Mengapa kita sering tidak percaya diri? Bagaimana dengan self-improvement tersebut?

percaya diri

Sering sekali kita tidak percaya diri, atau mungkin karena kita merasa kita jelek, tidak pintar, tidak seperti teman-teman kita yang pandai berbicara di depan umum, yang kepercayaan dirinya sangat tinggi.

Bagaimana pendapat kalian?

5 Likes

Ok kak,sebelum itu, tolong ya kak artikel saya juga dikomentari, agar kita bisa berdiskusi. Ok dari pernyataan kakak atau judul artikel kakak itu mengenai " mengapa kita sering tidak percaya diri?. Bagaimana dengan self improvement tersebut?.".

Ok dari judul ini aku beropini ya kak. Kenapa seseorang itu tidak percaya diri.

  1. Dia tidak percaya akan kemampuannya.
    Saya rasa semua manusia Itu berbakat dan hebat semua. Tidak ada yg tidak hebat, krn Tuhan itu maha baik dan pembenar,dia menciptakan semua manusia itu memiliki bakat yg berbeda beda. Dan bakat itu diberikan Tuhan agar kita gunakan di dunia ini untuk diri kita sendiri,ataupun orang lain.

  2. Tidak ada yg memotivasi.
    Kita manusia ini memang sangat perluh motivasi dari teman,sahabat,guru dan orang tua kita sendiri. Jika kita tidak diberikan motivasi ,tentu membuat kita malas,lesu,tidak semangat lagi dalam melakukan kegiatan ataupun mengembangkan bakat kita, krn tidak ada motivasi. Sehingga krn kekurangan motivasi itu ,kelamaan kelamaan pun rasa percaya diri ny kurang,krn tidak ada yg mendukung ny atas prestasi yg dia lakukan.

  3. Akibat pembullyan.
    Nah kita tau,skrg zaman ini sudah dipebuhi oleh org org pembully. Dan org pembully itu tidak bisa luput dengan nama ny pengejekan dan kekerasa fisik… jika seseorang membully 1 org. Ok pertama tama dia mungkin tidak tertekan mental dan tidak depresi. Tapi jika terus menerus dibully??. SYa merasa di akan tertekan batin nya,krn tertekan banti ny tersebut. Dia akan tidak percaya diri lagi berkat pembullyan tersebut.

  4. Akibat omongan orang.
    Omongan org juga bisa menjadi penentu tingkat kepercayaan seseorang.

Ok kak itu pendapat saya. Tolong kak,artikel saya juga dikomentari dan diskusikan

:+1:t2:.

3 Likes

Baik…
Terimakasih kak atas masukan dari kakak,
Yaa semua yang kakak katakan sungguh sangat benar dan masuk akal. Pada diri saya sendiri, saya sering tidak percaya diri Dan sering minder, Karena saya tidak bisa seperti teman-teman saya yang lain, mereka pintar, bisa dapat beasiswa, saya sering berpikir, mengapa saya tidak seberuntung mereka. Tapi terkadang rasa percaya itu hilang Karena Ada dukungan/motivasi dari sahabat-sahabat saya. Oleh Karena itu seperti yang kakak katakan tadi, memang motivasi sangatlah penting😊 Terimakasih atas masukan kakak

2 Likes

Rasa tidak percaya diri didapatkan ketika kita tidak mengenali diri kita sendiri, selalu merasa bahwa kita tidak memiliki keahlian apa-apa. Padahal sebenarnya kita tidaklah selalu seperti apa yang kita pikirkan.
Menurut saya, semua manusia dilahirkan dengan potensinya masing-masing dan itu adalah hadiah Allah untuk kita. Pertanyaannya kita apakan potensi ini? seberapa besar usaha kita untuk menguatkan dan mengembangkan potensi itu?

Teruslah berusaha,ya. Orang-orang yang terlihat hebat dimata kita adalah orang-orang yang mungkin saja sudah melewati proses panjang untuk itu, kitapun pasti bisa seperti mereka. Semangat!

Pesan saya : jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain, kamu tidak perlu menjadi orang lain, karena kamu hanya perlu menjadi diri kamu sendiri

2 Likes

Baik, sebenarnya ada beberapa faktor mengapa seseorang tidak percaya diri. Dari faktor internal, seseorang tidak percaya diri karena kurangnya motivasi dan kurangnya self-awareness. Dari faktor eksternal, seseorang tidak percaya diri karena diremehkan oleh orang lain.

Bagaimana untuk mengatasi hal tersebut demi perkembangan diri (self-improvement) yang lebih baik?

