Mengapa Twitter Begitu Digemari Saat Ini?

image

Berdasarkan hasil ‘menyelam’ saya, saya menemukan topik diskusi menarik yaitu pertanyaan mengenai "Akankah twitter bangkrut di masa yang akan datang? dan prediksi dari Youdics pada kolom komentar juga kebanyakan menyetujui hal itu.
Namun yang terjadi saat ini sebaliknya, pengguna twitter semakin hari semakin banyak mulai dari orang biasa, tokoh politik, artis, kpopers, buzzerp semakin meramaikan twitter.


Gambar 1. Tren Jumlah Tweets

Bisa dilihat lagi pada gambar di atas dimana jumlah *tweets per day* sempat mengalami penurunan pada periode 2016-2018 dan semenjak pandemi jumlah tweet meningkat drastis

Jadi menurut kalian sendiri mengapa twitter bisa bangkit? Apakah pandemi yang berperan besar atas kebangkitannya? Bagi kalian sendiri, apa alasan menggunakan/tidak menggunakan twitter?

Referensi:
Visualizing Twitter’s Evolution 2012-2020 And How Tweeting Is Changing In The COVID-19 Era – The GDELT Project
Akankah twitter bangkrut di masa yang akan datang??

Menurut saya hal ini didukung sebagai tempat curhat juga atau tempat mencurahkan pendapat mengenai kondisi pandemi atau kondisi lain. Dengan masa pandemi yang membatasi mobilitas waktu seseorang banyak dirumah saja dan semua serba online yang menurut saya hal itu jug mendukung semakin seringnya seseorang main sosmed maupun hanya sekedar membaca dan kebanyakan akan mencari informasi lewat sosmed juga.

Iyasih benar sekali, adanya twitter emang membantu buat curhat karena memang lebih berfokus kepada teks sosmednya.

Wah pertanyaan yang sangat relate dengan saya saat ini ya kak Iko. Saya sendiri sudah menggunakan sosial media Twitter dari tahun 2014 sepertinya. Alasan saya waktu itu membuat akun Twitter karena cepat untuk mendapat informasi terkini. Hingga saat ini, banyak informasi terkini yang dishare melalui akun Twitter. Sebagai contoh, ketika terjadi gempa bumi, Twitter BMKG juga cepat memberikan informasi mengenai gempa. Untuk saat ini, alasan saya sebenarnya masih sama seperti dulu, yaitu mendapatkan informasi terkini, tetapi terdapat alasan lainnya, seperti:

  1. Mendapatkan Banyak Informasi
    Menurut pengalaman saya, terdapat banyak sekali informasi yang ada di Twitter. Informasi-informasi tersebut dapat berasal dari akun resmi, akun tokoh-tokoh di masyarakat, akun ahli dalam suatu bidangnya, hingga akun dari masyarakat juga banyak memberikan informasi yang mereka dapatkan. Terlebih pada masa pandemi Covid-19 ini banyak informasi yang terpercaya dan tentu saja dapat menambah informasi. Tak hanya itu saja, trending topic di Twitter juga kerap menjadi salah satu sorotan nih. Ketika terjadi suatu peristiwa dapat menjadi trending topic di Twitter karena banyak akun yang menuliskan opini mereka mengenai hal tersebut.
  2. Memiliki Fitur Autobase
    Menurut saya, auto base ini merupakan salah satu kelebihan dari Twitter. Auto base ini merupakan akun dapat menjadi grup untuk bertanya dan memberi informasi. Bagi mereka yang bertanya dapat anonym dan pertanyaan dikirim melalui DM base tersebut. Hadirnya auto base ini sangat membantu menurut saya. Saya sendiri mengikuti banyak base, seperti base untuk masuk perguruan tinggi, base musik, base film, dan banyak base lainnya. Dari base tersebut banyak akun-akun yang akan mereply dan memberikan informasi melalui replyan tersebut.

Saya termasuk pengguna twitter yang cukup setia, sampai sekarang sudah menginjak 10 tahun.

Saya rasa twitter ini tuh platform terbaik buat kita update atau menyurakan pendapat, dari yang gak penting sampai yang penting. Beda dengan media sosial populer lainnya yang berfokus pada gambar atau video, twitter bisa menyediakan 280 karakter, sehingga penyampaian informasi bisa secara full, dan berfokus pada teks. Selain itu, secara aplikasi juga twitter terus berkembang, seperti memperbaiki sistem quote tweet, memberikan pilihan topik yang disukai pengguna. Sekarang, tweet yang akan muncul di timeline tidak hanya tweet yang berasal dari following saja, tapi berdasarkan topik yang disukai, tweet yang di reply oleh following kita. Ini salah satu alasan kenapa twitter bisa bertahan sampai sekarang. Banyak tokoh yang menyampaikan informasi mengenai Covid19, seperti obat-obat yang disarankan, informasi rumah sakit, angka kenaikan jumlah penderita melalui twitter.

Nah, nampaknya sekarang pengguna lebih menyukai twitter dibandingkan media sosial lain karena bisa berpendapat dengan bebas. Dalam beberapa tahun ini, twitter memiliki tren mengirim ‘menfess’ melalui akun base. Menfess ini adalah mention confess, dimana Direct Messege yang kita kirimkan pada akun base akan terunggah secara otomatis dan anonim. Ini lah yang menjadi keunggulan twitter, orang dapat dengan mudah menutupi identitas aslinya, sehingga tidak takut untuk menyampaikan apapun. Tapi disisi lain konsep anonim ini berbahaya jika digunakan dengan tujuan yang buruk, misalnya dengan menggunakan profile picture artis untuk mendapatkan keuntungan pribadi, yang merugikan orang.

Selain itu, dengan meningkatnya jumlah artis yang menggunakan twitter, menunjukkan bahwa ini platform terbaik yang menjadi penyebar informasi, berinteraksi dengan fans secara dua arah. Terlepas dari aplikasi media sosial lainnya, kadang twitter bisa menjadi sumber informasi pertama terkait dengan pemberitaan artis.

Kebangkitan twitter sendiri yang mengalami kenaikan sejak pandemi, menurut saya karena di twitter kita bebas untuk bercerita secara anonim tanpa takut adanya judgement , apalagi di masa pandemi yang mana tingkat stress mengalami kenaikan yang sangat pesat. Dan lagi pengguna twitter lainnya pun bukan orang-orang yang pilih-pilih teman. Mereka senang berteman dan berbincang apa saja dengan yg lainnya tanpa ada rasa malu.

Saya sendiri menggunakan twitter sejak 2010 dan masih betah sampai saat ini. Dikarenakan twitter menyediakan banyak informasi yang sangat ril. Dibadingkan dengan aplikasi lain, berita-berita yang sedang hot lebih cepat sampai ke masyarakat berkat adanya fitur trending . Dan ditwitter juga banyak akun-akun informatif yang menyediakan tulisan atau thread yang sangat bermanfaat.

Iyaaa bener banget kak @angelach dan @AshilaSubandi dengan adanya menfess yang memang terkadang lebih mudah bertanya atau berpendapat melalui anonim. Sehingga kita lebih mudah menyuarakan uneg2 kita. serta adanya thread-thread gitu banyak membantu juga sih sesuai pendapat dari kak @sylvldk yang mana terkadang isinya juga sangat positif dan bermanfaat bagi kita.

1 Like