Lebih Efektif Manakah Mengerjakan Tugas Secara Individu atau Berkelompok?

Untitled-7

Seorang mahasiwa pasti tidak luput dengan yang namanya “tugas”. Dengan mengerjakan tugas, mahasiswa diharapakan untuk memperoleh informasi baru dan juga memperdalam materi yang sudah diberikan oleh dosen. Terlebih lagi dengan kondisi seperti sekarang yang meharuskan mahasiswa untuk melakukan aktivitas kuliah secara daring, banyak dosen yang memberikan tugas 2x lipat lebih banyak dari pada biasanya. Tak jarang juga dari mereka menawakan kepada mahasiswa untuk mengerjakan tugasnya secara individu maupun kelompok.

Nah menurut Youdics, manakah yang lebih efektif, mengerjakan tugas secara individu atau berkelompok? Berikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Image Source

https://unsplash.com/photos/Lks7vei-eAg

3 Likes

Tim tugas individu!

Saya rasa tugas individu ini lebih efektif dari segi apapun. Pertama, dari segi waktu, akan lebih cepat untuk mengerjakan tugas individu dibandingkan dengan tugas kelompok yang memerlukan koordinasi dulu. Kedua, tugas kelompok biasanya kita hanya mengerjakan bagian yang sudah ditentukan, sedangkan tugas individu harus dikerjakan secara menyeluruh semuanya, sehingga lebih efektif mendapatkan ilmu melalui tugas individu. Ketiga, ide lebih banyak dikeluarkan lewat tugas individu karena itu merupakan tanggung jawab sendiri, dan tanpa harus mendiskusikan dengan orang lain. Keempat, apresiasi juga bisa didapat dan dirasakan secara individu, tidak akan merasa hal yang tidak adil atas pencapaian bersama, misalnya satu anggota yang tidak terlalu banyak berkontribusi tapi ikut mendapatkan apresiasi.

Sebenarnya, sebagai mahasiswa dibutuhkan juga kemampuan untuk bekerja sebagai kelompok, tapi menurutku tidak akan efektif jika anggota kelompok terlalu banyak dan tidak saling mengenal. Menurutku, paling ideal adalh 2-3 orang dalam satu kelompok.

2 Likes

Yuhuuu setuju banget hehe. Aku lebih suka jika mengerjakan tugas secara individu. Karena kalau individu, kita tidak perlu berlama lama untuk mengumpulkan ide, suara, pendapat, menyamakan persepsi, dll. Semakin banyak orang yang mengerjakan tugas tersebut, aku rasa semakin tidak efektif. Terlebih lagi ketika ada teman yang sulit sekali diajak berdiskusi, atau bahkan tidak mau ikut dalam pengerjaan tugas. Pasti kita ngerasa jengkel dan akhirnya mau tidak mau ya dikerjakan sendiri. So, daripada membuang waktu terlalu lama, lebih baik kita mengerjakan secara individu, kalaupun memamng harus dikerjakan secara berkelompok harus memiliki strategi yang baik agar semua anggota memikul beban dan tanggung jawab yang sama. CMIIW

1 Like

Menurut saya jika dikerjakan sama-sama serius, saya rasa mengerjakan dengan kelompok akan lebih cepat selesai dan mudah, karena dengan kelompok kita juka dapat bertukar pikiran sehingga tugas akan terasa mudah dan lebuh efektif.

1 Like

Menurut saya itu tergantung dengan bagaimana model tugasnya sendiri. Beberapa tugas memang lebih mudah jika dikerjakaan secara bersama. Dengan kerja kelompok, diharapkan ada pembagian tugas yang meringankan bebas masing-masing anggota. Pengerjaan tugas secara kelompok juga memungkinkan terjadinya diskusi. Tetapi, ada juga tugas-tugas yang justru lebih efektif dikerjakan sendiri. Mengerjakan tugas sendiri kita tidak perlu mengandalkan kerja orang lain dan lebih bisa menyesuaikan model pengerjaan yang membuat kita nyaman. Saya sendiri termasuk orang yang cenderung menyukai tugas yang dikerjakan secara individu, namun kadang saya juga bersyukur ada teman yang bisa membantu mengerjakan tugas bersama-sama.

