Mengapa Twitter Begitu Digemari Saat Ini?

image

Berdasarkan hasil ‘menyelam’ saya, saya menemukan topik diskusi menarik yaitu pertanyaan mengenai "Akankah twitter bangkrut di masa yang akan datang? dan prediksi dari Youdics pada kolom komentar juga kebanyakan menyetujui hal itu.
Namun yang terjadi saat ini sebaliknya, pengguna twitter semakin hari semakin banyak mulai dari orang biasa, tokoh politik, artis, kpopers, buzzerp semakin meramaikan twitter.


Gambar 1. Tren Jumlah Tweets

Bisa dilihat lagi pada gambar di atas dimana jumlah *tweets per day* sempat mengalami penurunan pada periode 2016-2018 dan semenjak pandemi jumlah tweet meningkat drastis

Jadi menurut kalian sendiri mengapa twitter bisa bangkit? Apakah pandemi yang berperan besar atas kebangkitannya? Bagi kalian sendiri, apa alasan menggunakan/tidak menggunakan twitter?

Referensi:
Visualizing Twitter’s Evolution 2012-2020 And How Tweeting Is Changing In The COVID-19 Era – The GDELT Project
Akankah twitter bangkrut di masa yang akan datang??

Menurut saya hal ini didukung sebagai tempat curhat juga atau tempat mencurahkan pendapat mengenai kondisi pandemi atau kondisi lain. Dengan masa pandemi yang membatasi mobilitas waktu seseorang banyak dirumah saja dan semua serba online yang menurut saya hal itu jug mendukung semakin seringnya seseorang main sosmed maupun hanya sekedar membaca dan kebanyakan akan mencari informasi lewat sosmed juga.

Iyasih benar sekali, adanya twitter emang membantu buat curhat karena memang lebih berfokus kepada teks sosmednya.

Wah pertanyaan yang sangat relate dengan saya saat ini ya kak Iko. Saya sendiri sudah menggunakan sosial media Twitter dari tahun 2014 sepertinya. Alasan saya waktu itu membuat akun Twitter karena cepat untuk mendapat informasi terkini. Hingga saat ini, banyak informasi terkini yang dishare melalui akun Twitter. Sebagai contoh, ketika terjadi gempa bumi, Twitter BMKG juga cepat memberikan informasi mengenai gempa. Untuk saat ini, alasan saya sebenarnya masih sama seperti dulu, yaitu mendapatkan informasi terkini, tetapi terdapat alasan lainnya, seperti:

  1. Mendapatkan Banyak Informasi
    Menurut pengalaman saya, terdapat banyak sekali informasi yang ada di Twitter. Informasi-informasi tersebut dapat berasal dari akun resmi, akun tokoh-tokoh di masyarakat, akun ahli dalam suatu bidangnya, hingga akun dari masyarakat juga banyak memberikan informasi yang mereka dapatkan. Terlebih pada masa pandemi Covid-19 ini banyak informasi yang terpercaya dan tentu saja dapat menambah informasi. Tak hanya itu saja, trending topic di Twitter juga kerap menjadi salah satu sorotan nih. Ketika terjadi suatu peristiwa dapat menjadi trending topic di Twitter karena banyak akun yang menuliskan opini mereka mengenai hal tersebut.
  2. Memiliki Fitur Autobase
    Menurut saya, auto base ini merupakan salah satu kelebihan dari Twitter. Auto base ini merupakan akun dapat menjadi grup untuk bertanya dan memberi informasi. Bagi mereka yang bertanya dapat anonym dan pertanyaan dikirim melalui DM base tersebut. Hadirnya auto base ini sangat membantu menurut saya. Saya sendiri mengikuti banyak base, seperti base untuk masuk perguruan tinggi, base musik, base film, dan banyak base lainnya. Dari base tersebut banyak akun-akun yang akan mereply dan memberikan informasi melalui replyan tersebut.

Saya termasuk pengguna twitter yang cukup setia, sampai sekarang sudah menginjak 10 tahun.

Saya rasa twitter ini tuh platform terbaik buat kita update atau menyurakan pendapat, dari yang gak penting sampai yang penting. Beda dengan media sosial populer lainnya yang berfokus pada gambar atau video, twitter bisa menyediakan 280 karakter, sehingga penyampaian informasi bisa secara full, dan berfokus pada teks. Selain itu, secara aplikasi juga twitter terus berkembang, seperti memperbaiki sistem quote tweet, memberikan pilihan topik yang disukai pengguna. Sekarang, tweet yang akan muncul di timeline tidak hanya tweet yang berasal dari following saja, tapi berdasarkan topik yang disukai, tweet yang di reply oleh following kita. Ini salah satu alasan kenapa twitter bisa bertahan sampai sekarang. Banyak tokoh yang menyampaikan informasi mengenai Covid19, seperti obat-obat yang disarankan, informasi rumah sakit, angka kenaikan jumlah penderita melalui twitter.

