Bagaimana cara mencegah terjadinya radang gusi atau iritasi gusi?

Radang Gusi

Radang Gusi atau Iritasi Gusi merupakan peradangan yang mengenai jaringan lunak di sekitar gigi atau jaringan gingiva (Nevil, 2002).

Setelah mengetahui penyebab dari iritasi gusi tersebut, kini kita akan membahas mengenai bagaiamana cara mengatasi iritasi gusi. Berikut ulasannya untuk anda sobat.

  • Rajin Mengonsumsi Sayur Dan Buah Segar
    Cara yang pertama yang bisa anda lakukan untuk mencegah iritasi pada gusi adalah dengan rajin mengonsumsi sayur dan buah segar. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, buah dan sayur segar kaya akan vitamin C yang bisa senantiasa menjaga kesehatan mulut anda, begitupun dengan gusi anda tentunya. manfaat vitamin c untuk gigi disini sangat jelas ya sobat. Dengan rajin mengonsumsi buah dan sayur segar, maka bakteri yang ada dalam mulut anda akan terkalahkan.

  • Gunakanlah Sikat Gigi Yang Lembut
    Terkadang gusi sering berdarah dan bau mulut pada saat kita menggosok gigi. Hal ini bisa saja disebakan oleh bulu sikat gigi anda yang terlalu kasar, sehingga pada saat anda menggosok gigi dan mengenai gusi, maka gusi anda akan terluka sehingga mengakibatkan gusi anda terkena iritasi.

  • Rajinlah Berkumur Dengan Obat Kumur
    Cara yang ketiga adalah dengan rajin berkumur dengan obat kumur. Dengan rajin berkumur, maka bakteri yang ada di dalam mulut anda akan tersingkirkan dengan adanya obat kumur yang anda gunakan. Gunakanlah obat kumur ini setelah anda selesai sikat gigi dengan teratur ya sobat agar gusi anda terhidar dari iritasi.

  • Mengatasi radang gusi dengan mengoleskan pasta kunyit
    Kunyit mengandung kurkumin, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kurkumin secara efektif bisa mengurangi plak, nyeri, pembengkakan dan peradangan pada gusi. Plus, bisa mengurangi aktivitas bakteri untuk mencegah infeksi.Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Perhimpunan Periodontologi India juga menemukan obat kumur kunyit efektif sebagai tambahan untuk kontrol plak mekanik untuk mencegah plak dan radang gusi, berkat sifat anti-plak, anti-inflamasi dan anti-mikroba yang sebanding dengan obat kumur klorheksidin biasa.

  • Kumur dengan minyak kelapa untuk mengurangi bakteri
    Kumur dengan minyak tertentu atau oil pulling adalah praktik Ayurveda populer yang bisa membantu mengurangi bakteri yang menyebabkan radang gusi. Praktik ini bisa mengurangi plak, menguatkan gusi dan membantu menjaga kesehatan mulut yang baik.

  • Mengatasi radang gusi dengan baking soda
    Baking soda adalah obat radang gusi rumahan yang populer. Baking soda menetralkan asam di mulut, sehingga mengurangi resiko kerusakan gigi dan penyakit gusi. Selain itu, baking soda bekerja sebagai antiseptik alami untuk membantu mencegah infeksi.

  • Mengobati penyakit gusi dengan sari lemon
    Lemon mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membantu mengobati penyakit gusi. Juga, lemon mengandung vitamin C, yang bisa membantu melawan infeksi.

sumber: https://sehatly.com/3223