Bagaimana ciri atau karakteristik seseorang yang mempunyai Harga Diri yang Tinggi?

Harga diri

Harga diri atau Self esteem merupakan penilaian-penilaian seseorang tentang dirinya sendiri dari berbagai titik pandangan yang berbeda, apakah individu tersebut sebagai orang yang berharga dan sebaiknya.

Bagaimana ciri atau karakteristik seseorang yang mempunyai Harga Diri yang Tinggi ?

Rosenberg menjelaskan bahwa individu dengan harga diri atau self esteem yang tinggi merasa bahwa dirinya berharga, menghormati dirinya tapi tidak mengagumi diri sendiri ataupun mengharapkan orang lain untuk mengguminya. Ia juga tidak menganggap dirinya lebih superior dibandingkan orang lain.

Individu dengan self esteem tinggi cenderung akan mengembangkan diri dan memperbaiki diri.

ciri seseorang dengan harga diri rendah dan tinggi

Berikut karakteristik individu dengan harga diri atau self esteem yang tinggi, menurut Branden (1994), yaitu :

  • Memiliki kapasitas untuk menghadapi tantangan dan terbuka kesempatan memperoleh kebahagiaan hidup. Hal ini berkorelasi dengan pikiran yang rasional dan realistis dari individu tersebut. Individu dengan self esteem tinggi juga tak mudah cemas, kreatif, mandiri, fleksibel, mampu menghadapi perubahan, dapat menghadapi atau mengoreksi kesalahan, dan kooperatif.

  • Memiliki tujuan dalam hidupnya sehingga mampu mempersiapkan diri bila terpaksa harus menghadapi kemalangan dalam hidupnya baik dalam kehidupan pribadi maupun kariernya dan semakin siap untuk bangkit kembali bila mengalami kegagalan.

  • Mampu memacu diri sendiri, optimis, cenderung berambisi tinggi dalam mencapai aspek kehidupan baik secara emosional maupun intelektual, bersemangat memulai segala sesuatu dari awal dan tidak mundur menghadapi kegagalan. Bila menghadapi kritik mereka tidak sensitif namun menerima masukan verbal maupun nonverbal dari orang lain untuk dirinya.

  • Mampu mengekspresikan dirinya serta merefleksikan berbagai kemampuan positif yang dimiliki dan puas dengan dirinya sendiri.

  • Dalam berhubungan dengan orang lain, mampu membina hubungan saling menguntungkan, kejujuran, keterbukaan dan kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dengan orang lain, menghargai orang lain, bersifat bijaksana, memiliki niat baik serta bersikap wajar dalam memperlakukan orang lain.