Bagaimana cara untuk meningkatkan produktivitas perusahaan ?

produktivitas

(Amalia Laisa) #1

Produktivitas

Produktivitas merupakan pengukuran output berupa barang atau jasa dalam hubungannya dengan input yang berupa karyawan, modal, materi, atau bahan baku dan peralatan. Bagaimana cara untuk meningkatkan produktivitas perusahaan ?


(Shinta Amanda) #2

Untuk mempertahankan atau meningkatkan produktivitas, banyak organisasi telah mengembangkan program-program peningkatan produktivitas. Ada beberapa hal penting yang pada umumnya harus diikuti perusahaan agar program peningkatan produktivitas berhasil, yaitu pengukuran produktivitas, komitmen organisasional, dan umpan balik atas hasil-hasil yang dicapai.

Langkah-langkah untuk mencapainya adalah sebagai berikut :

  • Mengembangkan ukuran-ukuran produktivitas pada seluruh tingkat organisasi.

  • Menerapkan tujuan-tujuan peningkatan produktivitas dalam konteks ukuran- ukuran yang ditetapkan. Tujuan-tujuan produktivitas ini hendaknya realistik dan mempunyai batasan waktu.

  • Mengembangkan rencana-rencana untuk mencapai tujuan-tujuan.

  • Mengimplementasikan rencana.

  • Mengukur hasil-hasil. Langkah ini akan memerlukan pengumpulan data dan penilaian kemajuan periodik dalam pencapaian tujuan yang ditetapkan pada langkah 2. Bila peningkatan produktivitas tidak tercapai, tindakan korektif akan diperlukan atau tujuan harus direvisi untuk disesuaikan dengan perubahan kondisi (Handoko, 2000)

Banyak perusahaan mengimplementasikan program-program peningkatan produktivitas dengan program-program peningkatan produktivitas dengan program-program partisipatif yang berwujud komite-komite manajemen karyawan. Ini tidak hanya bermaksud untuk mengurangi berbagai bentuk kompetisi manajemen serikat kerja, tetapi bila manajemen mendapatkan kenaikan produktivitas, perusahaan membagi penghematan-penghematan biaya dengan karyawan dalam bentuk pembayaran insentif dan ”benefits” lainnya.

Komite-komite ini tidak hanya melakukan bagian kegiatan-kegiatan ” collective bargaining ” normal antara serikat kerja dan manajemen, tetapi juga bersangkutan dengan masalah-masalah pencarian cara-cara untuk meningkatkan produktivitas.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar program-program peningkatan produktivitas tipe partisipatif ini sukses adalah sebagai berikut:

  • Dukungan manajemen puncak . Setiap program pasti memerlukan keterlibatan dan kepentingan aktif manajemen.

  • Komitmen dengan implementasi . Para anggota komite akan, pada akhirnya, harus mengimplementasikan segala seuatu yang akan menghasilkan peningkatan produktivitas. Mereka hendaknya tidak melakukannya sebagai anggota komite tetapi sebagai kepala departemenya sendiri atau karyawan dalam suatu departemen.

  • Monitoring pelaksanaan peningkatan produktivitas . Setelah tujuan-tujuan program ditetapkan, laporan-laporan dibuat tentang apa yang dilakukan dan pembandingan-pembandingan dibuat terhadap tujuan-tujuan. Pembandingan-pembandingan ini harus dibuat dalam seluruh bidang sumber daya yang digunakan tenaga kerja, mesin dan peralatan, energi, penggunaan bahan mentah dan penghematan-penghematan biaya.

  • Apresiasi Produktivitas . Komite-komite produktivitas membantu untuk mengembangkan suatu iklim di mana orang-orang akan menghargai masukan-masukan sumner daya, dan belajar bagaimana mengurangi biaya- biaya.

  • Organisasi komite . Akhirnya, komite produktivitas tingkat atas jangan melakukan semuanya ini oleh mereka sendiri, setiap komite harus diberi tugas untuk menetapkan rencana dan memonitor hasil-hasil.

Sedangkan metoda-metoda yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas dikelompokkan menjadi empat kategori umum :

  1. perbaikan- perbaikan produk dan proses,
  2. perbaikan-perbaikan pekerjaan,
  3. metoda- meoda motivasi karyawan, dan
  4. perubahan organisasional.

Referensi : Handoko, T. Hani, Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. BPFE Yogyakarta, Yogyakarta, 2000.


(Annisa Maulida Zahro) #3

Produktvitas kerja yang tinggi atau cendrung meningkat sangat penting bagi perusahaan, karena dengan meningkatnya produktivitas kerja karyawan, maka efesiensi dan efektivitas perusahaan akan meningkat. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktvitas perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Menerapkan program reduksi biaya

    Reduksi biaya berarti dala menghasikan output dengan kuantitas yang sama kita menggunakan input dalam jumlah yang lebih sedikit. Jadi peningkatan produktivitas melalui program reduksi biaya berarti output yang tetap dibagi dengan input yang lebih sedikit.

  2. Mengelola petumbuhan

    Peningkatan produktivitas dengan cara mengelola pertumbuhan berarti kita meningkatkan output dalam kualitas yang lebih besar melalui peningkatan penggunaan input daalam kuantitas yang lebih kecil. Artinya output meningkat lebih banyak, sedangkan input meningkat lebih sedikit.

  3. Bekerja lebih tangkas

    Bekerja lebih tangkas akan dapat meningkatkan produktivitas. Jadi produktivitas meningkat tetapi jumlah input tetap sehingga akan diperoleh biaya produksi per unit output yang rendah.

  4. Mengurangi aktivitas

    Melalui pengurangan sedikit output dan mengurangi banyak input yang tidak perlu akan dapat meningkatkan produktivitas.

  5. Bekerja lebih efektif

    Peningkatan produktivitas melalui jurus ini adalah dengan cara meningkatkan output, tapi tidak mengurangi penggunaan input.