Bagaimana cara yang paling efektif untuk mengatasi atau mengusir stres ?

stres

(Andre Bagus Wicaksono) #1

Gambar: altruahealthshare.org

Rasa stres dapat mengganggu dan datang kepada kita kapanpun tanpa kita sadari. Ada banyak hal yang dapat membuat saya menjadi stress. Beberapa hal diantaranya datang dari orang-orang sekitar saya. Bagaimanakah cara yang efektif untuk menghindari atau menanggapi rasa stres ?


(Nicky Setyowati) #3

Memang rasa stress dapat sewaktu-waktu mengganggu pekerjaan atau segala hal dan aktivitas yang sedang kita lakukan. Hal tersebut dapat dipicu dari beberapa faktor. Anda dapat menghindari stress dengan:

  1. Bersosial dengan orang yang tepat.
    Tidak semua orang yang ada disekitar anda dapat membuat anda tertawa. Kadang kala, orang terdekat anda dapat menjadi pemicu stress. Hal tersebut akan membuat anda malas untuk bertemu dengan orang tersebut. Tentunya anda tidak ingin menjadi individu yang anti sosial, bukan?
    Untuk menghindari hal tersebut, anda dapat mencari teman atau orang lain yang dapat meluangkan waktu dengan anda. Hal ini dapat dilakukan untuk semata-mata supaya anda mendapatkan sesuatu yang baru agar anda tidak bosan.

  2. Melakukan hal yang perlu saja
    Merencanakan sesuatu ternyata dapat menjadi pemicu stress. Mungkin anda telah mengatur hari anda sesuai dengan kegiatan anda berdasarkan jam yang telah anda atur. Lalu tiba-tiba ada hal lain yang merusak rencana anda pada hari tertentu. Tentu anda akan menjadi stress.
    Namun anda dapat menghindari stress ini dengan melakukan apapun yang sudah menjadi prioritas anda. Cobalah untuk tidak merencanakan sesuatu yang kurang penting untuk dilakukan.

  3. Menyediakan tempat tersendiri untuk rasa stress anda
    Tentunya anda tidak ingin orang lain tau bahwa anda sedang merasakan stress. Karena bisa saja anda akan menjadi emosi jika orang bertanya-tanya ketika anda stress. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mengesampingkan rasa stress yang melanda anda. Cobalah untuk menghadapi sesuatu dengan hal atau cara yang sehat. Emosi bukanlah suatu jalan untuk meredakan stress.


(Gede Dandy Salodivansa Barani) #6

1.Memiliki harapan yang realistik

Banyak orang memasang harapan/tujuan yang tidak realistik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Sebetulnya tidak salah sih, karena ada kata bijak yang mengatakan : “gantungkan cita-citamu setinggi langit.”.

Memasang harapan/tujuan yang tinggi dapat meningkatkan kemampuan anda, namun jika harapan/tujuan tersebut justru dapat membawa stress yang negatif kepada anda, sebaiknya anda mempertimbangkan kembali harapan/tujuan anda tersebut.

Sebagai contoh, misalkan anda saat ini berpenghasilan 5 juta/bulan, anda kemudian menentukan target ingin membeli sebuah mobil BMW seharga 500 juta dalam waktu 1 tahun.

Hmm… tidak salah anda menentukan target membeli mobil BMW, hanya jangka waktunya perlu dibuat yang realistik, misalkan dalam waktu 5 tahun. Dengan asumsi, anda sudah bekerja sangat keras dan menjadi seorang general manager dengan penghasilan 40 juta/bulan.

2.Aktif Berolahraga

Aktif Berolahraga dapat mengurangi stress, melalui pelepasan endorphins, yaitu hormon anti depresi yang dimiliki tubuh, begitu kata para ahli. Aktivitas olahraga seperti jogging, berenang dan aerobik dapat membuang energi berlebih yang jika didiamkan dapat tertimbun di dalam tubuh. Sesuatu yang tertimbun, apapun juga, sangat tidak baik.

