Bagaimana proses Pemilihan Metode Arus Biaya Persediaan?

Bagaimana proses Pemilihan Metode Arus Biaya Persediaan ?

Teori akuntansi positif memberikan hipotesis yang menghubungkan pemilihan metode-metode arus biaya persediaan keuangan dengan sejumlah karakteristik perusahaan dan industri.

Belkaoui (1993) mengemukakan bahwa pemilihan metode arus biaya persediaan perusahaan dianggap melekat dalam keseluruhan pemilihan untuk memaksimalkan harga saham yang tergantung pada adanya peluang investasi dan pembiayaan.

Pemilihan metode arus biaya persediaan merupakan salah satu akuntansi yang nilainya cukup besar dalam perusahaan (Hampton dalam Taqwa, 2003).

Persediaan mencakup 20% dari total aktiva pada perusahaan manufaktur dan merupakan aset yang cukup penting, baik dalam jumlahnya maupun perannya dalam kegiatan perusahaan (Tuannakota, 2001), sehingga keputusan yang dibuat dalam pemilihan metode arus biaya persediaan untuk persediaan memerlukan berbagai macam pertimbangan, misal persediaan sebagai aktiva tetap, masalah yang biasanya muncul adalah bagaimana persediaan itu disajikan dalam neraca sebagai persediaan akhir periode dan perhitungan laba rugi sebagai beban periode yang dilaporkan, karena menurut AICPA (dalam Morse dalam Taqwa, 2003) dikatakan bahwa salah satu tujuan utama dari akuntansi untuk persediaan adalah menentukan laba yang tepat melalui proses kesesuaian antara beban dan pendapatan.

Pemilihan atas metode arus biaya persediaan berdasar pada alasan-alasan tertentu, Tuannakota (2000) menyatakan bahwa terdapat satu alasan yang membenarkan bahwa penggunaan metode penilaian yang berbeda untuk persediaan, yaitu bahwa setiap metode yang akan digunakan mencerminkan keadaan ekonomi yang berbeda-beda. Pertimbangan ekonomi yang utama dalam memilih adalah adanya pertimbangan perpajakan. Karena penilaian terhadap persediaan akan mempengaruhi laba perusahaan yang pada akhirnya akan mempengaruhi pajak yang harus dibayar oleh perusahaan.

Oleh karena itu, pada umumnya perusahaan cenderung memilih metode yang dapat memberikan keuntungan berupa pembayaran pajak yang relatif lebih kecil. Apabila menggunakan metode FIFO maka pajak yang akan dibayar menjadi tinggi, dan apabila menggunakan metode LIFO perusahaan akan mempunyai penghematan pajak (Abdullah, 1999).

Pemilihan metode arus biaya persediaan akan berdampak pada laba perusahaan dan dapat mengakibatkan redistribusi kekayaan antara perusahaan dan pemerintah.

Kirkpatrick dan Speer dalam Anissa (2003) menyatakan bahwa perubahan metode arus biaya persediaan dipengaruhi oleh faktor konsistensi pelaporan, pengaruh pelaporan laba pada tahun perubahan metode dan pengaruh pajak.

Faktor pajak telah terbukti mempengaruhi pemilihan metode arus biaya persediaan pada penelitian Biddle dalam Mukhlasin (2000) menemukan bahwa semakin besar pula kemungkinan perusahaan memilih metode LIFO, sedangkan pada penelitian Dopuch dan Piscus dalam Abdullah (1998) penghematan pajak yang diestimasi merupakan alasan utama perusahaan dalam memilih metode LIFO, sedangkan perusahaan lain tidak menggunakan metode LIFO karena adanya faktor-faktor lain meskipun alasan-alasan tersebut tidak menonjol. Bahkan sebagian besar faktor-faktor tersebut sama sekali mengabaikan kemungkinan penghematan pajak dari LIFO.

Alasan lain dalam pemilihan metode arus biaya persediaan berkaitan dengan bursa saham, yaitu adanya anggapan bahwa metode yang menghasilkan laba terendah akan mengakibatkan harga saham yang rendah pula dan jika metode tersebut menghasilkan laba yang tinggi akan menghasilkan harga saham yang tinggi pula (Mukhlasin, 2001).