Nah, nampaknya sekarang pengguna lebih menyukai twitter dibandingkan media sosial lain karena bisa berpendapat dengan bebas. Dalam beberapa tahun ini, twitter memiliki tren mengirim ‘menfess’ melalui akun base. Menfess ini adalah mention confess, dimana Direct Messege yang kita kirimkan pada akun base akan terunggah secara otomatis dan anonim. Ini lah yang menjadi keunggulan twitter, orang dapat dengan mudah menutupi identitas aslinya, sehingga tidak takut untuk menyampaikan apapun. Tapi disisi lain konsep anonim ini berbahaya jika digunakan dengan tujuan yang buruk, misalnya dengan menggunakan profile picture artis untuk mendapatkan keuntungan pribadi, yang merugikan orang.

Selain itu, dengan meningkatnya jumlah artis yang menggunakan twitter, menunjukkan bahwa ini platform terbaik yang menjadi penyebar informasi, berinteraksi dengan fans secara dua arah. Terlepas dari aplikasi media sosial lainnya, kadang twitter bisa menjadi sumber informasi pertama terkait dengan pemberitaan artis.

Kebangkitan twitter sendiri yang mengalami kenaikan sejak pandemi, menurut saya karena di twitter kita bebas untuk bercerita secara anonim tanpa takut adanya judgement , apalagi di masa pandemi yang mana tingkat stress mengalami kenaikan yang sangat pesat. Dan lagi pengguna twitter lainnya pun bukan orang-orang yang pilih-pilih teman. Mereka senang berteman dan berbincang apa saja dengan yg lainnya tanpa ada rasa malu.

Saya sendiri menggunakan twitter sejak 2010 dan masih betah sampai saat ini. Dikarenakan twitter menyediakan banyak informasi yang sangat ril. Dibadingkan dengan aplikasi lain, berita-berita yang sedang hot lebih cepat sampai ke masyarakat berkat adanya fitur trending . Dan ditwitter juga banyak akun-akun informatif yang menyediakan tulisan atau thread yang sangat bermanfaat.

Iyaaa bener banget kak @angelach dan @AshilaSubandi dengan adanya menfess yang memang terkadang lebih mudah bertanya atau berpendapat melalui anonim. Sehingga kita lebih mudah menyuarakan uneg2 kita. serta adanya thread-thread gitu banyak membantu juga sih sesuai pendapat dari kak @sylvldk yang mana terkadang isinya juga sangat positif dan bermanfaat bagi kita.

1 Like

Tahun 2014-2015 adalah tahun kejayaan Twitter, namun seiring berjalan waktu banyak orang yang berpindah haluan ke Instagram, saya rasa semenjak munculnya fitur story di Instagram. Padahal sebenarnya Twitter memiliki daya tarik yang lebih dikarenakan Twitter sangat aktual dan efisien.
Kita bisa mengirim tweet cukup banyak dalam 1 hari tanpa harus takut mengganggu orang lain, dan bahkan untuk mengirimkan 1 tweet saja tidak butuh waktu lama seperti memikirkan caption Instagram.
fitur menarik kini kian bertambah di Twitter, banyak orang dipermudah untuk membuat semacam thread tentang info pekerjaa, tugas kuliah dan lainnya. Selain itu, twitter juga sangat cocok menjadi wadah diskusi dengan user lainnya.

saya setuju kak,apalagi di Twitter kita memiliki kebebasan berpendapat dan mengutarakan semua aspirasi kita melalui tulisan dan gambar. Jangkauan Twitter juga lebih luas karena mayoritas pengguna Twitter adalah anak muda jadi topik dan pembahasan lebih mudah dicerna. Secara tampilan Twitter juga memanjakan mata karena tampilan yang simpel dan fitur yang mudah untuk digunakan membuat pengguna baru di Twitter tidak akan kesulitan untuk menggunakan Twitter.

