Bernarkah mahasiswa lulusan PTN lebih baik dari mahasiswa lulusan PTS?

hipwee-pexels-photo-267885-1

Memilih tempat kuliah memang bukan suatu hal yang mudah. Kamu harus memperhatikan aspek-aspek penting yang akan berdampak pada kehidupan perkuliahan nanti.
Dari biaya kuliah, fasilitas yang ditawarkan, kredibilitas pengajar, dan kenyamanan yang diberikan kampus untuk para mahasiswanya. Namun, tidak jarang juga status swasta atau negeri menjadi bahan pertimbangan siswa dalam memilih universitas. Memilih berkuliah di kampus swasta atau negeri memang masih menjadi momok siswa SMA kelas 12. Tidak dipungkiri, universitas negeri masih dipandang prestige oleh kebanyakan masyarakat. Namun di satu sisi, kredibilitas universitas swasta juga tidak kalah bersaing dengan universitas negeri. Hal ini membuat banyak opini yang mengatakan bahwa lulusan perguruan tinggi lebih baik daripada mahasiswa dari perguruan tinggi swasta. Apakah benar seperti itu?

Sangat tidak setuju. Kemampuan mahasiswa tidak bisa diukur dari mana mahasiswa itu menempuh pendidikan. Sebab mampu atau tidak, pantas atau tidak semua itu ditentukan oleh kemampuan pribadi dari individu tersebut. Dalam hal ini dimana pun seorang mahasiswa mengenyam pendidikan, baik PTN dan PTS itu hanyalah sebuah institusi untuk menggali ilmu bukan berarti lulusan dari PTN adalah lulusan terbaik dan sebaliknya. Semua kembali kepada individu masing-masing bagaimana, karena banyak juga mahasiswa yang lulusan dari PTS juga lebih unggul dalam skill dan pengalaman sendiri. Jadi kita tidak bisa mengeluarkan stigma mana yang baik. Tetapi, semua institusi maupun instansi pendidikan semuanya baik, semuanya punya cara dan target untuk memacu lulusan baik PTN dan PTS untuk terus mengasah dan menggali potensinya.

Ya, memang tidak dipungkiri bahwa banyak anak SMA yang berpikiran bahwa PTN meskipun bukan perguruan tinggi top three tetaplah baik dan lebih terjamin daripada berkuliah di PTS. Padahal nyatanya belum tentu benar, kecuali kalian adalah lulusan dari perguruan tinggi seperti UGM, UI, dan ITB. Kalau kalian dari perguruan tinggi yang Saya sebutkan diatas. Maka, benar bahwa kalian memiliki keunggulan dalam mencari kerja daripada lulusan PTN lain dan swasta yang tidak ternama. Tapi, kalau saingan kalian dari univ swasta ternama seperti BInus, Telkom, Trisakti, UPH, Gunadarma, LSPR, dll. Maka, lulusan PTN belum tentu juga sebaik lulusan PTS itu dan berlaku kebalikannya.

Memang benar, bahwa ketika kalian berkuliah di PTN, maka link kepada alumni lebih banyak karena banyak alumni yang cukup sukses saat berkuliah di PTN. Yang sangat berbeda dari berkuliah di PTS yang biasa saja. Tapi, semua itu kembali lagi kepada orangnya juga.