Irlandia, dan Wales. Orang yang menuturkan aksen ini sering disebut sebagai scouser. Hal yang menjadi kekhasan dari Scouse adalah variasi dari pengucapan konsonan yang dimiliki.

Aksen Scouse secara luas dikenal memiliki tiga konsonan yang khas yaitu “ t’s “ , “ k’s “, dan “ r’s” dan juga masih banyak variasi konsonan dan vowel yang ada di dalam aksen Scouse.

Contoh Penerapan Aksen Scouse

Aksen Manchunian

Aksen Manchunian merupakan aksen yang di tuturkan oleh orang – orang yang tinggal di daerah Manchester dan juga Salford yang terletak di barat laut Inggris. Aksen Manchunian ini sendiri juga begitu populer di kalangan masyarakat Inggris terutama karena identik dengan grup band Oasis yang dimana pentolannya merupakan Gallagher bersaudara yang terkenal (Liam dan Noah Gallagher). Aksen Manchunian ini sendiri juga memiliki keunikan terutama di dalam kosa kata dan pengucapan frasa – frasanya.

Misalnya saja seperti pengucapan “ Our Kid “ yang biasa di lafalkan menjadi “ are kid “. Our Kid sendiri pada dasarnya tidak mengacu kepada anak – anak di dalam aksen dan dialek Manchunian, melainkan mengacu kepada saudara atau teman dekat. Lalu contoh lainnya adalah kata “ Mint “ yang normalnya berarti mengacu pada rasa menyegarkan dari efek mint tetapi di dalam aksen dan dialek Manchunian digunakan sebagai ungkapan positif terhadap sesuatu.

Contoh Penerapan Aksen Manchunian

Aksen Brummie

Aksen Brummie merupakan aksen British yang dituturkan oleh orang – orang yang tinggal di Birmingham. Aksen Brummie juga sangat dikenal oleh masyarakat Inggris dan identik dengan pentolan band metal rock, Ozzy Osborne yang dikenal memiliki dialek Brummie yang sangat kental dan juga serial TV Peaky Blinders. Kenny (2018), mengatakan jika aksen Brummie ini sendiri berasal dari nama Birmingham di era kuno yang saat itu masih bernama Brumaggem yang dimana nama kota ini perlahan – lahan menjadi sebutan untuk penduduk Birmingham di era modern.

Aksen Brummie sendiri memiliki keunikan juga yang membedakannya dari aksen – aksen lain terutama dalam hal pengucapan Vowel yang mengalami banyak perubahan jika kita berbciara dalam aksen Brummie seperti misalnya , kata “ hut “ dalam aksen Brummie diucapkan lebih panjang dengan menyertakan “ oo “ seperti dalam kata “ took “. Contoh lainnya adalah pengucapan kata “ you “ di dalam aksen Brummie menjadi “ yow “ dan setiap kata bahasa Inggris yang memiliki akhiran “ y “ dilafalkan menjadi “ ay “. Selain vowel, Aksen Brummie juga memiliki variasi tersendiri di dalam konsonannya.

Contoh Penerapan Aksen Brummie

Aksen Scottish

Aksen Scottish merupakan salah satu aksen British yang diucapkan di orang – orang Skotlandia yang dituturkan di kota – kota seperti Edinburgh dan Glasgow. Orang Skotlandia berbicara seolah – olah kata – kata yang mereka ucapkan dan lafalkan terputus di tengah seperti misalnya ketika kita mengeja kata “ caught “ maka pengucapannya di aksen Scottish adalah “ cot “ ataupun ketika kita mengucapkan kata “ not “ yang jika diucapkan dengan aksen Scottish maka akan berubah menjadi “ nee “. Jika diaplikasikan ke dalam kalimat maka contohnya adalah sebagai berikut :

“ didn’t do anything in Edinburgh “ yang berubah menjadi “didnee do anythin’ in Ednbrah”. Jika diucapkan dengan aksen Scottish. Cukup menarik bukan ?

Contoh Penerapan Aksen Scottish

Selain dari aksen – aksen yang ada di atas, masih ada juga aksen – aksen British lainnya seperti aksen Welsh yang merupakan aksen yang digunakan oleh orang – orang Wales dan juga aksen Irlandia yang begitu populer di kalangan orang – orang Irlandia Utara dan Republik Irlandia. Dengan demikian, sampai sini dulu pembahasan referensi topik kali ini. semoga menjadi manfaat untuk youdics sekalian.

Referensi :

  1. Wil. (n.d). BRITISH ACCENTS AND DIALECTS: A ROUGH GUIDE. English Live. Retrived from A Rough Guide to British Dialects | EF English Live
  2. Kristina, K. (2019, June 26). THE UK: ONCE YOU ARRIVE : What are the different types of British accents?. Hotcourseabroad. Retrieved from What are the different types of British accents?
  3. Sumner, D. (2021, September 9). School Of British Accents: The Yorkshire Accent. Babbel Magazine. Retrieved from School Of British Accents: The Yorkshire Accent
  4. Iosmart. (2019, December 10). British accents part 3: the Mancunian accent. Francesco Falcone. Retrieved from British accents part 3: the Mancunian accent – Francesco Falcone Blog
  5. Kenny, J. (2018, August 14). A Guide to the Brummie Accent and Slang. OwlCation. Retrieved from A Guide to the Brummie Accent and Slang - Owlcation
1 Like