Bagaimana Jack Ma Mengubah pola pikir masyarakat dan pemerintah china?

Jack-Ma

Bagaimana Jack Ma, founder marketplace terbesar kedua di dunia, Alibaba, dapat mengubah pola pikir masyarakat serta pemerintah China dengan e-commerce dari Alibaba Group, seperti Taobao atau TMall?

1 Like

Jack Ma, yang memiliki nama asli China; Ma Yun, merupakan pria kelahiran Hangzhou, 10 September 1964 memiliki semangat luar biasa tinggi akan bisnis. Meskipun ia berlatang belakang seorang guru Bahasa Inggris, namun Jack sadar bahwa ia dapat menciptakan opportunity yang lebih. Bisnis pertamanya yang berawal dari bisnis translasi atau jasa penerjemah bernama Hope Translation pada tahun 1994, dan tidak lama kemudian ia bersama rekannya mendirikan ChinaPages.com (1995), sebuah website yang memfasilitasi perusahaan lokal China yang ingin mendapatkan klien atau customer dari luar negeri.

Namun, bisnis ChinaPages bukan suatu keberhasilan bagi Ma Yun. Pasalnya, meskipun ChinaPages telah memiliki beberapa klien, namun ChinaPages membutuhkan lebih banyak klien lagi untuk bertahan. Salah satu isu utama mengapa ChinaPages lambat dalam perkembangannya adalah Hangzhou yang saat itu belum siap menerima “apa itu internet”. Seiring berjalannya waktu, sambil Jack memperkenalkan manfaat internet dari mulut ke mulut kepada teman dan orang lain yang dapat ia hubungi, lalu kemudian beberapa dari mereka tertarik dan menjadi klien Jack, meskipun dengan bersusah payah ia memberikan gambaran apa dan bagaimana “online” itu.

Lima tahun berlalu, Jack mendirikan Alibaba. Alibaba telah mengubah cara berbelanja masyarakat China, sehingga mereka dapat memperoleh beragam produk berkualitas yang hanya bisa diimpikan oleh generas-generasi China terdahulu. Jika Amerika Serikat punya Amazon, China punya Alibaba yang menghadirkan kenyamanan berbelanja dari rumah bagi jutaan konsumen di China maupun dunia. Misal salah satu grup perusahaan Alibaba, yakni Taobao (2003) menjadi bisnis pertama yang benar-benar menghargai masyarakat China sebagai konsumen. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan yang krusial mengapa sampai sekarang masyarakat China mempercayakan e-commerce (Alibaba, Taobao, TMall) sebagai oase utama mereka dalam hal ‘kehausan akan belanja’. Seperti halnya pada 11 November 2017 (Hari Lajang) lalu, masyarakat China berbelanja menghabiskan 18 juta USD, dan 82% dari mereka menggunakan mobile devices. Hari Lajang tersebut merupakan ekspresi dari kekuatan e-commerce China. Selain itu, Data Alibaba menunjukkan konsumen aktif tahunan di pasar ritel China mencapai 515 juta, meningkat 27 juta dari periode 12 bulan yang berakhir pada 30 September 2017 kemarin.

Di sisi pemerintah dan negerinya, Jack punya cara tersendiri untuk membantu membangun kembali perekonomian negerinya dikarenakan krisis global di tahun 2008 dan menyebabkan pasar ekspor tradisional China juga terkena imbasnya. Sebelumnya, sekian banyak pabrik di China menghasilkan produk yang sebagian besarnya dibeli oleh konsumen luar negeri dan memasok beberapa retail seperti Walmart, Target. Disaat yang tepat, Taobao hadir sebagai oase pabrik bagi konsumen di China -memfasilitasi pedagang atau pengusaha lokal untuk menjual barangnya kedalam maupun keluar negeri. Saat terkena akibat krisis ini, pemerintah China pun segera menyeimbangkan perekomonomiannya terhadap konsumsi (selain komoditi, properti, dan lainnya), dan Alibaba adalah salah satu pihak yang paling merasakan manfaatnya.

Referensi:

Jack Ma dikenal dengan julukan the richest man in China dengan bisnis ecommerce nya yaitu Alibaba, seperti Taobao, Alipay dan lain sebagainya, Jack Ma berhasil mengalahkan eBay dimana pada waktu itu merupakan bisnis e-commerce terbesar. Namun, dibalik kesuksesannya dengan Alibaba nya saat ini tidak semulus kesuksesan yang Ia dapatkan, Jack Ma berkali kali mendapatkan penolakan ketika melamar kerja dan ditolak untuk dapat kuliah di Harvard University pada saat itu, namun kegagalannya tersebut Ia jadikan salah satu Rules for Success nya.

Alasan Jack Ma membentuk Alibaba adalah tidak bukan untuk negara nya China karena Ia menginginkan membantu perusahaan kecil dan menengah yang ada di negaranya untuk memperoleh uang dari penggunaan e-commercenya, karena pada saat itu internet semakin bertambah besar dan pasar eBay pada saat itu sangatlah meningkat, dimana Jack Ma sendiri menyadari bahwa masyarakat negaranya mampu untuk melakukan hal tersebut (menyaingi) namun masih belum menyadarinya, disinilah Jack Ma ingin berusaha untuk membuat dan mengajak masyarakat dengan mimpinya tersebut melalui Alibaba ini, dimana dengan salah satu slogannya

“global vision, local win. We design the business model ourselves”.

Dimana Ia beranggapan bahwa masyarakat China sendiri memiliki SPIRIT sebuah inovasi yang lebih besar dan mampu dikembangkan.

Lalu, apa sesuatu hal yang ada pada diri Jack Ma yang bisa merubah mindset masyarakat china dan yang lainnya?.

Kepribadian Jack Ma lah yang membuat masyarakat China, pemerintah China dan seluruh dunia membuat merubah mindset mereka. karena Jack Ma mengatakans, suatu hal yang sangat penting dalam hidupnya dan sesuatu yang bisa Ia lakukan adalah “influence many people and influence China’s development”, hal ini mungkin bisa diperkuat karena dulunya Jack Ma merupakan mahasiswa yang memiliki gelar sebagai seorang guru dimana mempunyai kapasitas untuk dapat mengedukasi seseorang dan memberikan arahan yang menurut dia benar. Di sisi lain, Jack Ma juga mempunyai pandangan yang berbeda dan lebih luas untuk kemajuan negaranya itu yaitu dengan visi membangun ekosistem e-commerce yang mengijinkan seluruh konsumen dan pebisnis untu melakukan segala bentuk kegiatan bisnis online.

Dengan kemauan besarnya mengantarkan dia yang saat itu masih muda dan dengan bantuan teman-temannya untuk membentuk e-commerce Alibaba seperti Taobao,Tmall dsb karena dia beranggapan.

“We will make it because we are young and we never, never give up”,

selain itu pribadi Jack Ma yang membuat suasana kerja dengan rasa senang membuat seluruh pegawainya merasa nyaman dan semangat untuk melakukan pekerjaan. Selain itu, prinsip Jack Ma yang menomor satukan “customer”, kedua adalah “employee” yaitu pegawainya dan ketiga adalah “shareholder”.
Mengapa demikian? Karena Jack Ma mengetahui bahwa dalam bisnis customer lah yang utama, customer yang memberi atau membayar kita, kemudian pegawai lah yang membuat sebuah inovasi, namun shareholder akan meninggalkan kita jika merasa tidak menguntungkan baginya. Itulah mengapa Jack menomor satukan customer disini.
quote-for-ecommerce-the-most-important-thing-is-trust-jack-ma-82-85-32-678x381

Berkat produknya tersebut mengantarkan masyarakat china yang beralih menggunakan Taobao dan e-commerce dari Alibaba Group lainnya untuk proses bisnis online tersebut, karena disini peran Taobao dan lainnya yang sebagai penengah atau jembatan bagi produsen dan konsumen. Pemerintah China juga mendapatkan imbas dari e-commerce ini, banyak sekali masyarakat yang menggunakan jasa e-commerce dari Alibaba ini yang mengedapankan kemudahan user, dan pemerintahan China sendiri mendapatkan keuntungan yang sangat besar yang membantu perekonomian China pada saat itu.

Note :

Di China sendiri, Jack Ma tidak dikenal dengan Alibaba nya, melainkan Taobao, yang mana sebuah e-commerce yang memuncaki peringkat e-commerce yang paling banyak digunakan oleh masyarakt China. Taobao memiliki style yang merubah gaya belanja orang China pada saat itu yaitu dengan menggunakan internet dan dinilai lebih baik dibandingkan eBay yang sudah beredar dan terkenal waktu itu. Selain itu, Jack Ma dikenal untuk selalu memberikan kesempatan kepada pemuda untuk selalu berkarir, karena berawal dari pemuda lah yang nantinya akan membawa kemajuan untuk negara di masa depan.

Referensi :
  1. https://www.youtube.com/watch?v=9e_mqibZc-Q
  2. https://economictimes.indiatimes.com/magazines/panache/jack-mas-story-is-sort-of-the-american-dream-set-in-china/articleshow/57138504.cms
  3. http://www.businessinsider.com/inspiring-life-story-of-alibaba-founder-jack-ma-2017-2/?IR=T/#the-company-also-hosts-annual-talent-shows-and-ma-is-a-natural-entertainer-at-a-company-anniversary-event-he-dressed-up-as-a-punk-rocker-for-a-performance-in-front-of-20000-alibaba-employees-23
  4. https://www.inc.com/magazine/20080101/how-i-did-it-jack-ma-alibaba.html

3 posts were merged into an existing topic: Bagaimana biografi Jack Ma : Pendiri Alibaba ?