Apakah Teknologi Dapat Memenuhi Kebutuhan Mencari Informasi Kerja dan PKL di Masa Pandemi?

Keberadaan pandemi COVID-19 menuntut terjadinya banyak penyesuaian dalam hidup manusia, tak terkecuali dalam pencarian informasi kerja dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) karena timbulnya isu keamanan dan kesehatan yang dapat menjadi pembatas ruang gerak mereka. Adanya pandemi tersebut menimbulkan setidaknya satu syarat tambahan bagi pihak pencari maupun penyedia lapangan pekerjaan, yaitu aman dari risiko paparan COVID-19.

Munculnya COVID-19 mungkin tiba di waktu yang lebih baik karena saat ini teknologi komunikasi dan informasi telah berkembang pesat serta tersedia dengan baik. Kegiatan pencarian informasi kerja dan PKl dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka secara fisik.

Namun, Apakah Teknologi dapat memenuhi Kebutuhan Pencarian Informasi Kerja dan PKL dengan segala tuntutan yang ada di Masa Pandemi? Yuk bagikan pendapat kalian dan sampaikan tips-tips pencarian informasi pekerjaan yang baik versi kalian!

6 Likes

Perkembangan Teknologi Informasi yang semakin maju di satu sisi justru semakin mempermudah orang untuk menemukan pekerjaan. kita yang baru lulus kuliah tak boleh jauh-jauh dari teknologi jika ingin mudah mencari kerja. Kerja lebih mudah, lebih simple dan penghasilan pun menjanjikan. Kemampuan teknologi informasi memang memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia, pun dalam bekerja. Berikut ini beberapa fakta yang penting di ketahui:

  1. Perusahaan akan mencari Profil dan Jejak Digital Diri Kita
    Saat ini perusahaan sebelum memutuskan untuk menerima seseorang bekerja di perusahaannya, biasanya akan mengecek bagaimana profil dan jejak digital seseorang di Sosial Media. Bila seseorang terlihat memiliki profil akun sosmed yang bagus, popular dan positif maka akan semakin memberikan peluang besar diterimanya orang tersebut di perusahaan tempat ia mengajukan lamaran. Seseorang yang tidak eksis dan tidak tanggap terhadap teknologi akan dipertimbangkan untuk ditolak. Hidup di era teknologi mengharuskan kita bisa memanfaatkan dan menggunakan teknologi tersebut dengan tepat. Gagap teknologi akan membuat orang berpersepsi negative pada kita, terlebih lagi untuk sebuah perusahaan. Akrab lah dengan teknologi lalu manfaatkan untuk hal yang baik, maka Kita pun akan mendapatkan kebaikan.

  2. lowongan pekerjaan setiap Waktu
    Kemampuan teknologi digital saat ini bukan hanya mempermudah orang untuk menemukan jenis pekerjaan yang disenanginya, bahkan teknologi itu telah melahirkan lowongan pekerjaan yang lebih spesifik. Bagi para fresh graduate misalnya yang bingung melamar pekerjaan kesana sini namun tak kunjung dipanggil untuk interview, kenapa tak coba mencari pekerjaan online yang lebih simple dan mudah? Saat ini ada banyak pekerjaan online yang bisa ditekuni seperti vlogging, blogging, bisnis toko online, content writer dan masih banyak lagi yang lainnya. Pekerjaan tersebut bisa ditekuni siapa saja tanpa memKitang latar belakang pendidikan.

  3. Informasi Pekerjaan doi Dunia Digital Terbuka Lebar
    Saat ini banyak sekali perusahaan yang mencari pekerja yang akan difokuskan untuk pekerjaan online. Contohnnya menjadi Daftar Magang, copywriter online, admin social media online, content writer online, Praktik Kerja lapangan dan sebagainya yang secara khusus akan bekerja full time menggunakan layanan internet dan Mendaftar melalui Link yang tercantum pada Sosial Media. Skill dan penguasaan Kita terhadap teknologi internet akan lebih menjadi pertimbangan dibandingkan dengan latar belakang akademik yang Kita miliki. Marketing online kini sangat dibutuhkan UKM dan perusahaan dengan berbagai level. Mulai dari perusahaan besar hingga industri rumah tangga membutuhkan pekerja yang siap dipekerjakan secara online.

  4. Lowongan pekerjaan yang di Buka di Perusahaan Umumnnya Kini Berbasis Online
    Saat ini banyak sekali perusahaan yang mencari pekerja yang akan difokuskan untuk pekerjaan online. Contohnnya menjadi Daftar Magang, copywriter online, admin social media online, content writer online, Praktik Kerja lapangan dan sebagainya yang secara khusus akan bekerja full time menggunakan layanan internet dan Mendaftar melalui Link yang tercantum pada Sosial Media. Skill dan penguasaan Kita terhadap teknologi internet akan lebih menjadi pertimbangan dibandingkan dengan latar belakang akademik yang Kita miliki. Marketing online kini sangat dibutuhkan UKM dan perusahaan dengan berbagai level. Mulai dari perusahaan besar hingga industri rumah tangga membutuhkan pekerja yang siap dipekerjakan secara online.

