Menurutmu, apa perbedaan antara cinta dan sayang?

cinta dan sayang

Sering kali kita mendengar kata sayang dan kata cinta, yang mungkin beberapa orang hanya mengetahui namun tidak mengerti makna dan arti kata itu sendiri, Apa perbedaan arti kata cinta dan sayang ?

2 Likes

Sebagian besar dari kita menganggap bahwa cinta dan sayang itu merupakan perasaan yang sama. Tapi sebetulnya, cinta dan sayang itu sendiri memiliki makna yang berbeda. Sayang bisa ditujukan bagi siapa saja, sedangkan cinta ditujukan bagi seseorang yang lebih spesifik lagi dan salah satunya berkaitan dengan hubungan lawan jenis.

Makna cinta

Cinta merupakan emosi yang kompleks, terdiri dari berbagai macam perasaan dan keadaan. Menurut kamus Oxford, cinta didefinisikan sebagai perasaan kasih sayang yang kuat. Sedangkan, pengertian cinta lainnya menurut kamus Merriam-Webster mendefinisikan cinta sebagai perasaan kasih sayang yang kuat atau konstan bagi seseorang.

Jika kita mencintai seseorang, otomatis kita akan menyayanginya. Berbeda jika kita menyayangi seseorang, belum tentu kita mencintainya. Dalam hierarki emosi dan perasaan, cinta ini memiliki kedudukan lebih dalam daripada sayang. Ketika kita mencintai seseorang, seringkali logika kita nggak berjalan, Bela. Kita selalu memaklumi dan membenarkan apa pun yang dilakukan orang yang kita cintai meski itu salah. Sebanyak apa pun kesalahan yang dilakukan oleh orang yang kita cintai, pada akhirnya kita selalu memaafkannya dan rela berkorban. Jadi nggak heran kalau cinta itu bisa membuat kita buta.

Ketika kamu sudah bertemu cinta, kamu juga akan bertemu dengan yang namanya pengorbanan. Karena tidak ada cinta yang benar-benar nyata di dunia ini tanpa pengorbanan. Jangan langsung percaya ketika seseorang berkata, “Aku cinta padamu” karena kalau dia tidak menunjukkannya lewat tindakan nyata (sebuah pengorbanan), maka semuanya sia-sia.

Ketika kamu merasakan cinta, kamu akan (bahkan wajib) memberikan 100 persen dari yang kamu miliki. Ketika kamu tahu apa yang namanya cinta, kamu tidak akan menuntut dia memberikan balasan. Mengapa? Alasannya ada dua. Pertama, karena kamu cinta pada orang itu dan cinta tidak menuntut. Kedua, karena cinta tidak menuntut, cinta hanya mengharapkan. Kamu akan menunggu, walau kadang kamu tahu penantianmu bakal sia-sia.

Kamu akan tetap memperhatikannya, walau kamu tahu dia memperhatikan orang lain. Kamu tetap memandangnya, walau kamu tahu di bola matanya ada sosok lain yang ia dambakan. Karena cinta berada di kasta paling tinggi, tidak heran tantangannya juga sangat besar.

Kamu yang mengerti cinta, berarti kamu juga mengerti ketika seseorang menjadi duniamu. Seakan-akan, dia jadi gravitasi yang selalu membuatmu jatuh berulang-ulang. Walau ada rasa sakit, tapi kamu indahkan karena dialah yang menjadi pusat duniamu.

Makna sayang

Pengertian sayang sendiri didefinisikan sebagai perasaan yang lembut, perasaan suka atau peduli. Ketika kita menyayangi seseorang, kita masih menggunakan logika, bisa memilih mana yang benar dan yang salah dan tentunya nggak akan dengan mudah memaklumi kesalahan. Ketika sayang, kita cenderung membenarkannya jika orang yang kita sayangi salah meski pada akhirnya orang yang kita sayangi belum tentu menerima.

Rasa sayang ini porsinya lebih besar dari rasa suka. Kalau di depot-depot, bisa dibilang rasa sayang itu porsi jumbo. Rasa sukamu sudah terakumulasi dan kini berubah menjadi rasa sayang. Rasa ingin memiliki, rasa ingin menghabiskan waktu bersama. Kamu bisa dibilang sayang seseorang saat kamu sadar ingin bertemu dengan dirinya setiap hari karena kamu senang dan nyaman di sisinya.

