© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Metode apa saja yang dapat digunakan dalam analisa efektivitas dan efisiensi biaya suatu project?

Efektivitas dan efisiensi biaya

Efektivitas dan efisiensi biaya suatu proyek dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran perusahaan dimana pengeluaran tersebut dapat dimanfaatkan untuk penggunaan lain.

Metode apa saja yang dapat digunakan dalam analisa efektivitas dan efisiensi biaya suatu proyek?

Untuk metode dan teknik yang dapat digunakan dalam melakukan estimasi biaya proyek, secara umum, dapat dibaca di topik diskusi dibawah ini.

Teknik atau metode dan tools yang dapat digunakan dalam estimasi biaya proyek

Terkait dengan proyek perangkat lunak, salah satau metode yang paling sering digunakan adalah metode COCOMO, dimana untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada topik diskusi dibawah ini,

Apa yang dimaksud dengan metode COCOMO dalam cost estimation software ?

Nah, untuk melakukan analisis efisiensi biaya, kita bisa membandinkan beberapa teknik yang ada dengan hasil nyata dari proyek perangkat lunak yang ada. Apabila selisihnya terlalu besar, maka bisa dikatakan bahwa proyek tersebut tidak efisien. Terkait dengan efektivitas, yang dilihat hanyalah, apakah hasil dari proyek tersebut sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya ? Efektivitas tidak berhubungan secara langsung dengan biaya proyek.

Bahkan untuk perusahaan-perusahaan besar, dimana nama besar sangat dipertaruhkan, mereka lebih memilih tidak efisien dari segi biaya (biaya membengkak) dibandingkan harus bernegosiasi dengan efektivitas sebuah proyek.