Apa yang dimaksud dengan kalimat sanggahan?

Kalimat sanggahan

Kalimat sanggahan digunakan untuk menyanggah atau bahkan menolak suatu ide atau gagasan. Secara lebih jelas, kalimat sanggahan diartikan sebagai kalimat yang digunakan untuk menolak suatu ide, gagasan, atau pendapat, akan tetapi disusun menggunakan kesan persetujuan. Penyusunan kalimat penolakan dengan kesan persetujuan ini ditujukan untuk menimbulkan kesan sopan atau menghilangkan konotasi kasar dari penolakan.

Ciri khas dari kalimat sanggahan adalah adanya kata-kata “tetapi”, “akan tetapi”, “namun”, dan kata sambung pertentangan yang lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat sanggahan:

  1. Sebenarnya saya setuju dengan pilihan desain dan warna perabotan rumah ini. Tetapi akan lebih baik jika semuanya dibicarakan terlebih dahulu dengan pemilik rumah, bukan asal ambil keputusan.
  2. Saya bukannya tidak setuju dengan pendapat kalian semua, akan tetapi pendapat kalian itu seperti meninggikan kelompok tertentu. Sebagai organisasi yang bertujuan membela masyarakat, akan lebih baik jika kita mempertimbangkan segala sesuatu dari berbagai pihak.
  3. Bukannya tidak ada dana untuk pelaksanaan kegiatan ini, namun tolong diperiksa lagi rincian anggaran yang dikeluarkan. Kami melihat ada beberapa kegiatan yang tidak masuk akal jika disesuaikan dengan dana yang dikeluarkan.