Kamu merasa sayang padanya saat kamu melihat dia dari hatimu, bukan sekadar kulit luarnya saja. Kamu tahu sifat-sifat jeleknya dan berusaha untuk menemukan solusi untuk dirimu pribadi dan juga dirinya. Ketika kamu sayang seseorang, kamu bakalan berusaha supaya kalian berdua bisa bersatu, saling memiliki selamanya. Sebisa mungkin kamu akan menjadi yang terbaik untuknya dan berharap dia juga akan menjadi yang terbaik untuk dirimu. Secara tidak langsung, ada tuntutan walau kesannya lebih halus dan rapi.

Nggak seperti cinta, kasih sayang nggak terdiri dari perasaan bergairah atau romantis. Contoh perasaan sayang bisa diberikan bagi siapa pun tanpa kecuali. Perasaan sayang juga lebih tulus.

Perbedaan cinta dan sayang

Perbedaan cinta dan sayang dari segi makna, cinta memang memiliki perasaan yang dalam dan lebih spesial, sedangkan sayang memiliki makna yang tulus. Perbedaan cinta dan sayang lainnya, jika kita mencintai seseorang, otomatis kita akan menyayanginya. Berbeda dengan sayang, menyayangi seseorang belum tentu mencintainya.

Cinta merupakan keinginan, sedangkan sayang merupakan suatu kebutuhan. Perbedaan cinta dan sayang lainnya, cinta memiliki kecemburuan dan rasa memiliki, sedangkan sayang itu tulus dan luas.

1 Like

Tidak pernah mudah mendefinisikan sesuatu yang abstrak, maka satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah memahami sesuatu tersebut sesuai pengalaman dan pengamatan masing-masing. Bagi saya sendiri, perbedaan paling mencolok antara cinta dan sayang adalah dari keinginan memiliki. Saya sepakat dengan kalimat “cinta tidak harus memiliki”, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa “cinta pasti ingin memiliki”, sedangkan rasa sayang biasanya tidak diikuti dengan keinginan memiliki ini.

Cinta bagi saya adalah perasaan yang terbentuk dari gabungan rasa tertarik, kagum, suka, sayang, dan rasa ingin memiliki. Cinta juga pasti diikuti dengan nafsu, entah sekadar nafsu untuk sering melihat, berdekatan, bahkan bisa jadi nafsu yang buruk-buruk. Sementara rasa sayang tidak diikuti nafsu—apalagi yang buruk—sama sekali. Sayang biasanya terdiri dari rasa mengasihi, ingin melindungi, mengayomi, dan berbagi. Dari sini, bisa dilihat bahwa cakupan sayang lebih luas dibanding cinta.

Kemudian juga menurut saya, rasa sayang itu abadi, sedangkan cinta tidak demikian bahkan cenderung sementara. Mungkin ini juga bisa jadi alasan kenapa ada istilah “putus cinta”, tetapi tidak ada “putus sayang”.

2 Likes

Menurut saya kk cinta itu jika kita menaruh hati pada seseorang dan kita sangat menyukai nya nya. Sedangkan sayang itu ketika kita bisa merasakan ketulusan hatinya,sikapnya,perhatianya kepada kita.

Itu sih menurut saya perbedaan nya kk.:sweat_smile:

1 Like

haha, saya sepakat dengan pendapat kak @NovitaMahar. Untuk menjelaskan bagaimana perbedaan cinta dan sayang saya ingin menggunakan persamaan dan perbedaan dari dua kata tersebut. Oleh karena itu saya menilik dari Tesaurus Bahasa Indonesia

Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, sinonim lema cinta adalah asyik, cinta, damba, gandrung, gemar, ingin, rindu, rindu dendam, sayang, suka.

Lema sayang memiliki sinonim 1 a cinta, kasih, rindu; 2 v gemar, minat, suka; 3 n buah hati, jantung hati; meminati, menggemari, menyukai; ant membenci, belas kasih, iba, kasihan; simpati; 2 hampa, kecewa, kesal, sesal;

Berdasarkan dua pemaparan tesaurus tersebut kita dapat mengetahui bahwa dua kata tersebut memiliki sinonim yang menyebutkan keseluruhan kata-katanya. Kata cinta disinonimkan sebagai sayang dan kata sayang juga bersinonim cinta. Tetapi ada tambahan yang menunjukan perbedaan dari dua kata ini yaitu dalam kata sayang terdapat arti belas kasih sehingga dapat diketahui bahwa sayang menunjukan simpati sehingga bisa memiliki konteks berempati.

