Lebih Efektif Manakah Mengerjakan Tugas Secara Individu atau Berkelompok?

Wah seru banget nih baca jawaban dari teman-teman di atas, terimakasih atas semua pendapatnya! Dari jawaban di atas, aku dapat tarik kesimpulan bahwa intinya ada yang lebih pilih mengerjakan tugas secara individu, ada yang lebih pilih berkelompok, dan ada juga yang bilang tergantung bentuk tugasnya gimana. Aku sependapat sama temen-temen, dimana pastinya mengerjakan tugas individu dan berkelompok ada plus-minusnya, dan hal tersebut juga udah disebutin di atas. Tapi untuk aku pribadi, aku lebih pilih untuk mengerjakan tugas secara individu, dan alasan utamanya adalah agar tidak perlu main tunggu-tungguan dengan orang lain.

Mengerjakan tugas secara individu maupun kelompok itu sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun, saya lebih suka mengerjakan tugas secara individu. Karena dengan begitu saya bisa mengerjakan tugas sesuka hati saya tanpa harus membuat janji dengan anggota kelompok yang pastinya memiliki waktu luang yang berbeda-beda. Jadi, tugas pun menjadi cepat selesainya.
Tapi, mengerjakan tugas secara kelompok juga dapat meringankan kita. Sebab semua tugas itu bisa kita bagi dengan anggota kelompok sehingga beban mengerjakan tiap individu tidak terlalu banyak. Namun menurut saya, hal ini hanya akan terjadi jika tiap anggota memiliki kesadaran akan tanggung jawab yang mereka punya. Soalnya terkadang, ada saja individu yang acuh dengan bagian tugasnya. Sehingga tugas tidak akan cepat selesai.
Jadi jika ditanya efektif mana mengerjakan tugas secara individu atau kelompok, maka tergantung bagaimana tugasnya juga. Jika tugas besar yang memang tidak memungkinkan untuk dikerjakan secara individu, maka memang jauh lebih efektif jika dikerjakan secara berkelompok.

Belajar sendirian itu bisa , buat ngelatih kecerdasan diri kita. Dalam hal ini yaitu kemampuan pemecahan masalah. Kalo belajar sendirian,bakal nyoba buat mecahin macem-macem permasalahan di hadepin pas belajar atau ngerjain tugas, bakal ngembangin berbagai macem cara pemecahan masalah yang mungkin aja bisa lebih efektif dan efisien untuk permasalahan tertentu, lalu mungkin juga bakal menggabungkan beberapa cara pemecahan tersebut untuk permasalahan yang lebih rumit.

Kelompok lebih cepat selesai! tetapi tergantung dari anggotanya kalau semua anggota bekerja sama dan bertanggung jawab jelas bekerja kelompok menjadi lebih efektif, beda cerita kalo anggota kelompoknya saling mengandalkan tugas ga selesai selesai jadinya

Sebenarnya, semua harus dilihat dari jenis tugas. Jika tugas berbentuk seperti project besar yang memang harus dikerjakan dan membutuhkan ide dari banyak orang, maka mengerjakan tugas secara berkelompok lebih efektif karena bisa berbagi tugas. Namun, seringkali yang terjadi adalah kurangnya kesadaran anggota kelompok untuk berkontribusi terhadap tugas kelompok sehingga pada akhirnya tugas yang harusnya dibagi-bagi berakhir dikerjakan oleh satu individu sehingga membebani. Memiliki teman sekelompok yang benar-benar asik dan mau ikut berdiskusi serta mengerjakan tugas menjadi harta karun tersendiri, sehingga jika menemukan orang seperti ini, tugas kelompok akan lebih menyenangkan dan ringan untuk dilakukan.

Antara mengerjakan tugas secara individu atau kelompok, saya tetap prefer mengerjakan secara individu karena tidak perlu susah-susah menunggu teman sekelompok, menyamakan jadwal untuk mengerjakan, menyamakan pemikiran dll. Namun, bekerja secara tim baik untuk melatih jiwa leadership.

Pada awalnya saya berpikir “lebih mudah mengerjakan tugas kelompok karena tugas menjadi tidak berat dan terbagi secara rata”, namun lama-kelamaan saya merasa dan sadar bahwa sebaik-sepintar apapun teman kelompokmu, lebih efektif jika mengerjakan tugas individu. Walaupun bisa dibilang “kalau memilih teman kelompok yang enak yang rajin dsb akan memudahkan tugas kelompok”, saya rasa pemikiran ini semakin hilang. Karena biarpun saya berkelompok dengan teman yang rajin (terutama saat tugas individu) dan pintar, individu bahkan diri kita memiliki kesibukan tersendiri serta adanya perilaku prokrastinasi (baik org lain maupun diri). Jadinya hasil dari tugas itu (kelompok) berjalan lambat.
Jadi, saya termasuk tim tugas individu.

Menurut saya lebih efektif sendiri, karena kalau berkelompok terkadang tidak semuanya ikut mengerjakan tugasnya. Jika tugas individu menurut saya tidak ada yang dirugikan dan tidak perlu ada perdebatan yang tidak perlu. Ada kalanya tugas berkelompok membuat ringan tetapi itu semua tergantung anggota di dalamnya. Ad orang yang hanya nebeng sama temennya dan ada juga yang rajin. Jadi terdapat plus minusnya, tapi saya tetap lebih suka tugas individu.

Tentu saja saya akan menjawab dengan tugas secara individu. Setelah menjalani kehidupan perkuliahan secara online selama beberapa saat, dengan tugas menumpuk dan tenggat waktu yang mepet, tentunya mengerjakan secara individu jauh lebih menguntungkan dan efisien.

Dengan mengerjakan tugas secara individu, keuntungan paling utama adalah tidak perlu menunggu orang lain untuk memutuskan sesuatu atau mengumpulkan tugas. Selain itu, mengerjakan tugas secara individu berarti kita bisa memaksimalkan jawaban kita atas tugas tersebut. Bentuk penyampaian informasi yang kita peroleh dan bagaimana kita mengemas tugas tersebut akan menjadi nilai akhir yang hanya dikhususkan untuk kita, tidak dibagi. Informasi dan ilmu baru diperoleh secara utuh, begitu pula dengan nilainya.

Menurut saya lebih efektif tugas individu karena terkadang guru maupun dosen sering sekali menilai kemampuan tugas seseorang dari individu nya. Sama halnya dengan tugas kelompok juga, ya memang dilakukan secara berkelompok namun akan selalu ada nilai plus yang berbeda dari kelompok tersebut. Untuk tugas sendiri juga saya lebih memilih tugas individu karena dengan begitu kita dapat menuangkan isi pemikiran kita, sekaligus dapat mempertanggungjawabkan hasil yang kita buat pada tugas individu tersebut.