Belajar di pagi hari, siang hari, atau malam hari, manakah yang paling efektif?

belajar

  Belajar adalah salah satu kegiatan yang membutuhkan cara dan waktu yang tepat agar apa yang dipelajari bisa terserap oleh otak dengan baik. Cara belajar efektif bisa meningkatkan prestasi. Setiap orang memiliki gaya dan waktu belajar masing masing. Secara umum waktu belajar yang tepat dan efektif adalah ketika situasi lingkungan damai dan terhindar dari berbagai macam gangguan luar.
Nah menurut youdics, kapan sih waktu belajar yang efektif?

Waktu belajar yang paling saya senangi adalah diwaktu pagi hari. Karena otak berasa lebih fresh dan mood untuk belajar juga lagi naik-naiknya. Jadi saya lebih fokus belajar kalau pagi hari. Dan faktanya dibeberapa artikel yang saya temukan juga ada manfaatnya belajar di pagi hari

artikel

Mengenal Manfaat Belajar di Pagi dan Malam Hari - Pintaria Blog

Sebenarnya belajar dipagi hari adalah kegiatan yang cukup menyenangkan untuk dilakukan karena pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menerima ilmu baru. Cahaya di pagi hari juga bisa ngasih efek yang bagus biar kamu lebih fokus dalam belajar. Terlebih, pagi hari itu keadaan otak dan perasaan masih baik, belum ada kontaminasi dari luar yang mengganggu fokus belajar kita.

Tapi tidak tau mengapa, belajar dimalam hari sangat bisa saya rasakan lebih efektif dari belajar di pagi hari. Selain suasananya yang lebih tenang, belajar di malam hari dan langsung tertidur usai belajar itu sangat membantu saya lebih mudah mengingat materi yang sudah saya pelajari. Jadi, ketika bangun tidur saya masih mengingat dengan lebih sempurna materi yang telah saya pelajari di malam sebelum tidur.

Menurut aku setiap orang pastinya punya pandangan tersendiri. Mungkin banyak dari mereka yang memilih untuk belajar dipagi hari dengan alasan karena otak masih fresh, sehingga materi yang akan dipelajari akan mudah diserap. Tetapi tidak sedikit juga yang memilih untuk belajar di malam hari. Untuk aku pribadi, aku lebih memilih untuk belajar di malam hari, karena lebih fokus. Kenapa aku bilang lebih fokus? Karena malam itu waktunya orang isitirahat, jadi suasananya lebih tenang dan hening. Hal tersebut dapat membuat aku untuk bisa fokus belajar tanpa terganggu suara-suara bising orang-orang.

Aku pribadi lebih efektif malam hari. Menurutku dengan belajar di malam hari, aku jadi lebih fokus dan materi pelajarannya jauh lebih mudah dan cepat untuk dipahami. Mungkin karena kondisi di rumah sudah lebih tenang dan sunyi jadi aku merasa belajar di malam hari lebih efektif. Tapi pasti ada kurangnya juga, terkadang kalau terlalu malam pun jadi lebih cepat ngantuk dan mata pun juga lelah. Jadi sebisa mungkin di kondisi seperti ini aku belajar di jam 7-9 malam, supaya lebih efektif dan punya waktu cukup juga untuk istirahat.

Belajar di pagi, siang, sore, bahkan malam hari bisa menjadi efektif atau tidaknya tergantung kepada pribadinya masing-masing. Ada tipe yang early bird yang Sukanya beraktivitas pada pagi-sore hari termasuk dengan belajar, tipe ini biasanya akan mengistirahatkan badan dan otaknya ketika matahari terbenam. Ada juga tipe night owl yang lebih aktif dan belajar banyak hal ketika malam hingga fajar datang. Jadi, untuk bertanya waktu mana yang paling efektif adalah dengan bertanya kepada diri sendiri lebih dulu, apakah kamu tipe yang lebih nyaman belajar dikesunyian dan dinginnya malam atau tipe yang tidak masalah belajar disiang hari yang bising dengan aktivitas orang lain disekitarmu?

Saya pribadi adalah tipe early bird yang lebih suka beraktivitas, belajar, dan menyelesaikan segala macam tugas ketika pagi hingga sore hari, sehingga waktu malam hanya digunakan untuk mendapatkan kualitas waktu bersama orang-orang terkasih dan beristirahat saja. Hal ini saya lakukan juga untuk memenuhi dan memperbaiki hidup sehat, dikarenakan tidak baik juga untuk tidur di atas jam 10 malam bahkan hingga begadang sampai pagi hari tiba.