3.Melakukan persiapan sebelumnya

Stress seringkali disebabkan oleh situasi tertentu dimana anda berada. Banyak orang sebagai contoh memiliki ketakutan berbicara di depan umum. Tetapi saya rasa semua dari kita pun pasti gugup dan stress pada saat pertama kali berbicara di depan umum, tidak terkecuali.

Salah satu strategi yang cukup efektif untuk mengatasi hal ini adalah anda melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya, termasuk mengunjungi lokasi tempat anda akan berbicara untuk mulai membiasakan diri anda. Sering orang mengatakan, untuk mendapatkan ’feelingnya’ terlebih dahulu.

Anda juga bisa melakukan latihan di depan keluarga atau teman-teman anda. Namun saya rasa di Indonesia, hal ini jarang sekali terjadi mengingat budaya kita yang mengakibatkan anda justru canggung berbicara di depan mereka.

4.Lakukan break di sela-sela pekerjaan anda

Banyak dari kita bekerja dalam lingkungan yang membutuhkan kecepatan dan ketelitian. Anda sebetulnya memiliki kemampuan untuk dapat mengukur level stress dan energi anda sendiri. Jika anda merasa kepala anda sudah sangat penat, lakukanlah break.

Toh jika dipaksa pun, fokus anda sudah pasti akan terganggu. Akibatnya kualitas pekerjaan anda akan menurun. Jika memungkinkan, pergilah jalan-jalan ke luar, seperti ke taman misalnya, untuk menjernihkan otak anda.

5.Kurangi caffeine

Gejala stress seperti kegelisahan sangat erat berkaitan dengan jumlah caffeine dalam tubuh anda. Banyak orang minum bergelas-gelas kopi dalam satu hari. Cobalah batasi konsumsi kopi anda maksimal 1 gelas sehari.

Mengurangi caffeine sangat membantu anda untuk tidur nyenyak dan pada akhirnya anda akan mendapatkan lebih banyak energi.

6.Cukup tidur

Banyak orang tidak mendapatkan cukup tidur setiap hari. Tujuh sampai dengan delapan jam sehari adalah jumlah yang disarankan, bervariasi antara masing-masing orang. Anda akan mengetahui ketika anda cukup tidur, anda akan bangun segar setiap hari (seringkali secara alami kita bangun sebelum alarm berbunyi), sehingga anda akan menghadapi hari dengan lebih berenergi.

7.Seimbang antara bekerja dan bermain

Orang yang tidak membiarkan dirinya untuk bersenang-senang akan mendapatkan level stress yang tinggi. Jangan merasa bersalah ketika anda memanjakan diri anda dengan berolahraga, relaksasi, hiburan dan melakukan hobi-hobi anda.

Para pembaca yang budiman, jika anda sudah merasakan tanda-tanda atau gejala-gejala stress, saya sarankan anda segera melakukan tips-tips diatas, sehingga kehidupan anda menjadi jauh lebih baik.


(Ivan Liu) #7

Beberapa cara yang tepat sebagai langkah untuk mengantisipasi datangnya stress :

  1. Biasakan tidur yang cukup
    Jika anda mempunyai pola tidur yang cukup , kesehatan akan senantiasa terjaga, badan akan selalu dalam kondisi fresh disaat jadwal aktifitas menggunung sekalipun. jadi segera ubah pola tidur anda jika tidak ingin mengalami stress.

  2. Selalu berpikir positif
    Bagi anda yang mempunyai pikiran yang positif niscaya tak akan mudah dihinggapi stress, mengapa? Hal ini dikarenakan seberat apapun masalah yang dihadapi anda selalu bisa menarik kesimpulan positif dan yakin bisa mendapat jalan keluar terbaik. Psikis tidak akan mudah tertekan dan tetap bisa berpikir dengan jernih.

  3. Menghibur diri ke tempat yang anda sukai
    Banyak menghibur diri ternyata menjadi alternatif lain pencegah stress ini disebabkan dengan mengunjungi tempat yang anda sukai kebosanan dan kepenatan anda sebagai akibat rutinitas padat akan sirna dengan seketika. Pikiran akan kembali tenang dan stabilsetelah anda mengunjungi tempat favorit anda. Bisa itu laut, gunung atau tempat hiburan keluarga.

