Strategi apa yang harus dilakukan seorang manajer pemasaran dalam pengembangan perusahaan?

manajer pemasaran

Tugas manajer pemasaran secara umum memanglah bertujuan untuk memastikan bahwa keinginan dari pelanggan terakomodir oleh perusahaan. Sehingga hal tersebut menciptakan profit bagi perusahaan. Manajer pemasaran memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam rangka peningkatan profit perusahaan. Diantara tugas manajer pemasaran yaitu selalu harus dapat menganalisiss kesempatan kedepan, membuat rumusan dan melaksanakan kegiatan yang dimaksudkan untuk mencapai sasaran yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Lalu strategi apa saja yang harus dilakukan seorang manajer pemasaran dalam pengembangan perusahaan?

Strategi yang harus dilakukan manajer pemasaran dalam pengembangan perusahaan antara lain :

  1. Langkah Pengambilan Keputusan oleh Manajer Pemasaran

    • Mendefinisikan masalah, harus mengetahui dulu masalahnya dan mampu untuk mengindetifikasikan masalah.

    • Merumuskan berbagai alternatif, menentukan berbagai cara alternatif penyelesaian terhadap masalah yang dihadapi.

    • Menganalisa alternatif, menilai alternatif yang dikumpulkan. Dengan suatu analisa maka manajer diarahkan untuk mengambil kesimpulan yang disertai dengan pernyataan untuk menentukan kebaikan dan keburukannya.

  2. Strategi Produk
    Dengan adanya strategi produk, maka manajer pemasaran dapat menetapkan cara dan penyajian produk yang tepat bagi pasar. Dengan begitu manajer pemasaran dapat memuaskan para konsumen sekaligus dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang.

  3. Strategi Harga
    Penetapan harga sangat penting terutama untuk menjaga dan meningkatkan posisi perusahaan di pasar yang tercemin untuk meningkatkan penjualan dan keunggulan perusahaan. Dengan kata lain penetapan harga mempengaruhi kemampuan bersaing perusahaan dan kemampuan perusahaan mempengaruhi konsumen.

  4. Strategi Distribusi
    Mencakup penentuan saluran pemasaran dan distribusi fisik, dimana keduanya merupakan hubungan yang erat dalam keberhasilan penyaluran sekaligus keberhasilan pemasaran produk perusahaan.

  5. Strategi Promosi
    Merupakan suatu strategi yang dilaksanakan sejalan dengan rencana pemasaran dimana dijalankan secara keseluruhan serta direncanakan, diarahkan dan dikendalikan dengan baik.

Referensi :

Misal dalam sebuah perusahaan yg belum ada tim sama sekali, tim meliputi marketing ,sales marketing suport dll hanya ada diri kita sendiri sebagai MM dan top management,product yg akan dijual jg belom ada, langkah2 apa saja yg harus segera dilakukan strategi seperti apanyg akan dilakukan…