Benarkah Kita Semua Wajib Menjadi Feminis?

Hi, Youdics!

Kalian sadar gak sih kalau sekarang tingkat kesadaran masyarakat akan feminisme sudah semakin bertambah? Semakin banyak gerakan feminisme yang diadakan oleh perempuan dan untuk perempuan. Hal tersebut tentunya karena hingga saat ini perempuan masih menjadi korban utama dari sistem patriarki yang masih ada di kehidupan kita.

Buat Youdics yang mungkin belum tau, feminisme mengacu pada keyakinan bahwa perempuan harus memiliki hak, kekuasaan, kesempatan yang sama dengan laki-laki dan juga diperlakukan dengan cara yang sama. Menurut aku, bukan hanya perempuan yang butuh gerakan ini karena pada dasarnya feminisme bertujuan untuk memanusiakan semua gender secara utuh untuk mencapai keadilan dan kesetaraan.

Nah jadi menurut Youdics gimana nih, benarkah kita semua wajib menjadi feminis?

3 Likes

Menurut aku kita semua wajib menjadi feminis. Hal kecil yang dapat kita lakukan adalah berani menyuarakan atau speak up terhadap orang terdekat dimana tidak hanya laki-laki yang memiliki power dan kesempatan, tetapi perempuan pun juga. Hal tersebut dilakukan agar orang tidak sembarangan atau tidak berlaku seenaknya terhadap kita sebagai perempuan.

1 Like

Budaya patriarki yang cenderung menempatkan posisi laki-laki sebagai pemegang kekuasan yang lebih tinggi daripada perempuan dalam segala aspek ini harus dihilangkan. Dengan adanya gerakan feminisme ini dapat membantu untuk mengurangi budaya patriarki. Gerakan feminisme menjadi sangat penting karena masih banyak orang yang beranggapan bahwa laki-laki lebih berharga dari pada perempuan. Menurut aku gerakan feminisme ini tidak hanya dilakukan oleh perempuan saja melainkan seluruh masyarakat bisa melakukannya untuk mewujudkan kesetaraan gender di masa sekarang ini

1 Like

jika dilihat dari banyak kasus yang terjadi sepertinya kita harus menjadi bagian dari feminis. karena menjadi feminis kita ikut berjuang untuk membela sesama manusia terlebih wanita untuk mendapatkan hidup yang lebih adil tanpa ada garis atau aturan yang memberatkan wanita saja.

1 Like

Wah, setuju banget! Langkah kecil yang dimulai dari speak up ke orang-orang terdekat bisa menimbulkan dampak positif yang sangat besar sih menurutku.

Yups, feminisme tentunya ada untuk memberantas patriarki dan aku juga sependapat banget nih sama kamu. Semua orang bisa jadi feminis dan mendukung gerakan ini, karena pastinya gerakan ini membawa banyak dampak positif untuk kita semua. <3

Bener banget, masih banyak banget yang salah paham kalau feminis cuma untuk perempuan aja, feminis benci laki-laki, dan lain sebagainya. Padahal dengan gerakan ini kita memperjuangkan hak sesama manusia untuk setara dan menurut aku ketika kita mendukung kesetaraan tersebut kita udah termasuk sebagai feminis.