Seseorang dapat menunjukan rasa sayang dengan berbagai rupa dari tulus mengagumi hingga berempati. Cinta menurut saya memiliki konotasi lebih positif sedangkan sayang bisa masuk pada pengertian dalam konteks ‘kasihan’. Itu menurut saya, bagaimana kalau kamu?

Referensi

http://tesaurus.kemdikbud.go.id/tematis/lema/cinta | Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Wah… nice mbak… saya baru memahami perbedaan antara sayang dan cinta di topik diskusi kali ini. Karena sebelum ini, saya berfikir kalau makna dari cinta dan sayang itu ya sama… sama-sama perasaan yang timbul pada seseseorang terhadap seseorang lainnya. Eh ternyata berbeda toh… Tapi kalau dilihat-lihat memang bener sih ya. Biasanya kalo pasangan lawan jenis yang saling menyukai dan mencintai, mengutarakan perasaannya dengan “aku cinta kamu”. Dimana kata “cinta” sendiri kalau dirasakan sebenarnya hanya bersifat sementara. Berbeda dengan kasih sayang orang tua yang selalu diberikan pada anaknya… nggak ada yang kasih sayang ini yang sifatnya sementara, biasanya lebih ke jangka waktu yang panjang….

Walaupun secara makna hampir sama, ternyata tafsirannya bisa berbeda-beda ya. Hebat sekali ya kekuatan bahasa dan kekayaan frasa … :clap: :clap: :clap:

1 Like

Couldn’t agree more :blush: :+1:t3:

that’s why kita bisa sayang sama hewan/tanaman, tapi gabisa cinta sama mereka :laughing:

Menurut saya cinta dan sayang itu adalah sebuah hal yang berbeda, namun memiliki pemaknaan yang hampir sama. Meskipun begitu, rasa sayang dan cinta ternyata dapat dibedakan berdasarkan sifatnya.

Dari beberapa referensi yang saya baca menjelaskan bahwa secara harfiah sayang memiliki beberapa pengertian di antaranya kasihan, terasa, dan merasa sayang akan sesuatu. Dalam bahasa Arab, sayang disebut sebagai Mahabbah yang bermakna bening atau bersih. Hal ini bisa diartikan bahwa rasa sayang adalah memberi yang terbaik untuk orang lain, baik itu membahagiakan, dan tidak merebut kebahagiaan orang lain. Sehingga rasa sayang merupakan perasaan yang cenderung bersifat memberi sepenuhnya tanpa mengharapkan balasan atau imbalan. Sehingga rasa sayang dapat dimaknai sebagai suatu perasaan tulus dan ikhlas di dalam diri seseorang tanpa peduli orang yang disayangi menerima atau tidak. Selain itu, rasa sayang juga dapat didefinisikan sebagai perasaan lembut, perasaan suka, atau peduli.

Cinta merupakan salah satu kata yang sudah tidak asing di dalam kehidupan sehari-hari. Di setiap kesempatan tak jarang orang membicarakan masalah cinta dengan beragam pendapat. Meski sudah sering kita dengar, namun masih banyak orang yang belum tahu tentang definisi cinta yang sebenarnya. Menurut Abraham Maslow, cinta merupakan proses aktualisasi yang dapat melahirkan beragam tindakan yang kreatif dan produktif. Dengan adanya cinta, seseorang bisa mendapatkan kebahagiaan jika mampu membahagiakan orang yang dicintainya. Sedangkan menurut Erich Fromm, cinta adalah sesuatu yang aktif yang mana mampu memecahkan tembok pemisah dari manusia dan teman-temannya yang dapat menyatukan seseorang dengan orang lainnya.

Dapat disimpulkan bahwa cinta sebagai sesuatu yang kompleks dan terdiri dari berbagai macam perasaan dan keadaaan. Selain itu, cinta juga dapat diartikan sebagai perasaan kasih sayang yang kuat dan konstan bagi seseorang. Dalam hierarki emosi dan perasaan, cinta memiliki kedudukan lebih kuat dan dalam daripada sayang.