Bagaimana cara melatih keterampilan sosial dalam berhubungan dengan orang lain ?

perilaku_sosial
kecerdasan_sosial

(Ivan Liu) #1

Keterampikan sosial merupakan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain dalam satu konteks sosial dengan suatu cara yang spesifik yang secara sosial dapat diterima atau diniai dan menguntungkan orang lain.

Bagaimana cara melatih keterampilan sosial dalam berhubungan dengan orang lain ?


(Ivan Liu) #2

Cara untuk melatih keterampilan sosial dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini, antara lain :

  1. Menghilangkan rasa malu

    Sifat pemalu yang berlebihan akan menghambat Anda dalam bersosialisasi dengan orang lain. Itulah sebabnya jika Anda ingin melatih kemampuan bersosial, Anda perlu untuk menghilangkan rasa malu terlelebih dahulu.

  2. Berani mengakui kesalahan

    Saat Anda berbuat salah, akuilah, malah jangan menyalahkan orang lain. Orang yang tidak bisa mengakui kesalahannya sendiri akan sulit untuk diterima oleh orang lain. Berani mengakui kesalahan adalah salah satu cara untuk melatih keterampilan social.

  3. Tunjukan sifat positif yang Anda miliki

    Saat Anda sedang bersosialisasi dengan orang lain, tunjukan sifat positif yang Anda miliki. Dengan begitu mereka akan memberikan kesan yang baik terhadap Anda, dan hal itu akan memberikan Anda kemampuan untuk mengembangkan keterampilan sosial menjadi lebih baik.

  4. Jadilah pendengar yang baik

    Mendengarkan pembicaraan orang dengan baik, tidak menyela ketika orang berpendapat. Contoh sikap tersebut akan membuat Anda dengan mudah untuk melatih keterampilan sosial yang Anda miliki. Jadi jangan ragu untuk menjadi seorang pendengar yang baik.

  5. Memperhatikan bahasa tubuh

    Saat Anda mendengarkan orang lain berbicara dengan Anda, perhatikanlah dengan baik bahasa tubuh mereka. Dengan begitu Anda aka mengerti dengan baik apa yang mereka ingin sampaikan. Selain itu juga menimbulkan kesan bahwa Anda seorang yang memperhatikan temannya.

  6. Bersosialisasi

    Langkah terakhir dalam cara melatih keterampilan sosial, tentulah adalah bersosialisasi. Anda harus bersosialisasi lebih banyak untuk membangun jaringan yang baik. Semakin sering Anda bersosialisasi; akan memberikan kemampuan yang lebih baik untuk mengembangkan keterampilan sosial Anda.

Demikianlah cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih keterampila sosial. Jika Anda mampu dan sering mempraktekkan cara diatas, maka secara perlahan Anda akan mampu untuk meningkatkan keterampilan sosial.