Jawabannya ialah tergantung pada faktornya. Ini beberapa tips dari saya. Jika hambatan tersebut berasal dari internal, maka cobalah untuk memperbaiki mindset dan menanamkan self-concept yang positif terhadap diri kita. Self-concept adalah cara kita memandang diri kita. Dengan kita memandang bahwa kita bisa, maka sejatinya diri kita akan berusaha untuk merealisasikan konsep diri yang sudah kita anut. Ketika kita merasa bisa dalam merealisasikannya, maka tidak ada alasan untuk tidak percaya diri. Kita harus percaya bahwa kegagalan bersifat “wajib” di dalam proses hidup. Maka tidak ada salahnya percaya diri dalam menghadapi apa yang ada di depan. Selain itu, orang-orang kerap kali tidak percaya diri karena malu dengan pandangan orang lain. Padahal, kita sendiripun tidak sepeduli itu dengan apa yang dilakukan dan dijalani oleh orang lain. Begitupun sebaliknya pandangan orang lain terhadap proses hidup kita. Terkadang kita terlalu tidak percaya diri karena kita terlalu percaya diri bahwa orang lain memperhatikan kita sebegitunya.

Jika kita tidak percaya diri karena omongan orang lain, maka carilah lingkungan yang positif yang mampu mendukung perkembangan kita. Cari lingkungan yang supportif. Tutup telinga dan jangan biarkan cacian orang lain mempengaruhi perjalanan hidup kita. Buktikan dan percaya bahwa kita bisa lakukan apa yang menurut mereka tidak bisa.

Jangan lupa untuk selalu bersyukur dan memaksimalkan apa yang bisa dikendalikan. Fokus terhadap apa yang menjadi kelebihan kita dan apa yang bisa dikendalikan.

3 Likes

Terimakasih untuk masukan kakak yang sangat membukakan hati dan pikiran :hugs:
Ya benar kak,ternyata sesungguhnya Kita tidak bisa membandingkan diri Kita dengan orang , Karena Tuhan menciptakan Kita dengan potensinya masing-masing. Jadi Kita harus tetap percaya diri. Be your self. JADILAH dirimu sendiri​:blush::blush::innocent:

Terimakasih untuk masukan nya kak🤗
Benar sekali kak, Kita harus tetap percaya diri walaupun Kita pernah gagal, bukan berarti kegagalan itu menjadi Sebuah ketakutan atau ketidakpercayaan diri bagi Kita. Akan tetapi Kita harus bangkit Dari kegagalan itu. Semangat buat Kita semua, Kita pasti bisa jika Kita mau berusaha Dan selalu tetap percaya diri :heart_eyes:

Sama-sama kak veronika! Kalau tidak keberatan, kunjungi artikelku juga ya untuk saling berdiskusi :hugs:

1 Like

Iya kak, semangat terus ya kak​:heart_eyes: Kita saling berdiskusi untuk menambah wawasan Kita masing-masing :hugs: berdiskusi itu sangat enak ya kak​:blush: saling bertukar pikiran, mungkin setiap orang Ada Yang pendapat nya berbeda, akan tetapi melalui diskusi ini, setiap perbedaan bisa Kita satukan semua nya menjadi seia sekata​:heart_eyes:

1 Like

Halo kak! jangan lupa untuk berkomentar di topik yang aku tulis juga ya? akan aku back kok.

Percaya diri adalah tingkat bagaimana kita mengandalkan diri kita dengan semua yang kita milikki. Tentunya, suatu rasa ada fase dimana akan naik dan turun. banyak faktor untuk itu juga, contohnya saja mood kita sehari-hari dapat memengaruhi tingkat kepercayaan diri kita. tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. kita hanya perlu mempertajam dan menonjolkan kelebihan kita untuk menutupi kelemahan kita agar mencapai hal yang kita inginkan

bagaimana kita dapat memandang kelebihan yang kita miliki diatas orang lain merupakan bentuk untuk mengasah tingkat kepercayaan diri kita. dalam batasan percaya diri tidak sampai dalam fase sombong diri. kita juga bisa mengatakan pada diri kita bahwa setiap orang tidak perlu menjadi sempurna.

1 Like


hai kak, jangan lupa berkomentar di artikel saya juga ya

1 Like

Jadi basic problem yg kita ulas adalah bagaimana self improvement menjadi kan kita lebih percaya diri.

Seperti yang kita ketahui bahwa self improvement merupakan perbaikan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Nah sekarang bagaimana cara kita memperbaiki diri agar bisa menjadi pribadi yang percaya diri, tentu saja bisa dimulai dengan memahami diri jika kita sudah cukup mampu dalam memahami diri kita akan bisa leluasa bergerak lebih percaya diri.
Contohnya, ketika kamu merasa kurang pintar kamu harus bisa memberikan pemahaman terhadap dirimu, semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing bukan? Nah ketika kamu mengenali dirimu mungkin kamu dapat unggul dalam bidang lain sehingga itu akan menjadikan dirimu lebih percaya diri.

