Mengapa Proses bertanya sangat Penting didalam Komunikasi?

Bertanya adalah meminta keterangan (penjelasan dan sebagainya)atau meminta supaya diberi tahu (tentang sesuatu).

Mengapa proses bertanya sangat penting didalam komunikasi ?

Mengajukan pertanyaan dengan baik merupakan landasan pembelajaran dan kehidupan. Ini adalah latihan yang kita gunakan setiap hari.

Begitu banyak keberhasilan dalam hidup kita bergantung pada bagaimana kita mengajukan pertanyaan yang tepat.

Di bidang pendidikan, manfaat mengajukan pertanyaan yang baik benar-benar tidak dapat diukur (tidak terbatas). Karena awal proses pendidikan adalah dengan “mempertanyakan sesuatu

Dengan bertanya akan memungkinkan kita untuk dapat mendefinisikan masalah dan harapan dengan jelas . Penelitian menjadi lebih produktif. Mereka memiliki komunikasi tim yang lebih baik. Selain itu, memungkinkan mereka untuk dapat melihat tantangan secara proaktif.

Mengapa proses bertanya sangat penting ?

Jawabannya adalah kita harus benar-benar memahami dampak ketika kita bertanya sebuah pertanyaan dengan baik.

Manfaat yang anda dapatkan ketika anda bertanya dengan baik antara lain :

  • Memupuk kemampuan berpikir kritis
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Meningkatkan kreativitas
  • Memperkuat hubungan / kemitraan
  • Membangun kepercayaan
  • Melatih ingatanmu
  • Mengembangkan kemampuan komunikasi lisan
  • Menddorong untuk berlatih mendengarkan dengan baik
  • Mendorong orang lain untuk bertanya
  • Membuat diskusi menjadi lebih hidup dan produktif
  • Membuka pikiran Anda terhadap pendapat / keyakinan orang lain
  • Melindungi Anda dari membuat kesalahan
  • Membuat pekerjaan menjadi lebih produktif
  • Membuat solusi menjadi lebih efektif
  • Membawa Anda ke penemuan baru
  • Membantu Anda membuat pilihan / keputusan yang lebih baik

Hal-hal tersebut diatas tidak akan anda dapatkan ketika anda tidak bertanya dengan baik, atau bahkan yang lebih parah, tidak pernah bertanya sama sekali. Selalu meningat bahwa proses bertanya merupakan hal yang penting merupakan modal awal untuk dapat bertanya dengan baik.

Anda membutuhkan jawaban yang tepat terkait dengan pertanyaan anda bukan ?
Anda tidak ingin mendapatkan jawaban yang menyesatkan bukan ?
Anda tidak ingin “bertengkar” dengan lawan bicara anda bukan ?

Jika jawaban pertanyaan diatas adalah YA, maka anda sudah mengetahui mengapa proses bertanya sangat penting dalam berkomunikasi.

Tidak sedikit orang mendapatkan informasi yang salah bukan karena jawaban yang diberikan oleh mereka salah, tetapi anda bertanya dengan cara yang salah.

Misalnya anda menanyakan kepada mereka pertanyaan-pertanyaan tertutup, dengan oilihan jawaban hanya ya dan tidak. Anda akan mendapatkan informasi yang sangat sedikit, yang kemungkinan besar berpotensi terjadinya salah paham.

Dan yang lebih buruk lagi, ketika anda bertanya dengan cara yang tidak baik, anda akan berakhir pada “situasi yang sangat tidak menyenangkan”.

Misalnya anda bertanya kepada seseorang ketika mereka dalam kondisi tertekan. Bukan jawaban yang anda dapat, tetapi malah caci maki atau omelan-omelan yang tidak ingin anda dengar.

Atau, ketika anda bertanya hal-hal yang dapat menyinggung pribadi mereka atau dengan cara-cara yang menurut mereka tidak sopan, hal itu akan berakibat fatal terhadap proses komunikasi yang ada.