  4. Perbanyak minum air putih
    Air putih sendiri berfungsi menjaga kesegaran, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun… Jika suasana hati Anda sedang tidak menyenangkan atau sumpek, minumlah air putih agar kembali segar.

    Pada dasarnya penyebab pikiran menjadi tidak kondusif adalah kurangnya kadar air di otak Anda. Dengan Anda meminum air putih, pikiran Anda akan fresh kembali dan otak bisa kembali berpikir dengan jernih.

  5. Dengarkan Hipnoterapi Relief Stress
    Langkah lain yang bisa anda lakukaan adalah dengan tehnik hipnoterapi. Tehnik ini mulai diminati oleh berbagai kalangan karena sudah terbukti efektif. Rata-rata pasien penderita stress merasakan rileksasi terdalam setelah melakukan sesi hipnoterapi. Hipnoterapi kini tak lagi sesulit yang anda bayangkan, yaitu harus mengunjungi pusat atau klinik hipnoterapi yang kebanyakan hanya dibuka dikota-kota besar.

  6. Perbanyak Bersyukur.
    Stress sering terjadi pada beberapa orang yang tidak pernah puas akan apa yang didapati, mereka selalu saja melihat keatas dan tak pernah melihat masih banyak orang yang lebih kesusahan. Jadi usahakan perbanyak bersyukur atas apapun kondisi anda sekarang agar tidak cepat stress.

Selain itu, berikut adalah cara yang efektif untuk mengusir stress, antara lain :

  1. Bernafas dalam-dalam
    Menarik nafas dalam-dalam merupakan salah satu teknik dalam yoga yang dapat memproduksi laju hormone endorfin yang membuat pikiran tenang serta hati yang bahagia. Sebelum mencobanya, pastikan Anda melakukan ini diruangan yang tidak bising dan sejuk, misalnya di halaman rumah ketika sore hari atau pagi hari.

  2. Berfikir Positif
    Jika ada yang membicarakan Anda dari belakang, tetaplah sabar dan positive thinking. Mungkin mereka membicarakan skill menonjol yang tertanam dari diri Anda, seperti kedisiplinan Anda datang ke kantor, ketekunan dalam bekerja, bertindak dan berpikir cepat dan beberapa hal yang membuat diri Anda termotivasi. Selalu berpikiran positif juga membantu mencegah stres.

  3. Refreshing
    Tidak ada salahnya jika sekali-kali anda melakukan refreshing untuk menghilangkan kejenuhan dan kepenatan karena sibuk bekerja. Akhir pekan atau weekend merupakan waktu yang tepat untuk bersantai, Anda bisa ajak kerabat, sahabat, saudara/i, atau keluarga untuk jalan-jalan ke pantai atau ketempat yang asyik menurut Anda. Intinya Anda buat weekend Anda sebahagia mungkin, dengan begitu stres yang menghantui Anda bisa hilang dalam sekejap.

  4. Melakukan pijatan
    Untuk melepaskan ketegangan fisik dari proses kerja yang padat anda dapat melakukan pijatan pada tubuh anda. Pijat adalah cara enak untuk merilekskan otot. Membantu darah mengalir dengan baik ke seluruh tubuh, secara biologis membuat fungsi tubuh lebih optimal, dan mengurangi stress.

  5. Mendengarkan musik
    Cari lagu favorit anda dan dengarkan sambil tiduran. Musik sangat bagus untuk merileksasi otak kita. Jika anda bisa bermain alat musik seperti gitar lebih baik lagi untuk mengatasi stress. Anda juga dapat mendengarkan music santai dari Terapi Otak. Terapi otak bebas stress akan membantu menghilangkan stress yang sedang melanda anda. stress sebenarnya diakibatkan oleh tidak stabilnya gelombang otak beta. Paduan gelombang Alpha, Beta dan Gamma yang harmonis pada Terapi Otak Bebas Stress menjadikan otak Anda terasa di pijat, sehingga otak terasa nyaman dan rileks.