Lampu Mati atau Lampu Nyala Waktu Tidur, Kalian Team Mana?

Tidur merupakan keadaan istirahat secara alami yang dialami oleh manusia, binatang, dan beberapa spesies lainnya. Tidur sangat penting untuk kesehatan. Manusia menghabiskan waktu sepertiganya dari hidupnya untuk tidur, tidur bukan karena kelelahan akan tetapi karena kebiasaan dan pola hidup. Manusia memiliki 2 periode kehidupan yaitu saat tidur dan saat bangun. Periode ini saling melengkapi untuk menyempurnakan proses yang terjadi dalam tubuh manusia.

Sesuai dengan pertanyaan, kalau dari aku team lampu nyala. Apabila, kalau aku tidur dengan lampu mati pasti aku bakal ketakutan dan memikirkan hal yang tidak seharusnya tidak perlu dipikirkan seperti melihat hantu atau lainnya.

Nah, Para Youdics team mana nih?

Referensi

Wikipedia. 2021. Tidur. Diakses pada tanggal 30 September 2021 pada link Tidur - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sepertinya aku akan masuk dalam kedua tim hehehe. Aku bisa tidur nyenyak dengan lampu menyala maupun mati. Kadang tergantung mood! :joy: Kadang juga tergantung situasi, seperti jika sedang banyak nyamuk, aku akan menghidupkan lampunya.

Tim tidur dengan mematikan lampu, berikut merupakan manfaat yang didapatkan ketika tidur dengan pencahayaan yang minim.

  1. Menjaga kualitas tidur
    Tidur di ruangan gelap mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa sudah waktunya untuk tidur. Dengan begitu, kualitas tidur Anda akan lebih baik. Mata dan tubuh akan selalu bereaksi terhadap cahaya dari pagi hingga malam dan kondisi gelap di malam hari.
  2. Kurangi depresi
    Sebuah studi baru-baru ini oleh Ohio State University National Sleep Foundation menemukan bahwa tidur di ruangan yang terang lebih mungkin menyebabkan depresi daripada tidur di ruangan yang gelap. Selanjutnya, gangguan tidur juga erat kaitannya dengan risiko depresi.
  3. Menjaga kesehatan mata dan kulit
    Seperti yang telah disebutkan, tidur dalam cahaya redup meningkatkan kualitas tidur. Ini bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit, bahkan di sekitar mata. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan pucat, serta kerutan akan muncul lebih cepat. Selain itu, kurang tidur dapat menyebabkan lingkaran hitam dan mata merah.
  4. Mendukung kesehatan reproduksi
    Paparan cahaya saat tidur di malam hari dapat mengganggu siklus menstruasi pada wanita. Paparan siklus tidur yang ringan dan tidak teratur dapat mempengaruhi kesuburan pada wanita dan pria dari waktu ke waktu.
  5. Mengurangi risiko obesitas
    Cahaya redup saat tidur di malam hari dapat memulihkan ritme fisik, seperti rencana makan. Orang yang tidur di kamar dengan cahaya terang cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi.

Referensi
Halodoc. (2020). Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur. Diakses pada Kamis, 30 September 2021 melalui, 5 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur

Kalau saya dengan keadaan lampu yang mati hehe. Pencahayaan yang terang dari lampu justru membuat saya kadang tidak bisa tidur dengan nyenyak. Ditambah lagi dengan pencahayaan yang membuat benda-benda di sekitar kamar akan mudah terlihat dan membuat fokus saya teralihkan dan malah menjadi sulit untuk tidur. Juga kamar saya yang terletak di bagian depan dan terhubung langsung dengan teras rumah, semakin mendorong saya untuk tidur dengan keadaan kamar yang gelap supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, sebenarnya saya fleksibel saja, mau tidur dengan keadaan kamar terang ataupun gelap, tidak begitu masalah untuk saya. Tapi jika ditanya yang mana, maka saya akan menjawab tim lampu mati karena hal itu yang sering saya lakukan.

Tim lampu mati saat tidur! saya benar-benar gak bisa tidur dengan lampu nyala, karena akan terasa silau dan panas. Lalu, jika terdapat situasi dimana harus tidur dengan adanya pencahayaan yang terang pasti akan membutuhkan waktu yang lama untuk tertidur lelap.

Mau lampu dinyalain atau dimatiin saya sih masih tetep bisa tidur, tapi kalo disuruh milih ya tim lampu dimatiin karena jadi lebih nyenyak tidurnya.

saya kebetulan masuk ke tim lampu mati. walaupun sebenarnya saya bisa tidur dengan lampu menyala, namun tidur dengan lampu mati lebih nyaman dan lebih membuat saya tidur lebih pulas. selain itu tidur dengan lampu mati juga akan memberikan dampak baik bagi kesehatan

Jika kebanyakan orang memilih untuk tidur dengan penerangan minim, justru saya sebaliknya. Entah kenapa, jika lampu kamar dimatikan saya merasa pengap sekali, sesak, dan merasa ada banyak makhluk yang memperhatikan dari sudut kamar saya. Mungkin pemikiran tersebut muncul karena sedari kecil suka banget nonton film bergenre horror sampai terbawa suasana. Yup, saya menyadari bahwa tidur dengan lampu menyala dapat mengganggu kesehatan. Bahkan membuat tagihan listrik rumah membengkak karna saya tidak pernah mematikan lampu di malam hari. Namun, jika tidak melakukan hal tersebut saya tidak akan bisa tidur sampai keesokan harinya. Berbeda halnya jika saya tidur dengan kakak/ ibu, saya bisa tidur dalam kondisi gelap.

