Bagaimana menghalau distraksi saat belajar ?

Belajar adalah hal yang tak terhindari selama kita masih menapak bumi. Bahkan saat kecil kita sudah di ajarkan basis awal memperoleh informasi yaitu bahasa, faktanya sejarah di ukir saat penggunaan bahasa mulai di pakai. Dengan berkembangnya zaman menuntut umat untuk berpacu dalam peradaban, salah satunya dnegan memperoleh ilmu dan mengembangkannya.

Bagaimana menghalau distraksi saat belajar ?

Tak terhitung situasi dimana mengharuskan kita untuk belajar. Selama masih di lingkungan pendidikan seperti sekolah dan kuliah dimana kita belajar selama siang dan malam demi mengulang pelajaran yang diterima di kelas, dengan tujuan akhir memperoleh nilai ujian yang impressive, namun begitu, tak jarang dimana proses belajar mengulang habis materi satu semester menjadi 5 jam sebelum ujian.

Bagi beberapa orang mengulang kembali materi yang sudah dipelajari bukanlah hal yang begitu menyenangkan untuk di lakukan. Hal tersebut membawa potensi yang lebih tinggi untuk terdistraksi, maka dari itu dibutuhkan solusi agar kita dapat fokus saat belajar, jika kita dapat fokus terhadap materi yang kita pelajari dengan efisien maka tidak dibutuhkan banyak waktu untuk mengulang. Ditambah kita akan memiliki waktu lebih luang untuk relaks dan bersantai, dengan begitu di saat menempuh ujian kita akan melakukannya dengan lebih baik. Beberapa tulisan di bawah dapat mengatasi masalah menjadi terdikstrasi saat proses belajar mandiri.

Membuat tempat belajar senyaman mungkin

Merapihkan dan membersihkan area belajar dapat menaikan mood untuk mengulang pelajaran yang akan di ujikan pada esok hari, bukan hanya itu saja area yang rapih dan bersih dapat meningkatakan kefokusan, lingkungan tertata rapih menyelendupkan alam bawah sadar terhadap otak untuk memimik suasana tersebut sebagaimana manusia dan makhluk hidup lainnya untuk beradaptasi.

Menjauhkan diri dari gadget

seringkali di waktu belajar dimana otak sudah mulai lelah mengulang pelajaran, kita memberi jeda untuk beristirahat kepada diri kita sendiri, dimana di antaranya membuka gadget untuk melihat notifikasi yang muncul. Tidak jarang di saat tersebut kita malah meninggalkan tugas dan keterusan bermain gadget. Sama seperti menonton video di platform youtube tak terasa waktu berjalan dan intensi awal membuka satu video berakhir 2 jam menonton video seterusnya, seperti endless threads saat kita bermain gadget. Maka dari itu membatasi diri untuk tidak membuka gadget saat belajar dan komitmen tinggi saat belajar perlu diperlukan.

Beri interval untuk beristirahat saat belajar

Seperti halnya dengan aktivitas manusia kita membutuhkan tidur untung menge-charge energi agar dapat melakukan aktivitas maksimal pada esoknya, dalam skala kecil seperti belajar, hal ini dapat membantu dan menaikan efektivitas di saat belajar, dari istirahat yang di lakukan setiap berapa menit dan otak kembali segar, kita dapat memperoleh pelajaran dengan maksimal tanpa perlu di ulang-ulang.

Buat jadwal belajar rutin

Tidak akan habisnya jika berbicara mengenai tips tips yang di anjurkan agar tidak terdistraksi saat belajar. Membiasakan diri untuk tidak terganggu merupakan tips jangka panjang untuk tidak mudah terganggu di saat belajar, tentunya untuk membiasakan menjauhkan kebiasaan buruk tersebut saat belajar kita harus belajar serutin mungkin. Hal ini juga dapat mengurangi stress level yang dihadapi saat mendekati UTS dan UAS. Karena sudah terbiasa mengulang pelajaran juga terbiasa fokus saat belajar. Belajar saat mendekati UTS dan UAS akan terasa ringan dan cenderung santai.

Itulah beberapa anjuran juga tips dan trick yang di sarankan terhadap gangguan yang di temui saat belajar, kemauan yang kuat juga komitmen adalah kunci utama. Belajar bukanlah hal yang berat karena bahwasahnya manusia tak akan terlepas dari proses belajar dalam hidupnya. Begitu pula juga masalah yang di hadapi, tak lupa setiap masalah pasti memiliki solusi maka dari itu rintangan bukanlah alasan untuk menyerah selagi ada jalan dan kemauan.

Sumber :

  • How to Avoid Distraction While Studying by Michael Pearl
  • 7 Ways to Avoid Distractions and Stay Focused by Discover Student Loans
  • 10 Tips to Help You Tune Out Distractions and Focus on Your Studies by Brad Zomick

A post was merged into an existing topic: Bagaimana cara paling efektif untuk belajar?

