Benarkah Pasta Gigi bisa Mengobati Luka Bakar?

WhatsApp Image 2021-07-16 at 13.24.13

Hai Youdics!

Hampir setiap orang tentu pernah mengalami luka bakar ringan, misalnya terkena setrika, terpercik minyak panas saat memasak, atau terkena knalpot motor. Pernahkah kamu mengobati luka bakar tersebut dengan odol atau pasta gigi? Apakah menggunakan odol atau pasta gigi ampuh dalam menangani luka bakar ringan? Yuk bagikan pengalamanmu!

Sumber

Halodoc. (2020, 03 Maret). Bolehkah Mengobati Luka Bakar dengan Pasta Gigi?. Diakses pada 16 Juli 2021, dari Bolehkah Mengobati Luka Bakar dengan Pasta Gigi?.

Sumber Gambar: https://scalar.usc.edu/works/blogzone-2/why-are-burns-caused-and-how-can-we-best-treat-them

Sayangnya mengobati luka bakar dengan pasta gigi bukanlah Langkah yang efektif. Odol atau pasta gigi yang dipercaya bisa meringankan nyeri akibat luka bakar ternyata memiliki kandungan zat yang bisa membuat luka bakar menjadi lebih parah lho!. Hal tersebut karena, odol atau pasta gigi mengandung berbagai bahan kimia yang digunakan sebagai pemutih dan pengharum napas. Selain itu odol atau pasta gigi ialah untuk membersihkan gigi dan bukan untuk pengobatan, masih banyak cara lain dalam menyembuhkan luka bakar.

Tapi, kenapa banyak masyarakat yang masih ngolesin pasta gigi ke luka bakarnya? Padahal kan mereka pastinya tau kalo pasta gigi bukan obat buat luka bakar

Mungkin karena odol gampang dicarinya semua orang punya, dan kelamaan nahan sakitnya kalau harus ke apotik dulu beli salepnya.

walaupun gampang dicari, odol bukanlah cara ampuh untuk mengobati luka bakar. malahan bisa jadi memperparah luka bakar. langkah yang baik sebagai pertolongan pertama bisa dengan mengalirkan air ke luka bakar untuk mengurangi efek terbakar pada kulit