Saya bisa tidur dalam dua kondisi tersebut. Lampu menyala ataupun mati. Tetapi, ada beberapa alasan yang saya terapkan dalam memilih tidur dengan lampu menyala ataupun mati. Jika saya berada di rumah, saya akan tidur dengan lampu mati atau bisa dengan lampu tidur tetapi ketika berada di tempat asing yang baru pertama dikunjungi dan posisinya sendirian, saya akan tidur dengan lampu menyala. tidak dapat dipungkiri bahwa tidur dengan lampu mati akan membuat tidur lwbih nyenyak dan berkualitas.

kalau menurut saya pribadi lebih suka saat lampu mati, karena lebih nyaman dan tidak silau. lain hal saat sedang kecapaian tidak peduli lampu menyala atau mati tetap bisa tidur :joy:

Saya pribadi ketika tidur harus mematikan lampu. Alasan saya mematikan lampu ketika saya tidur yang pertama adalah untuk meningkatkan kualitas tidur saya. Selain itu, dengan mematikan lampu saya lebih cepat merasa ngantuk atau lebih cepat tertidur dibandingkan tidak mematikan lampu. Awalnya memang merasa takut, tidur dengan lampu dimatikan. Namun, semakin kesini semakin terbiasa dengan hal tersebut dan justru merasa aneh atau kurang nyaman ketika tidur dengan lampu menyala.

Saya tim mati lampu! Karena tidur ketika lampu menyala itu tidak baik dan tidur jadi tidak nyenyak. Saya juga sudah dibiasakan sedari kecil ketika tidur mematikan lampu, walaupun dulu saya sangat takut gelap tapi saya akui jika tidur dengan lampu mati membuat tidur saya lebih nyenyak. Ketika tidur dengan mati lampu sangat banyak manfaatnya loh! salah satunya yaitu menjaga kualitas tidur. Jangan lupa untuk berdoa juga agar tidurnya tidak terganggu.

Kalau saya pribadi sebenarnya tim tidur lampu mati karena menurut saya tidur saya jauh lebih nyenyak ketimbang tidur ketika lampu menyala. Selain itu juga saya bisa menghemat listrik.

Kalau saya sendiri tidak begitu perduli, karena bisa tidak memiliki masalah dengan keduanya. Akan tetapi jika lampu mati itu tidur terasa lebih mudah dan nyenyak.

Karena terlalu banyak paparan cahaya sebelum tidur juga dapat mencegah kita mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jadi, sebaiknya matikan lampu Anda sebelum tidur untuk memberikan sinyal pada tubuh Anda bahwa ini adalah waktunya tidur.

Selain itu menjauhkan dari distraction yang kadang tu suka mengganggu keinginan tidur kita.

Saya pribadi tipe orang yang tidur dengan lampu mati, karena lebih tenang dan nyenyak. Selain itu juga jadi hemat listrik haha.

Lampu mati.

Aku cenderung ngga bisa tidur dengan lampu menyala, karena bikin silau mata dan akhirnya malah tidak bisa tidur. Dengan lampu nyala, rasanya seperti lebih tersorot ketika tidur, muka jelek ketika tidur malah jadi kelihatan jelas hehehe.

Selain itu, tidur dengan lampu mati juga memiliki banyak keuntungan kesehatan seperti yang sudah disebutkan kak @Nishaaa diatas.

Tim tidur dengan lampu dimatikan! Sebenarnya lampu mati atau menyala pun tetap bisa tidur dengan tenang. Hanya saja memang lebih merasa nyaman ketika tidur dalam keadaan gelap. Ketika lampu masih menyala, meski sudah menutup mata pun, masih terasa terang dan ada cahaya yang menyilaukan. Berbeda ketika keadaan gelap, sekeliling sunyi sehingga lebih mudah untuk terlelap.

Aku termasuk tim keduanya, aku bisa tidur dengan lampu menyala maupun lampu mati. Untuk saat ini, aku lebih sering tidur dengan keadaan lampu mati. Dulu aku tidur dengan lampu menyala dan sama seperti penulis, kalau lampu mati aku akan ketakutan dan mimpi buruk. Namun, coba pelan-pelan tidur dengan lampu mati, caranya dengan lampu tidur jadi tidak terlalu gelap maupun terlalu terang (jadinya remang-remang), hal ini bisa kamu coba untuk tips belajar tidur dengan lampu mati. Karena setauku tidur dengan lampu menyala tidak baik bagi kesehatan, karena otak merasa terang dan masih merasa ‘hari’ bukan malam, sehingga otak dan organ terus bekerja.

Team mati lampu dong. Sebab dengan tidur dalam keadaan mati lampu jauh lebih memberikan kesan hening bahkan dengan tidak adanya cahaya dari lampu yang menyilaukan mata, maka akan membuat mata menjadi rileks untuk beristirahat sejenak.

Aku lampu mati, karena lampu kamar itu terang banget dan emang sengaja buat aktivitas jadi kalo tidur lampu nyala itu berasa disuruh gaboleh tidur.