1 Like

Perlu dibedakan dulu, tugas yang diberikan memang sifatnya individu tapi dikerjakan bareng temen temen secara berkelompok atau memang tugas yang sifatnya kelompok dan dikerjakan sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan. Sejatinya apabila suatu kelompok mau dan mampu berkomitmen dan mengesampingkan urusan lain akna lebih seru dikerjakan secara berkelompok maupun secara kelompok. Dengan begitu, kita ada lawan untuk diajak berdiskusi dan memecahkan masalah yang dihadapi dari berbagai sudut pandang, sehingga akan didapatkan kesimpulan yang bisa dijadikan jawaban terbaik dari soal yang dikerjakan. Tapi ketika dalam kelompok isinya cuman main hp, gosip, dan kegiatan tidak berguna lainnya, kerjakan secara individu adalah jalan terbaik wkwk. Daripada membuang waktu secara percuma.

1 Like

Menurut saya, semua bentuk tugas itu efektif karena tugas diberikan untuk melatih skill mahasiswa misalnya tentang time management, mengelola emosi, efikasi diri, dllnya. Dengan adanya tugas mahasiswa dituntut untuk belajar dan terus menggunakan fungsi otak sehingga dilatih dalam berpikir kritis. Untuk bentuk pemberian tugas individu mahasiswa diajarkan dan dilatih untuk mampu menyelesaikan permasalahan secara mandiri sedangkan kelompok mahasiswa diajari dan dilatih untuk dapat berdiskusi, bertukar pendapat, dan membuat keputusan dari beberapa pendapat yang ada. Jadi, menurutku kedua bentuk tugas itu sama-sama efektif dan penting untuk diberikan pada mahasiswa, walaupun sebagaian mahasiswa tentu ada yang lebih memilih kelompok atau bahkan ada yang lebih memilih individu. Hal itu terjadi karena adanya pengaruh kepribadian masing-masing mahasiswa dan kondisi lingkungan sekitar, tetapi dengan keseimbangan 2 bentuk tugas itu akan melatih dan mengembangkan skill mahasiswa.

1 Like

menurut aku tugas kelompok itu lebih efektif jika setiap anggota kelompok sadar akan tugasnya masing-masing dan mau diajak kolaborasi. Why? Jika tugasnya banyak, setiap kelompok pasti akan membagi-bagi tugasnya dan itu akan terselesaikan dengan cepat dan tentunya tugas yang dikerjakan oleh setiap anggota kelompok itu tidak terlalu berat. Jika anggota kelompoknya tidak mau diajak kerjasama pasti akan repot nantinya sehingga sama saja dengan mengerjakan tugas individu. Mengerjakan tugas kelompok ini juga akan dipakai di dunia kerja, jadi yang dibutuhkan adalah kekompakan, kerjasama, dan kesadaran akan tugasnya masing-masing.

1 Like

Iya saya setuju harusnya dibedakan dulu apakah itu memang tugas individu atau tugas kelompok. Memang kalau tugas individu itu yang paling efektif menurut saya karena ya tugas sendiri ngerjain juga sendiri dan cepat selesai sih kalau itu tugas individu. Sedangkan tugas kelompok itu kadang setiap anggota kelompoknya gak bisa ikut kerja kelompok semua karena satu dan lain hal jadi banyak pekerjaan yang biasanya tertunda. Atau pernah ada kasus yang saya alami ketika tugas kelompok malah silih menunggu jadi jika tidak saya ajak kerja kelompok ya mereka diam saja tidak ada inisiatif. Jadi saya sering mengerjakan tugas kelompok juga individu sih takutnya gak keburu kerja kelompok. Tapi kalau anggota kelompoknya bertanggung jawab semua dan mau bekerja itu lebih efektif sih karena kerjasama.

1 Like

Jika ditanya efektif mana, jawabannya tergantung. Tiap tugas pasti ada porsi nya masing-masing, adda yang memang ditujukan untuk perorangan dan ada juga yang membutuhkan diskusi dari beberapa sudut pandang dan pokok bahasannya banyak yang tentu jika dikerjakan sendiri akan membuat kesulitan.

Saya sendiri tim tugas individu untuk beberapa situasi dan kondisi, karena menurut saya dengan tugas individu kita bebas mengekspresikan apa yang ingin kita kemukakan atau sampaikan di jawaban, dan tidak harus berdiskusi panjang menemukan jalan tengah yang terkadang cukup lama apalagi disaat online seperti ini, banyak tim kelompok yang hilang-hilangan tidak ada kabar atau bahkan sengaja menghilang kabur dari tanggung jawab.