1 Like

Baik Kak, Terimakasih kak untuk masukan nya😊 sangat betul kak, bahwa tidak Ada Yang sempurna didunia ini. Jadi Yang Kita lakukan harus tetap percaya diri, jangan mudah insecure Karena Tuhan menciptakan manusia berbeda dengan kelebihan atau kekurangan masing masing😇

Baik, menurut saya rasa tidak percaya diri sebagian besar terjadi karena “takut salah”. Seperti contoh, saat kita hendak presentasi tapi tidak percaya diri untuk menjelaskannya karena takut salah menjelaskan. Tidak percaya diri juga terjadi karena kurang peduli. Karena pada dasarnya ketika kita peduli akan suatu hal seharusnya kita bisa menampilkan yang terbaik tanpa rasa ketidak percaya dirian. Dan yang terakhir, tidak percaya diri menurut saya juga timbul dari kurangnya motivasi. Ketika suatu masyarakat ingin menampilkan suatu hal, mereka cenderung berfikir negatif atau minder karena pendapat orang lain akan hal itu ialah “sulit” sehingga masyarakat pun ikut memikirkan hal yang negatif dan akhirnya cenderung pesimis. Lantas, bagaimana kita menyikapinya? Bagaimana kita mengembangkan diri kita? Tentu yang pertama yakin lalu peduli dan berdoa. Kita manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jangan pernah takut untuk mencoba. Selalu ada jalan untuk kita yang optimis dan pasti jalan itu akan dimudahkan. Jangan lupa berdoa, serahkan segala kegaruan kita kepda Tuhan. Percayalah, jika kita sudah usaha yang terbaik maka usaha kita tidak akan pernah sia-sia. Tuhan akan selalu membukakan jalannya bagi umatnya yang setia kepadanya. Sekian dari saya, terimakasih. Jangan lupa mampir di lapak ku ya kak! :slight_smile:

1 Like

Terimakasih untuk masukan nya kak.
Sangat bagus kak…
Benar sekali kak, Kita manusia mempunyai kelebihan Dan kekurangan masing-masing. Yang Kita lakukan harus tetap percaya diri, berusaha Yang terbaik, maka Tuhan akan membukakan jalan bagi Kita🤗

Baik Kak, Terimakasih Buat masukan nya kak.
Benar sekali kak, jika misal nya Kita merasa kurang pintar Kita harus dapat memberikan pemahaman terhadap diri Kita masing-masing. Karena semua orang mempunyai kelebihan Dan kekurangan masing-masing,. Jadi ketika Kita telah memahami diri Kita, maka Kita dapat memahami Kita unggul dibagian mana, Dan itu akan membuat Kita semakin percaya diri. Sangat bagus kak
Terimakasih Banyak kak

Kalo menurut kakak, mengapa Banyak orang Yang masih saja merasa insecure, sedangkan Kita tahu bahwasanya dia berasal Dari keluarga Yang berada atau bahkan Kita lihat dia orang nya pintar?

Ketidak percayaan diri merupakan hal yang cukup wajar dalam setiap orang.
Bahasa trend nya saat ini " insecure"
Bisa terjadi karena merasa belum menjadi apa-apa, membandingkan diri dengan orang lain, dan lain-lain.
Hal itu sangat lah wajar.Namun ada baiknya kita mencoba sedikit-demi sedikit mecoba keluar dari permasalahan tersebut.
Stop membandingkan diri dengan orang lain.Kau adalah kau.
Kita ini punya waktu sukses yang berbeda-beda
Istilah pepatahnya “tidak semua bunga mekar pada waktu yang sama”
Sukses itu adalah milik semua orang asalkan kita terus berjuang, pantang menyerah
Jadilah diri sendiri
#semangatmenolakmenyerah
Demikian pendapat saya, mari kita saling berdiskusi juga di artikel saya Bagaimana pendapatmu mengenai “inspirasi” sebagai salah satu katalisator Self-Improvement ? Apakah sudah tepat? Ditunggu kehadirannya.

1 Like

Kalau menurut pendapat saya itu merupakan masalah yang sering saya alami sih karena banyak orang bahkan teman saya memandang saya itu cuma dari depannya aja padahal dari dalam hatinya tidak dipandang

Namun saya pun menghadapinya dengan lapang dada dan tidak dipikirkan dengan serius karena buat apa sesuatu hal yang sepele yang tidak ada gunanya sama sekali kita pikirkan sampai kita strees karena dengerin bicara orang lain

itu sih pendapatku

1 Like

Terimakasih banyak kak atas masukan nya…
Setuju kak…
Jangan lah kita membandingkan diri kita dengan orang lain, karena kita diciptakan Tuhan dengan potensi yang berbeda.
Be your self (jadilah dirimu sendiri)
.
Terimakasih kakak :hugs: