Diskusi Kelompok Terarah, merupakan suatu proses pengumpulan informasi mengenai suatu masalah tertentu yang sangat spesifik [1].
Diskusi kelompok terarah merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan informasi kualitatif yang mendalam dari pastisipan-partisipan yang ada terkait persepsi-persepsi mereka terhadap konsep, produk, jasa atau program-program yang akan didiskusikan.
Dalam diskusi kelompok terarah sebaiknya jumlah pertisipan tidak lebih dari 10 orang (optimalnya 6-8 orang), dipilih secara hati-hati dan mempunyai tipe yang mirip. Pemilihan moderator juga sebaiknya ditunjuk orang yang mempunyai kemampuan terbaik [2].
Pemilihan tipe partisipan yang seragam diharapkan membuat diskusi lebih mudah dalam pengelolaannya dan membuat peserta diskusi lebih nyaman serta termotivasi. Selain tipe yang sama, partisipan sebaiknya dipilih yang benar-benar berpengalaman terkait dengan tema diskusi.
Misalnya,ketika didalam diskusi membahas masalah XYZ, maka orang-orang yang berpartisipasi didalam diskusi adalah orang-orang yang memang pernah mengalami masalah XYZ tersebbut.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyelenggarakan diskusi grup terarah adalah :
- Sebaiknya dilakukan selama 60 - 90 menit per sesi diskusi. Diantara sesi diskusi sebaiknya diberikan makanan dan minuman.
- Tempat diselenggarakannya diskusi harus mempunyai kondisi yang nyaman.
- Jelaskan maksud dan tujuan diskusi tersebut dilakukan serta aturan-aturannya sebelum diskusi dimulai.
- Berikan waktu untuk para partisipan menceritakan dirinya dan keterkaitan mereka terhadap tema diskusi atau produk yang akan dibahas.
- Sebagai moderator, gunakan papan tulis sebagai panduan dalam berdiskusi dan jangan pernah menunjukkan ketidaksetujuan dan keberpihakkan terhadap seseorang.
- Menjadi moderator dibutuhkan pengalaman dan kemampuan yang baik. Apabila ada dana yang lebih, dapat dipertimbangkan untuk menyewa moderator profesional.
Referensi :
[1] Irwanto, Focus Group Discussion: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2007
[2] Richard A. Krueger, Designing and Conducting Focus Group Interviews, University of Minnesota 2002