Banyak dari kita para pelajar yang sulit dalam mengatasi banyaknya gangguan saat belajar. Hal ini dialami hampir oleh seluruh pelajar. Gangguan itu tentunya amat memengaruhi proses pencernaaan materi yang sedang didalami oleh para pelajar. Banyak dari pelajar mengeluhkan gangguan datang karena ponsel dan sosial media mereka. Nah dibawah ini sudah saya hadirkan solusi agar Anda tidak tergangu saat sedang belajar.

1. Taruh ponselmu dalam mode diam(silent) dan letakkan pada baian lain ruangan Anda

Jika Anda punya sebuah smartphone, Anda pasti tau betapa menggangunya hal itu. Faebook,Twitter,Instagram,Whatsapp,Line, email, pesan dan tentunya internet ada di ujung jari Anda. Bahkan ponsel non-smartphone pun dapat sangat menganggu. Dengan menaruh ponselmu dalam mode diam(silent) dan meletakkannya pada bagian lain ruangan akan membuat anda tidak akan terganggu oleh adanya pesan atau panggilan yang masuk ke ponsel. Anda dapat mengecek ponsel anda setiap tiga puluh atau empat puluh lima menit untuk berjaga-jaga jika ada hal yang penting.

2. Matikan koneksi internet Anda

Anda mungkin berniat untuk memakai komputer atau laptop untuk belajar, tapi kenyataannya Anda dapat dengan mudah mendapati diri Anda sedang menonton video di Youtube atau mengupdate status di Facebook. Nah, ketika kamu menggunakan komputer, World Wide Web (internet) dapat diakses dengan sekali klik. Jangan percaya bahwa diri Anda sendiri dapat mencegah hasrat untuk membukanya. Maatikan koneksi internet Anda sebelum mulai belajar. Jika kamu membutuhkan refrensi untuk mengerjakan tugas, unduh semua materi yang diperlukan diawal sesi belajar.

3. Ambil nafas dalam-dalam ketika Anda merasa sedang terganggu

Gangguan datang dari mana saja. Keinginan untuk nonton tv, membersihkan ruangan, dan mengecek ponselmu datang secara tiba-tiba yang bahkan dapat membuat kita kewalahan. Tapi kegiatan ini hanya bertahan dalam waktu yang singkat. Ini adalah cara untuk melawan keinginan yang tidak perlu saat belajar : Tutup matam. Ambil napas dalam dua detik, keluarkan dalam dua detik. Jika keinginan tetap ada, ulangi sampai keinginan itu pergi.

4.Minta orang-orang untuk member Anda privasi

  • Ibu Anda datang untuk menanyaimu tentang kegiatanmu hari ini
  • Teman Anda tiba-tiba mengechat
  • Saudara Anda memintamu membantu mengejakan pekerjaan rumahnya
  • Ayah Anda datang untuk meminta bantuan

Saya sangat yakin hal-hal tersebut pernah terjadi ketika Anda sedang belajar. Jangan salah sangka, menjaga hubungan juga sangat penting. Saya sangat yakin, bila kualitas hubungan Anda menetukan kualitas hidup Anda. Tapi, ketika kamu sedang belajar,interupsi dari orang terdekat juga bis sangat mengganggu. Nah, sebelum Anda memulai sesi belajar, alangkah baiknya Anda menemui orang yang paling sering menggangu belajar Anda dan memintanya agar tidak mengganggu saat Anda belajar. Ketika kamu dengan sopan meminta privasi dari orang lain dan menunjukkan komitmen dalam urusan akademik, orang lain akan dengan senang hati menghormati permintaan Anda.

5.Tidurlah selama delapan jam setiap hari

Sebagai seorang pelajar, sepertinya hampir mustahil bila kita dapat tidur dengan cukup setiap harinya. Pasti akan ada terlalu banyak tugas, terlalu banyak proyek, terlalu banyak kegiatan untuk diikuti dan terlalu banyak teman untuk diajak berkumpul… Dibandingkan itu semua, tidur menjadi terasa tidak begitu penting. Padahal tidur adalah hal yang vital jika Anda ingin tampil dengan baik secara akademik. Ada sebuah fakta ilmiah dimana tidur memengaruhi ingatan, konsentransi dan fungsi otak Anda. Jika Anda tidak tidur dengan baik, berarti Anda tidak berencana untuk sukses dalama kehidupan Anda. Jika kamu tidak tidur dengan baik, kamu akan mudah terganggu.

Jadi, itulah beberapa tips dalam mengatasi gangguan saat belajar. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar Anda. Kesuksesan dimulai dari kerja keras dari diri sendiri. Dengan belajar secara baik, Anda sekaligus mengatur kesuksesan Anda di masa depan. Buatlah bangga Indonesia!

Sumber :

  • How to Overcome Distractions When It’s Time To Study by Daniel Wong at website personalexcellence