Belajar di malam hari rentan membuat siswa dan mahasiswa nggak fokus. Ini dikarenakan dari pagi hingga sore, cukup banyak kegiatan yang dilakukan, jadinya waktu belajar di malam hari pastinya kurang fokus dan nggak efektif. Jika ditelusuri lebih lanjut, terlebih dari sisi medis, mengulang pelajaran yang akan diujikan pada waktu subuh atau menjelang pagi itu ternyata lebih efektif. Ketika belajar saat waktu subuh, atau sekitar jam 5 pagi, otak belum menerima rangsangan apa pun, atau masih fresh. Kondisi otak seperti itulah yang sangat baik untuk dimanfaatkan untuk belajar. Otak akan menerima rangsangan dari apa yang dibaca atau dilihat. Dengan begitu, waktu paginya saat ujian, masih hafal dengan apa yang dibaca waktu subuh tadi.

Dari ketiga pilihan ini yang paling tidak efektif bagi aku adalah belajar di siang hari. Sedangkan yang paling efektif menurut aku adalah pagi hari. Otak masih fresh, dan mudah untuk mengingat memang ketika belajar dipagi hari. Nah, tapi terkadang aku juga bisa efektif belajar di malam hari. Ketika memang aku belajar sesuatu yang perlu titik fokus yang lebih, maka aku akan belajar di malam hari. Tetapi tetap ada batasan, tidak terlalu malam. Maksimal di jam 12 sudah selesai belajar.

Dengan kombinasi malam dan pagi ini untuk aku sangat efektif, yang penting kita tau kapasitas dan ketahanan otak untuk menangkap suatu informasi seperti apa. Karena pagi dan malam adalah 2 kondisi yang berbeda, saya menganggap ada pengaruh internal dan eksternal. Ketika malam, cenderung dipengaruhi oleh lingkungan sekitar / eksternal, yaitu suasana sunyi dan tenang. Sehingga ketika kita membutuhkan kefokusan, akan lebih mudah.

Sedangkan di pagi hari, cenderung dipengaruhi oleh internal dari kita sendiri, yaitu otak dan pikiran masih fresh / jernih. Sehingga kita bisa lebih cepat menangkap dan mengingat sebuah pembelajaran.

Menurutku setiap orang punya rasa kenyamanan yang berbeda. Ada yang merasa lebih mudah fokus ketika berada pada situasi yang gaduh (misal siang hari), namun ada juga yang lebih mudah fokus ketika dalam keadaan sunyi (misal malam hari) karena tidak banyak aktivitas yang orang lain lakukan. Aku pribadi lebih fokus ketika belajar di malam hari karena aku adalah tipe orang yang kalau belajar harus dalam keadaan tenang dan sunyi, bahkan aku lebih suka belajar larut malam sekitar jam 9-12 malam. Meskipun memang pada waktu tersebut sebaiknya kita gunakan untuk beristirahat, namun untuk aku, pada jam itulah waktu yang tepat untuk aku belajar :sweat_smile:

Waktu belajar efektif menurutku dilakukan di malam hari dan pagi hari. Pada waktu itu menurutku waktu yang tenang sehingga nyaman dan efektif digunakan untuk belajar. Namun, belajar juga dipengaruhi oleh mood, ketika mood sedang bagus secepatnya bisa mengerjakan kegiatan produktif, karena kita tidak tahu tiba-tiba rasa malas menghampiri. Selain itu, belajar yang paling efektif ketika kita dapat menyesuaikan kegiatan lain yang ada. Ketika ada kegiatan lain yang harus dikerjakan pada malam hari, maka waktu belajar dipindah di siang hari atau sore hari.

Menurut saya ini tergatung dari masing-masing orang, karena pola gaya belajar orang tentu berbeda-beda. Namun, secara umum memang di pagi hari dirasa sebagai waktu yang efektif karena kondisi tubuh masih prima/fresh sehingga diharapkan dalam proses belajar dapat berjalan dengan baik.

Bagi saya sendiri waktu yang menurut saya efektif untuk belajar adalah jam 3-5 pagi. Karena mungkin gaya belajar saya harus sunyi sehingga saya merasa ketika belajar dalam jam tersebut mudah untuk terserap daripada belajar di malam hari. Namun, ada juga pengalaman dari teman kos, dia suka belajar di tengah malam karena dengan alasan lebih fokus dan hening. Jadi, menurut saya efektifitas dari belajar seseorang bergantung dari pola gaya belajar mereka. karena setiap orang punya gaya belajar masing-masing sehingga menurutku kata efektif kembali pada masing-masing penilaian individu.