Tugas individu itu efektif untuk kamu yang rajin dan nggak suka kalo harus mengerjakannya dengan menunggu teman-teman lain dan tidak akan ada perdebatan dan kamu bisa mengerjakannya kapanpun kamu mau. Tapi, bukan berarti tugas kelompok tidak efektif, jika tim kelompok bisa dan mau diajak kerjasama, semua akan terasa sangat ringan dan efektif. Beluum lagi kita bisa silaturahim dan jadi lebih dekat sama teman-teman karena sering berkumpul buat mengerjakan tugas. Selain itu, kamu juga bisa saling bertukar pikiran dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dalam tugasmu itu.

kalau untuk efektif sepertinya lebih enak tugas secara individu karena kita yang memikirkan semua konsep ide dari A sampai Z, sehingga kita paham banget dengan output tugas tersebut. Tetapi kalau ditanya efisien yang mana? saya pilih tugas kelompok, karena bisa lebih cepat diselesaikan.

Menurutku efektif ngerjain tugas berkelompok. Banyak yang bilang tergantung jenis tugasnya, menurutku semua tugas lebih efektif jika dikerjakan secara berkelompok, alasannya hanya satu, yaitu karena lebih banyak orang lebih gampang. Misalnya diberi tugas individu, jika dikerjakan sendiri kan kadang buntu kadang kesulitan karena otak tidak sampai atau kurangnya memahami materi, nah bagaimana jika tugas individu itu dikerjakan secara berkelompok, pastinya akan ada banyak ide atau jawaban yang ngga terpikirkan oleh kita jika dikerjakan secara individu, lebih gampang dan lebih banyak variasi jawaban karena berkelompok bisa lebih dari dua orang.

menurut saya lebih efektif mengerjakan tugas secara kelompok. Mengerjakan tugas berkelompok memudahkan kita jika ketemu soal yang susah atau tidak paham kita bisa bertanya langsung ke teman. saya tipe orang yang kalau belajar atau mengerjakan tugas secara individu malah bikin saya tambah pusing. saya sering mengerjakan tugas berkelompok dengan teman-teman saya. itu lebih efektif dari pada mengerjakan dengan individu. mengerjakan tugas berkelompok tidak memakan waktu lama.

Keduanya sama-sama efektif jika dilakukan dengan visi dan misi yang sama; yaitu ingin segera selesai dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Tugas individu bisa menjadi efektif karena tidak akan ada banyak waktu yang terbuang sia-sia dengan terlalu lama menunggu si A, si B, atau si C. semua bisa dilakukan sendiri dan diri sendiri juga yang memutuskan ingin membuat dengan konsep dan ide yang seperti apa, tidak ada yang namanya tidak enak atau voting suara untuk memutuskan sesuatu. Dalam segi waktu, tugas individu menurut saya lebih efektif.

Tetapi, tugas kelompok juga bisa menjadi efektif jika semua anggota kelompoknya dapat diajak untuk kooperatif dan bertanggungjawab dengan masing-masing bagian tugasnya dan lagi tugas kelompok akan menjadi lebih efektif dan muda karena adanya diskusi terlebih dahulu terkait materi yang akan dikerjakan, akan menjadi nilai tambah ketika ada salah satu anak dalam anggota kelompok yang memang sudah menguasai materi tersebut, sehingga ada yang namanya transfer ilmu dan anggota yang lainpun bisa mendapatkan tambahan pengetahuan.

Jadi, diantara kedua itu mana yang paling efektif? Menurut saya kembali tergantung dengan jenis tugas dan anggota kelompoknya.

Menurut saya pribadi lebih memilih mengerjakan secara individu, karena dengan berkelompok belum tentu bisa tepat waktu atau terkadang malah terjadi tungu tunggu-an, tidak semua namun ada. dengan mengerjakan secara individu lebih mempersingkat waktu dan bisa lebih fokus dala mengerjakan.
Tapi menurut saya juga mengerjakan tugas secara berkelompok bisa efektif jika dalam kelombok tersebut sama sama aktif dan kerjasama. karena fungsi dari tugas kelompok sendiri juga agar bisa saling tukar pikiran.

