Metode penelitian apa saja yang biasa digunakan dalam penelitian terhadap pengguna (customer research)?

Metode penelitian yang dilakukan pada calon pengguna ataupun pengguna dapat menggunakan metode Kualitatif maupun Kuantitatif.

Metode Kualitatif yang biasa digunakan antara lain ;

Metode Kuantitatif yang biasa digunakan antara lain :

Bagaimana kita memilih, apakah Kualitatif atau Kuantitatif ?

Pada penelitian yang menggunakan pendekatan kualittatif mempunyai tujuan untuk dapat memahami lebih dalam terkait hipotesa yang dibuat. Sehingga dalam penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif lebih menekankan dalam meng-eksplorasi pertanyaan “Mengapa/Kenapa”.

Pada penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif, lebih mengutamakan informasi-informasi yang bersifat statistika. Sehingga dalam penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif lebih menekankan dalam meng-eksplorasi pertanyaan “Berapa banyak” dan “Berapa sering”

Mengingat metode kualitatif dan kuantitatif memiliki pendekatan yang berbeda, maka kedua metode tersebut haruslah dilihat sebagai metode yang saling melengkapi.

Salah satu hal yang sering dilakukan pada penelitian pengguna, dalam pengembangan produk, dilakukan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif diawal, dan kemudian, dilengkapi dan diperkuat dengan penelitian dengan metode kualitatif.