Belajar suatu proses yang dialami oleh kita semua sebagai pelajar dan mahasiswa, sukses atau tidaknya proses belajar tersebut tergantung pada banyak faktor, salah satu dari sekian banyak faktor adalah waktu belajar mereka. Kapan waktu yang tepat untuk belajar dan bagaimana memanfaatkannya agar efektif.

Tiap orang punya jam-jam belajar “efektif” nya masing-masing, mungkin memang ada yang bersemangat dan mudah mencerna di jam pagi, ada yang di jam siang, sore, malam atau bahkan tengah malam menuju pagi? semua bisa saja dilakukan.

Saya sendiri merasakan terkadang otak bekerja dengan baik di jam 12 malam keatas, memang tidak baik bagi kesehatan dan di jam-jam ini, badan memproduksi hormon melatonin. Yap, waktu dimana saatnya tidur, dan bukan waktu belajar yang baik untuk otak kita. Tapi entah mengapa di jam ini kadang kita bisa menyelesaikan segala tugas dan belajar ujian dengan baik, tapi tentu sebelumnya sudah tidur terlebih dahulu.

Pada dasarnya, menurut riset dan banyak pedapt mengatakan bahwa waktu terbaik ada saat pagi hari di jam 06.00-09.00, dimana tekanan darah kita sedang tinggi sehingga merasa penuh semangat. Jam ini disebut waktu terbaik otak untuk belajar, baik mempelajari materi baru maupun mengulang pelajaran, karena memori jangka pendek otak kita sedang berada di masa keemasaannya.

Jadi menurut saya, hal ini kembali lagi ke pribadi masing-masing, dan diiringi dengan motivasi dan keinginan yang besar dalam belajar. Karena motivasi dan jam efektif belajar adalah dua faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar. Motivasi dapat menentukan baik-tidaknya dalam mencapai tujuan sehingga semakin besar kesuksesean belajarnya dan kunci utama dari belajar yang efektif ialah pusat perhatian yang terkonsentrasi saat belajar.

1 Like

Aku sendiri merasa lebih efektif belajar saat malam hari karena aku tipe orang yang bisa fokus dalam keadaan tenang dan tidak terlalu ramai jadi bisa lebih fokus dan tidak gampang ter distract. Menurutku dengan mendengarkan instrument musik yang tenang juga bisa membantu untuk lebih fokus karena pikiran jadi relax jadi bisa lebih mudah dan cepat untuk memahaminya. Jam-jam efektifku untuk mulai belajar dimalam hari itu pukul 8-10 malam karena kalau lebih dari itu pasti akan merusak jam tidur dan menciptakan kebiasaan yang tidak sehat.

Nah kalau bicara soal waktu belajar ini aku mengalami beberapa perubahan waktu belajar yang efektif bagi aku pribadi. Saat waktu SMP, aku lebih merasa nyaman dengan belajar di pagi hari, terutama setelah sholat shubuh. Seiring berjalannya waktu, perubahan waktu belajarku bergeser ke malam hari pada saat pertengahan SMA, karena pada saat SMA aku mengikuti cukup banyak kegiatan. Pada saat ini, saya merasa lebih enjoy dan fokus belajar dan mengerjakan tugas pada saat sore dan malam hari, karena suasananya tenang dan damai. Namun, kembali lagi kalau bicara soal efektif di waktu apa, kembali lagi pada pribadi tiap orang masing-masing.

Menururt saya, setiap orang memiliki waktu produktifnya masing-masing tak terkecuali dalam belajar. Menurut Ask Dr. Universe, orang memang akan lebih “awas” dan tajam perhatiannya pada pagi sampai siang hari. Hal tersebut tidak serta-merta menandakan bahwa pagi lebih baik digunakan untuk belajar dan bekerja. Bahkan, Oxford Learning menyatakan bahwa tidak ada waktu terbaik untuk belajar. Ada yang merasa optimal belajar di pagi hari karena ketika di pagi hari otak masih segar, cahaya membuatmu lebih “awas”, siklus tidur tidak terganggu dan otak sedang berada dalam acquisition mode yang dapat memudahkan otak kita dalam menerima lebih banyak informasi baru dan mengingatnya. Namun ada juga yang lebih nyaman di malam hari atau sering disebut dengan istilah “night owl”. Alasannya adalah ketika malam hari suasana belajar dan bekerja lebih tenang, tidak begitu banyak interupsi, dan pikiran lebih jernih untuk berpikir kreatif.

