Apa yang dimaksud dengan pelatihan pegawai atau karyawan ?

sumber_daya_manusia

(Amalia Laisa) #1

Pelatihan pegawai

Pelatihan merupakan bagian pendidikan yang menyangkut proses belajar untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan diluar sistem pendidikan yang berlaku dalam waktu yang relatif singkat dengan metode yang lebih mengutamakan pada praktik daripada teori

Apa yang dimaksud dengan pelatihan pegawai atau karyawan ?


Apa tujuan dan manfaat dilakukannya pelatihan terhadap pegawai ?
(Annisa Maulida Zahro) #2

Menurut pasal 1 ayat (9) Undang-undang No.13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja pada tingkat keterampilan tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan dan pekerjaan.

Pendidikan dan pelatihan adalah merupakan upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia, terutama untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan kepribadian manusia.

Istilah pelatihan ditujukan kepada pegawai pelaksana dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis, sedangkan pengembangan diperuntukkan bagi pegawai tingkat manajerial dalam rangka meningkatkan kemampuan konseptual, kemampuan dalam pengambilan keputusan, dan memperuluas human relation

Pelatihan merupakan wadah lingkungan bagi karyawan, dimana mereka memperoleh atau mempelajari sikap, kemampuan dan keahlian, pengetahuan, dan perilaku spesifik yang berkaitan dengan pekerjaan.

Pelatihan merupakan sebuah proses mengajarkan pengetahuan dan keahlian serta sikap agar karyawan semakin terampil dan mampu melaksanakan tanggung jawabnya semakin baik sesuai dengan standar.

Pelatihan adalah setiap usaha untuk memperbaiki performan pekerja pada suatu pekerjaan tertentu yang sedang menjadi tanggung jawabnya, atau suatu pekerjaan yang ada kaitannya dengan pekerjaannya

Pendidikan dan pelatihan adalah suatu proses yang akan menghasilkan suatu perubahan perilaku sasaran pendidikan dan latihan, sasaran ini berbentuk peningkatan kemampuan dari sasaran pendidikan dan latihan. Serta pendidikan dan latihan juga dapat diartikan keseluruhan proses teknik dan metode belajar mengajar dalam rangka mengalihkan suatu pengetahuan dari seseorang kepada orang lain sesuai dengan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pelatihan adalah salah satu bentuk edukasi dengan prinsip-prinsip pembelajaran. Langkah-langkah berikut dapat diterapkan dalam pelatihan:

  • Pihak yang diberikan pelatihan ( trainee) harus dapat dimotivasi untuk belajar.

  • Trainee harus mempunyai kemampuan untuk belajar.

  • Proses pembelajaran harus dapat dipaksakan atau diperkuat.

  • Pelatih harus menyediakan bahan-bahan yang dapat diperhatikan atau diterapkan.

  • Bahan – bahan yang dipresentasikan harus memiliki arti yang lengkap dan memenuhi kebutuhan.

  • Materi yang diajarkan harus memiliki arti yang lengkap dan memenuhi kebutuhan.

Komponen-Komponen pelatihan antara lain :

  • Tujuan dan sasaran pelatihan dan pengembangan harus jelas dan dapat diukur.

  • Para pelatih ( trainers ) harus memiliki kualifikasi yang memadai.

  • Materi pelatihan dan pengembangan harus disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai.

  • Metode pelatihan dan pengembangan harus sesuai dengan tingkat kemampuan pegawai yang menjadi peserta.

  • Peserta pelatihan dan pengembangan ( trainee ) harus memenuhi persyaratan yang ditentukan