Penelitian yang dilakukan terhadap pemilihan metode arus biaya persediaan di Amerika Serikat menunjukan bahwa perusahaan-perusahaan manufaktur pada umumnya menggunakan metode LIFO dan FIFO, sedangkan perusahaan manufaktur yang berada di Indonesia pada umumnya menggunakan metode rata-rata dam metode FIFO. Hal ini disebabkan karena pemakaiannya yang cukup tinggi dan digunakan untuk tujuan pajak. Sebagaimana telah diatur dalam SAK, terdapat beberapa metode arus biaya persediaan yang dapat digunakan dalam penyusunan laporan keuangan, tetapi untuk tujuan pajak telah diatur dalam UU perpajakan tahun 2000 pasal 10 ayat 6 dimana metode yang diperbolehkan adalah metode rata-rata dan metode FIFO. Hal ini secara tidak langsung menyebabkan sebagian besar perusahaan di Indonesia memilih menggunakan metode FIFO atau rata-rata untuk tujuan laporan keuangannya karena tidak perlu lagi membuat untuk tujuan pajak (Gunadi, 1998).

Pemilihan metode arus persediaan di Indonesia mengacu pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 14 yang memberikan kebebasan untuk menggunakan salah satu alternatif metode arus persediaan yaitu first in first out (FIFO), last in first out (LIFO), dan weight average (rata-rata). Namun Undang- Undang No. 7 tahun 1983 jo Undang-Undang No. 10 tahun 1994 tentang Perpajakan hanya memperbolehkan penggunaan metode FIFO atau metode rata- rata. Jadi, perusahaan di indonesia hanya boleh menggunakan metode rata-rata dan FIFO untuk tujuan perpajakan.

Alternatif metode arus biaya persediaan memungkinkan manajemen memilih metode mana yang akan diterapkan dalam perusahaan dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pemilihan metode arus biaya persediaan didasari pada berbagai pendekatan dan teori sebagai berikut :

  1. Teori Agensi
    Perusahaan adalah “fiksi legal yang bertindak sebagai suatu kelompok kontrak untuk seperangkat hubungan kontrak diantara individu” (Jensen dan Mecking dalam Belkaoui, 1993). Hubungan yang dimaksudkan sebagai kontrak yang satu atau lebih (prinsipal) meminta orang lain untuk melakukan beberapa kegiatan atas kepentingan yang meliputi pendelegasian beberapa otoritas pengambilan keputusan pada agen. Dalam kaitannya dengan pemilihan metode arus biaya persediaan Lee dan Hsieh dalam Mukhlasin (2001) menyatakan bahwa manajer akan memilih metode persediaan yang didasarkan pada hubungan yang terdapat di dalam perusahaan.

  2. Hipotesis Ricardian (Hipotesis Pajak)
    Menurut Lee dan Hsieh dalam Mukhlasin (2001) Classical Ricardian menyatakan bahwa manajer bertujuan tunggal untuk memaksimalkan nilai dari perusahaan, dengan meminimalkan biaya pajak serta tetap respek pada kendala hukum pajak, dan kesempatan produk investasi. Dalam kaitannya dengan pemilihan metode arus biaya persediaan Morse dan Richardson (1983) mengemukakan bahwa metode persediaan mempengaruhi pajak penghasilan, manajer perusahaan lebih mempertimbangkan pengaruh pajak ketika memutuskan untuk memilih metode persediaan yang sesuai dengan kondisi perusahaannya sebab biaya pajak penghasilan merupakan salah satu komponen biaya politis yang ditanggung oleh perusahaan. (Abdullah, 1999).