Twitter merupakan social media denvan berfokus pada text, yang mana saya sendiri juga lebih menyukai social media dengan tipe seperti ini. Selain itu yang membuat Twitter digemari banyak orang karena informasi yang disampaikan lebih up to date dibandingkan dengan media sosial lainnya

Setuju sekali, kak. Banyak informasi terbaru yang muncul (trending) duluan di twitter daripada di media sosial lainnya. Mungkin hal ini terjadi selain karena hashtag, juga karena twitter sendiri adalah media sosial berbasis microblog sehingga memudahkan penggunanya untuk langsung menyebarkan sesuatu karena tinggal mengetikkannya saja. Tidak seperti media sosial lainnya yang lebih berfokus pada video dan gambar sehingga sulit untuk langsung menyebarkan sesuatu kalau belum diolah menjadi video dan gambar.

Soalnya di twitter tuh lebih ceplas ceplos gitu lho :laughing:
Kalo aku sendiri, akun ig dan linkedin menjadi personal branding, jadi ya emang harus hati-hati kalo mau posting sesuatu, even memberikan argumen tentang fenomena atau konstruksi sosial di masyakarat gitu ya aku pribadi lebih nyaman di twitter, karena orang-orang disana lebih terbuka untuk diskusi (menurutku), kalo di Instagram aku sungkan memberikan argumen atau sekedar membuat ig stories “yang berbobot” nggatau deh, rasanya kaya kurang pas dan kurang nyaman aja. Jadi di twitter lebih bebas berekspresi.
Terus alasan lain, di twitter tuh menurutku informasi up to date gampang banget diperoleh melalui fitur #Trending, kaya dulu misalnya Instagram lemot gabisa diapa-apain, indikasinya down, pasti pertam akai aku ngecek trending twitter, dan ternyata memang bener instagram down. Di twitter juga banyak banget konten receh, lucu jadi kadang twitter menjadi tempat orang-orang untuk panen meme :'D

Berdasarkan hasil pengamatan saya sepanjang bermain twitter, alasan mengapa twitter menjadi aplikasi yang digemari saat ini yaitu karena tercepatnya penyebaran informasi melalui paltform tersebut. Berkat fitur trendingnya banyak berita atau isu yang akhirnya mendapat perhatian oleh lembaga besar bahkan sampai pemerintahan karena berita tersebut mencuat ramai di platform ini, contohnya masalah bullying yang terjadi di lingkunga KPI yang masih ramai dibicarakan dan dikawal hingga saat ini. Selain itu fitur yang bervariasi seperti adanya autobase, memudahkan kita untuk mencari informasi apa yang kita butuhkan. Intinya twitter sekarang benar-benar sangat memudahkan kita yang tinggal di era serba digital untuk mendapatkan berita dan informasi secara cepat.

Saya termasuk menggunakan sosial media Twitter, alasannya karena twitter tidak hanya sebagai tempat mengungkapkan perasaaan, unek-unek, dan sekadar curhat saja.

  1. Mendapatkan informasi terkini dari trending di Twitter
    Twitter dinilai sebagai tempat mendapatkan informasi lebih cepat dibandingkan dengan sosial media lainnya (contoh Instagram dan Facebook). Twitter juga hanya menggunakan kuota internet yang sedikit karena kebanyakan hanya berupa teks saja.

  2. Konten yang menghibur
    Seringkali, kita menemukan konten lucu yang sukses membuat pengguna twitter lainnya tertawa sampai geleng kepala.

  3. Twitter jarang sekali terkena error atau down
    Bagi pengguna internet, gangguan dan kendala pada media sosial terkadang memang sedikit menyebalkan seperti tidak bisa menggunakan berbagai macam fitur, tidak bisa membuka akun dan tidak bisa mengakses sosial media. Berbeda dengan sosial media lainnya, twitter jarang sekali terkenan error atau down.

Sumber

https://kumparan.com/kumparantech/alasan-main-twitter-lebih-asyik-dibandingkan-facebook-dan-instagram-1qvdDyuGOUI/full

Menurut saya sendiri, berita atau informasi di twitter lebih cepat sampainya daripada di platform lain. Hanya dengan mencari dari hashtag saja kita sudah dapat mengetahui dan membaca berita yang sedang trending atau viral saat itu. Selain itu, beberapa tahun terakhir ini di twitter juga mulai bermunculan base-base; dari base seputar dunia perkuliahan, dunia kerja, sekolah, makanan, film, series, anime, dan base-base untuk para fangirl maupun fanboy, dll. Di dalam base tersebut kita juga dapat mencari info, review, tips, atau hanya untuk bermain qrt tentang hidup juga bisa. Last but not least, di twitter juga terdapat banyak thread(s) di mana hal tersebut juga tidak bisa ditemui di aplikasi lain. Daaannn… kita juga bisa “ngeteh” hehehe :v: Hal itulah yang bagi saya terlihat sangat menarik.