itu semua tergantung pada warna karakter seseorang. jika orang itu memiliki warna karakter kuning yang lebih aktif pada tindakan, banyak bicara dan berdiskusi maka ia senang mengerjakan tugas secara berkelompok. jika warna karakternya adalah hijau ia lebih senang mengerjakan tugas secara pribadi karena dengan mengerjakan tugas secara pribadi menrutunya lebih efektif dengan padangan dan pikiran yang ia berikan.
kita juga tidak bisa memaksakan seseorang untuk harus bekerja secara berkelompok, namun yang namanya pekerja selalu mengerjakan tugas dengan berkelompok walaupun memiliki tupoksi yang ebrbeda setiap individu. tapi, untuk memajukan suatu perusahaan tentu saja memerlukan kerjasama yang baik antar pekerja dengan banyak diskusi ataupun rapat. perusahaan yang besar tidak dijalankan oleh seorang, tapi banyak kelompok yang bergerak.
namun, dimasa-masa kuliah kerja kelompok lebih sering dimanfaatkan untuk hal yang tidak bermanfaat atau hanya beberapa saja yang mengerjakannya yang lain hanya menitipkan nama itulah mengapa kebanyak teman-teman diatas menjawab tugas secara individu. kerja kelompok yang seperti ini terjadi karena terbentuknya anggota kelompok dengan anggota-anggota yang memiliki tujuan berbeda dalam pengerjaan tugas kelompok. jadi, pilihlah teman yang tepat untuk mengerjakan tugas secara berkelompok.

Kalau aku sendiri merasa kalau mengerjakan tugas kelompok lebih efektif karena dengan membagi-bagi tugas itu akan lebih cepat selesai dibandingkan dikerjakan secara individu. Selain itu, mengerjakan tugas secara berkelompok juga dapat melatih skill untuk berpikir lebih kritis dan lebih luas karena pasti setiap anggota kelompok memiliki pandangan yang berbeda-beda sehingga itu akan dapat sangat membantu dalam pengerjaan tugasnya. Memang terdapat hambatan jika tugas dilakukan secara berkelompok seperti anggota yang tidak mau diajak kerjasama dan egois atau jadi tunggu tungguan tapi menurutku mengerjakan tugas secara berkelompok tetap efektif. Berkelompok juga dapat membantu melatih kerjasama tim yang mana hal tersebut akan sangat berguna ketika digunakan dalam dunia kerja

Kalau mengenai pengerjaan tugas, saya sendiri masih fifty fifty. Kita perlu melihat terlebih dahulu mengenai bobot tugasnya untuk kelompok atau individu. Kalau bobot tugas tersebut untuk tugas kelompok, maka lebih efektif mengerjakan dengan kelompok tentu saja. Nah, keefektifan ini juga didasari pada beberapa hal, seperti kesadaran setiap anggota kelompok dalam mengerjakan tugas kelompok, membangun relasi antar kelompok agar mudah untuk mengerjakan tugas, serta kerja sama yang hadir dalam kelompok tersebut. Kerja kelompok tersebut dapat menjadi tidak efektif karena beberapa hal juga, seperti tidak adanya kesadaran sebagai bagian dari kelompok tugas, tidak mau ikut membantu mengerjakan tugas, dan berbagai hambatan lainnya. Apabila hambatan tersebut ditemui, maka individu lebih memilih untuk mengerjakannya secara individu saja.

Untuk tugas yang bobotnya dikerjakan secara individu, tentu saja akan lebih mudah dikerjakan sendiri. Melalui pengerjaan secara individu ini dapat sesuai dengan ide-ide pribadi mereka dalam tugas tersebut, pengerjaan sesuai dengan keinginan individu, serta tidak ada kejadian mengenai teman sekelompok yang tidak mau mengerjakan tugas bersama. Setiap pengerjaan, baik individu maupun kelompok memiliki keunggulan mereka masing-masing, tergantung bagaimana tugas tersebut.

Saya sependapat dengan Ashila, Tugas individu lebih efektif daripada tugas kelompok. Saya sering sekali merasa terhambat ketika mengerjakan tugas kelompok, apalagi jika anggota kelompoknya tidak bisa diajak bekerja sama dan malas mengerjakan tugas. Saya cenderung tidak pilih-pilih teman kelompok sehingga hal itu sering terjadi.

Tugas kelompok akan jauh lebih efektif jika adanya kerja sama yang baik dan ketepatan dalam mengerjakan tugas. Dengan begitu, beban dan tanggung jawab tugas pun dibagi sehingga tidak terlalu berat. Namun, hal ini jarang sekali saya temukan selama kuliah.

1 Like

Menurutku efektif tidaknya mengerjakan tugas baik secara individu atau berkelompok itu tergantung sih. Jika tugas yang diberikan merupakan tugas berkelompok otomatis proporsi tugasnya lebih banyak dan dikerjakan banyak orang, disini peran kerjasama semua orang dalam tim sangat penting. Ketika orang dalam kelompok tersebut sama-sama rajin maka tugas berkelompok efektif. Pun sama pada tugas individu, karena tugas yang diberikan merupakan tugas individu maka proporsi tugas biasanya lebih ringan daripada kelompok, maka usaha diri sendiri yang menentukan efektif tidaknya.