Lalu, Apakah Kegiatan Pencarian Informasi Kerja dan PKL yang tanpa harus bertatap muka secara fisik tidak mengurangi kualitas dari kegiatan itu sendiri?

Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan Kerja Praktik (KP) atau lebih sering disebut dengan program magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL). Program Kerja Praktik bertujuan untuk mendukung kegiatan perkuliahan dalam rangka memberi gambaran kepada mahasiswa tentang dunia kerja sesuai dengan bidang kompetensi keprofesian statistika.

Kadangkala dalam kegiatan sehari-hari di kalangan mahasiswa menemui bayak kendala dalam berkomunikasi bahkan untuk pekerja kantoratau dosen yang harus di tuntut profesional dalam bekerja, dalam keadaan apapun harus tetap melaksanakan tugasnya untuk mengatasi permasalahan tersebut sudah banyak aplikasi yang dapat menunjang dan mempermuda komunikasi jarak jauh, seperti Skype, whatsapp, line, Viber, dll.

Namun biasanya aplikasi tersebut hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan satu orang saja, sedangkan untuk meeting dan diskusi lebih dari satu orang maka akan kesulitan. Namun kini telah hadir satu aplikasi yang dapat melaksanakan kegiatan meeting atau diskusi secara bersama seperti bertatap muka langsung tanpa harus bertemu secara fisik, Nama aplikasi tersebut adalah Zoom Cloud Meeting. Zoom Cloud Meeting adalah sebuah aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan komunikasi di manapun dan kapanpun dengan bayak orang tanpa harus bertemu fisik secara langsung. Aplikasi ini untuk videoconference, dengan mudah dapat di install pada perangkat. Jadi begitulah aplikasi Zoom Cloud Meeting, dapat mempertemukan banyak orang di dalam satu ruang aplikasi, serta mempermuda dan mempersingkat waktu pertemuan. Jadi dengan adanya aplikasi ini kita dapat lebih terbantu berkomunikasi walaupun jarak jauh, semua penjelasan dan pesan dapat tersampaikan secara langsung tanpa harus bertemu secara langsung tanpa harus bertemu secara fisik.

Yuk bagikan pendapat kalian dan sampaikan tips-tips pencarian informasi pekerjaan yang baik versi kalian!

REFERENSI

[ http://eprints.uad.ac.id/12521/2/KP_1600018057_ISI%20LAPORAN.pdf

1 Like

Argumen bahwa teknologi informasi sudah berkembang dengan pesat pada saat covid-19 adalah benar, karena pengalaman saya tanpa perlu bertatap muka atau bertemu langsung dengan teman-teman saya, saya bisa bertanya langsung menggunakan kecanggihan teknologi informasi yaitu sosial media, perihal mempertanyakan instansi yang bersedia menerima PKL online, dan salah satunya adalah Dictio.id ini, dan itu sangat memudahkan.

Lalu teknologi juga sangat membantu dalam pencarian informasi pekerjaan, contohnya mesin pencarian Google atau lewat akun-akun yang kredibel di sosial media seperti Kormoappid yang sering memberikan lowongan pekerjaan yang umum dan kadang juga memberikan tips and tricks untuk para first graduate dalam menghadapi dunia kerja.

1 Like

Betul banget, Karena semakin berkembangnnya teknologi, Memudahkan manusia untuk mencari Informasi di berbagai internet. Contohnnya kita nih anak PKL dapat mengetahui informasi pendaftaran melalui Media Sosial dari Instagram, Twitter, dll.

Tetapi menurut kamu,kenapa yaa sekarang banyak menyalahgunakan media sosialnnya seperti berita palsu gitu?

Padahal sudah terdapat UUD
Jika melanggar ketentuan Pasal 28 UU ITE ini dapat dikenakan sanksi sebagaimana diatur dalam Pasal 45A ayat (1) UU 19/2016 , yaitu:

Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar.

1 Like

saya setuju dengan pendapat mas yusuf dimana teknologi informasi sudah berkembang dengan pesat pada saat covid-19 bahkan sebelum covid-19 itu ada. cuma memang teknologi informasi ini baru terlihat dampak dibutuhkannya baru sejak covid-19 ada. semenjak covid-19 teknologi informasi ini mulai dibutuhkan bahkan sangat dibutuhkan khususnya dalam dunia kerja. dalam dunia kerja teknologi informasi digunakan untuk lowongan pekerjaan dan pkl.

menurut saya teknologi informasi sekarang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan pencarian informasi kerja dan PKL. saat ini banyak sekali instansi-instansi yang menggunakan teknologi informasi sebagai sarana untuk menawarkan lowongan pekerjaan. dan teknologi informasi sendiri sangan membantu dalam memudahkan para pencari pekerjaan dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat masing-masing. dapat kita temui bahwa banya lowongan pekerjaan melalui website resmi instansi yang terkait, dan melalui akun-akun resmi dan kredibel di sosial media.