Menurut saya, alasan orang-orang kembali menggunakan twitter adalah karena sebelumnya banyak yang hype instagram, kemudian banyak orang yang mulai meninggalkan instagram karena harus selalu memposting foto, tetapi banyak masyarakat yang lebih senang memposting tulisan.
Selain itu, bentuk twitter yang hanya membatasi sebanyak 140 karakter membuat orang tidak malas untuk membaca walau harus membaca sebuah thread karena setiap tweets memberikan jeda penggunanya untuk membaca peristiwa demi peristiwa.
Twitter juga dianggap memberikan kebebasan berekspresi karena dianggap sebagai diary yang bisa digunakan untuk mengutarakan perasaan tanpa perlu memperlihatkan diri sendiri.

Sebagai seorang pengguna twitter yang lumayan aktif. Saya rasa sebelum pandemi twitter juga sudah banyak yang menggunakan. Tapi, memang benar banyak orang yang menggunakan twitter lagi karena efek pandemi ini. Menurut saya twitter ini cukup bagus untuk digunakan karena biasanya twitter memiliki berita yang lebih up to date daripada sumber berita terpecaya seperti koran dan media sosial lainnya. Banyak juga artis yang lebih ramah saat berbicara dengan penggunanya di twitter. Bahkan banyak juga para ahli yang menggunakan twitter untuk mengutarakan pendapat dan berbagi ilmu.

Sebagian orang juga merasa bahwa menulis di twitter juga merupakan hal yang bisa menghilangkan stress dan rasa lelah. Meskipun Anda tidak memiliki pengikut sekalipun. Twitter juga menurut Saya sendiri merupakan media sosial yang yang benar-benar bisa mengekspresikan pengguna daripada medsos lain. Pengguna twitter sendiri kebanyakan lebih open minded dan lebih terpelajar daripada medsos lain wkwkwk. Yah meskpin juga ada yang toxic, hal ini memang sangat susah untuk dihindari.

Twitter merupakan media sosial berbasis teks serta memiliki demografi pengguna seperti pejabat, penulis, pelukis, dan bisa dikatakan terpelajar. Maka dari itu, ruang diskusi di twitter sangat digemari karena berdebat berbasis data, hingga muncul berbagai perspektif baru yang memperkaya pengetahuan. Twitter juga memempersilahkan pengguna nya untuk berdiskusi secara global. Seluruh pengguna dari berbagai penjuru dunia dengan bahasa inggris sebagai bahasa universal, dapat berdiskusi bersama. Selain itu, adapun konten komedi di twitter yang biasanya menjadi sumber dari berbagai media sosial lain.

Twitter menjadi salah satu platform sosial media yang digemari sekarang karena menurut saya di twitter berita-berita lebih ter-up-to-date. Twitter memang media yang dibentuk sebagai media yang salah satu fokusnya adalah berita. Berbeda dengan instagram yang fokus di media gambar ataupun video. Karena berita atau informasi lebih mudah didapatkan di Twitter maka media ini menjadi populer sekarang. Ditambah dengan akun-akun yang memberitakan hingga ke hal-hal yang pribadi misalnya membuat thread curhat permasalahan atau tips-tips seputar kehidupan.

Pandemi memang menjadi salah satu faktor masyarakat menggunakan Twitter. Karena Pandemi memaksa kita untuk berkomunikasi secara daring atau digital. Selain itu, berita-berita juga lebih cepat bermunculan mengenai pandemi di twitter.

Saya adalah pengguna twitter dari tahun 2013. Alasan saya menggunakan twitter ketika itu adalah karena platform ini digunakan oleh banyak teman saya. Sehingga saya memilih untuk membuatnya agar tetap terhubung dengan mereka. Alasan sekarang, karena melalui platform Twitter saya lebih cepat mengetahui informasi atau berita yang sedang terjadi. Selain itu, konten-konten di Twitter juga terkadang menghibur apalagi ditambah dengan reply/komentar dari warganet di Twitter.

Menurut saya platform twitter merupakan tempat terbaik untuk menulis apa yang dirasakan atau apapun yang ingin diungkapkan entah itu kalimat yang penting maupun tidak penting. Berbeda dengan media dosial yang lain, kebanyakan yang lain fokus pada foto dan video, twitter menyediakan ratusan karakter sehingga kita dapat menuliskan apapun hingga puas. Sekarang twitter yang muncul di bagian timeline kita tidak hanya berasal dari yang following saja tapi juga berdasarkan topik yanh disukai. itu merupakan beberapa alasan kenapa saya lebih suka twitter dari pada sosial media yang lainnya.