Bagaimana pola konsumsi minum air yang baik untuk kesehatan?

Minum air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bagaimanakah pola minum air yang baik agar badan kita selalu sehat dan bugar ?

Mengkonsumsi air secara luar biasa adalah cara terbaik untuk membersihkan tubuh dari racun-racun, sebagaimana tubuh tersusun atas 70 %. Tetapi untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, air harus dikonsumsi dengan cara khusus. Air yang diminum bersamaan dengan makanan atau segera setelah makan akan membahayakan kesehatan tubuh, karena air menengencerkan enzim-enzim pencernaan yang menyebabkan pencernaan menjadi sulit. Untuk itu, manfaat terbaik untuk mengkonsumsi air yaitu dengan pola minum air, salah satunya melalui protokol air yang baik dan benar.

Menurut informasi dari buku terapi air, (2007) mengenai protokol air, maka pola minum air putih yang baik agar mendapatkan manfaat yang maksimal adalah sebagai berikut :

  • Meminum satu gelas air (300 ml) pada saat bangun dari tidur sangat membantu dalam mengairi sel-sel yang berada pada daerah pencernaan. Selain itu juga dapat membantu dalam membuang sisa-sisa makanan dengan baik.

  • Meminum satu gelas air (300 ml) pada saat setengah jam sebelum makan dapat membantu dalam asupan cairan yang baik bagi semua sel di dalam tubuh, untuk membantu dalam penyerapan nutrisi ketika setelah sarapan.

  • Meminum satu gelas air (300 ml) pada saat satu jam sebelum makan siang dan tidak minum selama makan siang atau segera setelah makan siang. Akan membantu dalam proses makanan masuk pada jalur pencernaan dan semua enzim pencernaan berada pada kondisi kental/konsentrasi, sehingga proses pencernaan berlangsung dengan cepat dan mudah. Ini juga menghilangkan perasaan berat, tidak nyaman dan perut penuh setelah makan siang, dan kemudian meminum air lebih banyak air sesuai dengan kebutuhan setelah jarak waktu dua setengah jam dari makan siang.

  • Meminum satu gelas air (300 ml) pada saat sebelum makan malam dan tidak minum selama makan malam atau segera setelah makan malam.

  • Meminum satu gelas air (300 ml) pada saat sebelum tidur.

Potokol minum air diatas sangat penting untuk mendapatkan manfaat minum air demi tujuan kesehatan. Orang-orang yang memiliki masalah ginjal untuk sebaiknya meningkatkan asupan air tetap di bawah pengawasan medis.

Muhammad, (2011) Pengobatan melalui air putih telah dilakukan nenek moyang sejak dulu, pengobatan menggunakan air putih bukanlah meminum air putih sebanyak banyaknya dan dilakukan secara sembarangan bagaimana yang biasa terjadi dalam kehidupan banyak orang. Namun, pengobatan menggunakan air putih ini memiliki metode dan aturan tersendiri yang harus dikuti. Prinsip inilah yang menjadikan air putih mempunyai manfaat besar dalam untuk kesehatan sebab air masuk kedalam tubuh tidak secara sembarangan, namun berdasarkan sesuai prinsip atau metode tertentu sehingga terjadi keteraturan yang terjadi di dalamnya. Berikut metode prinsip umum dari pengobatan air putih ini.

  1. Saat pagi bangun tidur minumlah 1,5 liter air, yaitu 5 sampai 6 gelas. Lebih baik airnya ditakar sebanyak 1,5 liter. Setelah itu boleh melanjutkan kegiatan pagi hari lainnya.

  2. Meminum air putih ini harus dilakukan sebelum berkumur karena ludah yang mengendap di mulut semalam banyak mengandung enzim dan anti biotik alami yang di perlukan tubuh. Di zaman dahulu, orang mengobati penyakit mata dengan air liur ketika bangun tidur. Orang tua zaman dahulu sering menjilat luka baru dengan air liur agar cepat sembuh.

  3. Setelah 45 menit, boleh makan dan minum seperti biasa. Hal ini dimaksud untuk memberikan kesempatan pada air putih untuk membersihkan usus halus yang sepanjang 8 meter. Setelah usus halus bersih, barulah makanan dibiarkan masuk untuk di proses/dicerna.

  4. Setelah 15 menit sarapan, makan siang dan makan malam, jangan makan minum apapun setelah 2 jam.

  5. Juga telah diteliti dengan seksama bahwa tidak boleh minum minuman beralkohol.

  6. Sangat di anjurkan menggunakan air hangat, air rebus atau air jernih yang sudah disaring.

  7. Karena itu, khusus para pekerja atau pelajar (yang pagi-pagi sudah harus berakat), hendaknya bangun lebih awal sehingga dapat memberikan sela 1 jam sebelum sarapan.

  8. Untuk pekerja/pelajar yang begadang hingga pagi, minum 1,5 liter air putih dilakukan setelah bangun dari tidur yang lama.