  3. Political Cost
    Scott (1997) menyatakan bahwa pada dasarnya semua orang sama, apabila biaya politik yang dihadapi oleh manajer lebih besar maka manajer lebih menyukai prosedur (metode) persediaan yang melaporkan pendapatan berbeda dari periode sekarang dengan periode yang akan datang. Scoot mencontohkan “biaya politik” dibebankan pada perusahaan dengan keuntungan yang tinggi sehingga akan menarik perhatian media konsumen. Dalam kaitannya dengan pemilihan metode yang memberikan biaya politik yang rendah sebab perusahaan yang mempunyai keuntungan yang tinggi akan menarik perhatian media konsumen sehingga biaya politiknya menjadi besar.

Morse dan Richardson dalam Taqwa (2003) menghubungkan pemilihan metode arus biaya persediaan dengan karakteristik perusahaan, yang meliputi:

  1. Struktur Kepemilikan
    Struktur kepemilikan ditunjukan dari besarnya kepemimpinan (manajer) suatu perusahaan oleh pemilik perusahaan (shareholders) tersebut. Manajer merupakan pengelola perusahaan yang dipercayakan oleh shareholders. Sehubungan dengan pemilihan metode arus biaya persediaan maka antara manajer dengan pemilik akan timbul konflik kepentingan (agency theory). Masing-masing pihak yaitu manajer dan pemilik perusahaan akan berusaha memaksimalkan kekayaannya masing- masing.

  2. Ukuran Perusahaan
    Menurut Lee dan Hsieh dalam Mukhlasin (2001) perusahaan besar mempunyai kesempatan untuk meningkatkan dan menurunkan laba agar laporan keuangan bisa rata (smooth). Perusahaan besar akan memilih metode arus biaya persediaan yang dapat mengurangi laba yang dilaporkan (Watts dan Zimmerman, 1990). Selain dapat mengurangi laba juga dimaksudkan untuk menghindari masuknya pesaing baru, apabila laba yang dimasukkan dan dilaporkan besar maka perusahaan baru akan tertarik masuk industri tersebut sehingga jumlah pesaing bagi perusahaan menjadi banyak (Utama, 2000). Kecenderungan metode arus biaya persediaan yang akan digunakan perusahaan besar adalah metode rata-rata selain dapat menghindari biaya politik juga memperoleh penghematan pajak.

  3. Financial Leverage
    Financial leverage menunjukan kemampuan perusahaan membayar hutangnya dengan kekayaan yang dimilikinya (Jogiyanto, 1998). Perusahaan dengan financial leverage tinggi berarti perusahaan tersebut mempunyai hutang yang besar sehingga resiko dan biaya atas hutang perusahaan juga tinggi, sedangkan perusahaan dengan financial leverage rendah maka resikonya dan biaya atas hutangnya juga kecil.

    Pemilihan metode arus biaya persediaan oleh perusahaan tergantung dari tingkat financial leverage perusahaan. Perusahaan dengan financial leverage tinggi akan memilih metode arus persediaan yang dapat menaikkan laba.

  4. Variabilitas Perusahaan
    Variabilitas menggambarkan variasi dari nilai persediaan suatu perusahaan. Apabila suatu perusahaan mempunyai nilai persediaan relatif stabil maka pengaruhnya pada variasi laba akan kecil. Sedangkan perusahaan yang mempunyai nilai persediaan yang bervariasi pada setiap akhir tahun maka laba yang dihasilkan akan bervariasi pula.
    Perusahaan dengan variasi persediaan kecil dapat memilih menggunakan metode rata-rata maka laba yang dihasilkan lebih rendah bila dibandingkan dengan penggunaan metode FIFO. Perusahaan akan memperoleh penghematan pajak. Pada perusahaan yang bervariasi persediaanya akan menggunakan metode FIFO, sehingga laba menjadi besar dan tidak dapat melakukan panghematan.

Ali dan Hartono (2000) menyebutkan bahwa adanya perbedaan dalam menerapkan suatu metode senantiasa menimbulkan dugaan bahwa akan memberikan pengaruh yang berbeda terhadap keputusan investasi. Dengan demikian, perbedaan metode akuntansi persediaan yang diterapkan perusahaan akan mengakibatkan perbedaan dalam menjelaskan market value perusahaan.