Bagaimana cara mempertahankan rasa percaya diri ?

Percaya diri

Percaya diri ( self-confidence ) adalah kemampuan individu untuk dapat memahami dan meyakini seluruh potensinya agar dapat dipergunakan dalam menghadapi penyesuaian diri dengan lingkungan hidupnya. Orang yang percaya diri biasanya mempunyai inisiatif, kreatif, dan optimis terhadap masa depan, mampu menyadari kelemahan dan kelebihan diri sendiri, berpikir positif, menganggap semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya.

Bagaimana cara mempertahankan rasa percaya diri ?

Beberapa tips mempertahankan dan meningatkan rasa percaya diri :

  1. Anda mempunyai kelebihan
    Jangan mengunggulkan kelebihan Anda dan merendahkan apa yang dimiliki orang lain. Itu sudah bukan rasa percaya diri, tetapi keangkuhan. Tidak ada hal positif yang bisa dibawa dari memiliki rasa angkuh. Anda merasa aman dengan diri sendiri namun justru merasa penuh ancaman dari luar. Orang yang percaya diri tidak merasa takut dengan kehadiran orang lain, yang sering dinilai lebih baik dan sempurna. tetapi tetap pahami bahwa orang lain juga punya kelebihan dan Anda pun punya kekurangan.

  2. Jangan bersikap sombong
    Orang yang percaya diri tidak memerlukan pengakuan dari orang lain bahwa dirinya cukup mampu untuk mengatasi segala situasi. Mereka adalah orang yang tergolong santai, nyaman dengan miliknya sendiri, bahkan cenderung cuek dengan apa yang dimiliki orang lain (biasanya dalam hal materi). Orang dengan rasa percaya pada dirinya sendiri tidak butuh membandingkan dirinya dengan orang lain, cukup ia membandingkan dirinya yang sekarang dengan yang dulu apakah sudah ada perubahan atau kemajuan. Dilihat dari konteks ini, sudah bisa menilai apakah Anda percaya diri atau sombong?
    Hati-hati, jika Anda merasa percaya diri namun masih kerap membandingkan diri dengan orang lain, terutama jika Anda mencari perbandingan yang lebih rendah, itu sudah merupakan sikap sombong, bukan percaya diri.

  3. Tetaplah rendah hati
    Orang angkuh menganggap dirinya sebagai pribadi sempurna, yang paling benar, yang paling super. Itulah mengapa cerminan sikap mereka cenderung memperlihatkan perilaku yang membeda-bedakan orang lain. Selain itu, perlakuan mereka ke orang satu dengan orang lainnya cenderung bisa dibedakan berdasarkan kondisi sosial dan ekonomi. Biasanya, orang yang angkuh cenderung berbaur dengan orang-orang yang dianggap satu kelas atau lebih tinggi dengannya.