Hal itu juga berlaku pada diri saya pribadi, dimana saya bisa menikmati waktu belajar baik di pagi, siang atau di malam hari sekalipun asalkan suasananya mendukung saya untuk bisa fokus dalam menerima materi.

Kalau saya sendiri waktu efektif untuk belajar atau menghafal itu pagi hari sih antara jam 2-4 pagi. Diwaktu itu menghafal menjadi lebih cepat dan ketika belajar pun mudah dimengerti. Menurut saya ketika pagi hari apalagi bangun tidurnya segar bugar itu enak banget otak itu masih fresh dan selain itu kan jam" segitu masih sepi gak banyak gangguan juga.

Waktu belajar efektif ini tergantung dari masing-masing individu, apakah mereka nyaman belajar di pagi hari, siang hari, sore hari, ataupun malam hari. Kalau aku lebih prefer belajar di pagi hari. Why? Karena saat pagi hari kita sudah siap untuk memulai segala aktivitas, dan pastinya masih dalam kondisi yang semangat. Berbeda dengan siang hari yang mungkin membuat semangat kita memudar dikarenakan mengantuk dan lain sebagainya. Lalu, untuk malam hari itu merupakan waktu kita beristirahat dari aktifitas yang kita lakukan. So, aku lebih milih waktu belajar yang efektif adalah di pagi hari.

Efektif itu nilainya relatif, tergantung dari persepsi masing masing individu. Tentunya antara satu dengan yang lain tidak bisa disamakan, bisa jadi waktu yang mereka senangi untuk belajar, gaya belajar, dan faktor faktor lainnya. Bahkan introvert dan ekstrovert punya kriteria sendiri sendiri. Tapi bila mengesampingkan hal hal tersebut, aku rasa waktu paling efektif untuk belajar adalah di pagi hari, dimana pagi merupakan waktu yang pas untuk memulai sebuah aktivitas termasuk belajar. Karena kalau siang, cenderung akan malas dan merasa ngantuk, kemudian untuk malam, juga persoalan yang sama, mengantuk serta malam juga seharusnya digunakan untuk beristirahat agar tubuh kembali segar dan bugar.

Menurut saya pribadi belajar di saat manapun itu tergantung dari setiap individu-nya, ada yang nyaman dan emang sudah terbiasa belajar di pagi hari ada yang malam ataupun siang hari, tetapi kalau saya pribadi suka belajar di malam atau dini hari (setelah bangun tidur) karena pada jam jam tersebut otak lebih fresh dan siap untuk menerima materi, dan menurut saya juga belajar pada jam tersebut membuat ingatan kuat, belajar pada malam hari juga sudah menjadi kebiasaan dari kecil untuk belajar sebelum tidur.

Saya percaya setiap orang memiliki preferensinya masing-masing mengenai waktu untuk belajar. Hal ini tidak terlepas dari habit tiap orang yang berbeda-beda dan juga peranan dari jam biologis tubuh.

Dari perspektif chronobiology, jam-jam terbaik untuk melakukan sesuatu, dalam hal ini juga belajar, sudah tertanam dalam DNA . Jam biologis kita, yang merupakan jam alamiah yang tertanam di dalam otak kita sejak dini, sebenarnya membantu kita memutuskan kapan waktu yang tepat untuk belajar.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kegiatan belajar paling efektif dilakukan antara jam 10 pagi sampai jam 2 siang dan dari jam 4 sore sampai jam 10 malam, ketika otak dalam mode “akuisisi”. Di sisi lain, waktu belajar yang paling tidak efektif adalah antara jam 4 pagi sampai jam 7 pagi.

Namun bagi saya pribadi, nampaknya jam belajar yang paling efektif adalah di pagi hari antara jam 8 hingga 12. Tubuh sudah disegarkan dengan istirahat malam, sudah sarapan dan sudah mendapat asupan kafein dari secangkir kopi pagi sehingga proses belajar menjadi fokus dan tajam.

Referensi

Admin. (2020). When is the Best Time to Study: Morning, Noon or Night?. PSB Academy. Diambil dari When is the Best Time to Study: Morning, Noon or Night? | PSB Academy