1 Like

Menurut saya, penyalahgunaan media sosial seperti berita palsu atau hoax sering dibuat demi memperoleh keuntungan pribadi mereka sendiri. Selain itu, tidak sedikit pula tersebar lowongan pekerjaan palsu dengan iming-iming gaji yang besar namun harus diawali dengan membayar sejumlah uang muka yang kemudian pelakunya kabur membawa uang muka tersebut. Dengan demikian, diperlukan sikap masyarakat yang kritis dan bijak dalam menggunakan teknologi sehingga tidak mudah untuk terjebak dalam penipuan tersebut. Selain itu juga diperlukan peran pemerintah yang lebih aktif untuk memberantas penipuan-penipuan tersebut.

1 Like

Sangat memenuhi dan membantu.

Bandingkan dengan melamar kerja sekitar 20 tahun lalu. Teknologi informasi belum semaju sekarang. Mencari lowongan melalui media cetak seperti iklan koran, poster, dan juga info mulut ke mulut. Kini dengan bantuan teknologi kita hanya perlu mengetik lowongan yang dicari di kolom pencarian, di situs khusus lowongan kerja.

Tak terbayang jika pandemi terjadi 20 tahun lalu, tanpa adanya teknologi seperti sekarang. Agaknya WFH menjadi sesuatu yang tidak memungkinkan.

Saya setuju juga dengan argumen yang disampaikan, bahwa teknologi membantu kita dalam mencari informasi pekerjaan. Khusunnya pada Pandemi seperti ini.

Menurut kakak kenapa ya banyak orang anak muda pengangguran padahal setiap informasi di berita itu banyak Lowongan Pekerjan dari berbagai Perusahaan, BUMN , dll?

Tapi , menurut kaka setuju ga sih dengan Kalimat “ORANG DALAM MEMBANTU KITA KETERIMA PEKERJAAN”

lalu bagaimana dengan orang yang tidak memiliki orang dalam saat melamar kerja?

Saya setuju dengan pendapat kakak. Pandemi ini muncul di waktu yang lebih baik dibandingkan jika muncul di 10 atau bahkan 20 tahun lebih awal dimana teknologi terutama internet masih belum merata dan memiliki harga yang sangat mahal. Saya tidak bisa membayangkan kegiatan Work From Home jika harus dilaksanakan pada saat itu. Pasti akan sangat merepotkan dan mahal.

Dulu, Teknologi ituu tidak begitu modern, Karena keterbatasaan alat juga pemahaman manusia akan merancang teknologi. Tapi dengan seiring berjalannya tahun. Teknologi semakin canggih dan sangat memudahkan manusia dalam mencari informasi yang dibutuhkan dengan perkembangan zaman.

1 Like

Betul mas. Kegiatan WFH, kuliah dan sekolah online banyak mengandalkan platform video conference, yang mana jaman itu belum ada. Bahkan perangkat yang mendukung juga mungkin belum ada

1 Like

Setuju nih. Karena banyak orang yang sudah membuktikannya. Selama pelamar memenuhi kualifikasi seharusnya tidak masalah.

Kalau tidak punya orang dalam, itu berarti kita harus lebih meningkatkan lagi kualitas diri.

Menurut saya hal tersebut normal terjadi jika ada oknum-oknum yang menyalahgunakan media sosial, dan menurut saya UU ITE adalah bentuk kepedulian pemerintah dalam mengurangi hal tersebut. Sekarang adalah tugas kita untuk mengedukasi diri dan cerdas dalam bermedia sosial agar tidak menjadi korban oleh oknum tersebut.

Betul Banget Nihhhh

Berarti kitaa harus terus belajar untuk lebih meningkatkan diri agar bisa keterimaa kerjaa. Berarti kalimat itu salah yaaa, selagi kita membuktikan ke orang orang tanpa orang dalam kita bisa lolos.
Lalu untuk media sosial di Instagram gitu menurut kaka ada kelemahannya ga sih dalam perkembangan teknologi ini?

Lalu bagaimana cara kita mendukasikan kepada masyarakat . Agar tidak menyebarkan Berita Palsu?

Apakah bisa untuk merubah pola pikir masyarakat dalam menyalahgunakan media sosial?
Karena setiap orang memiliki cara berpikir dan karakteristik yang berbeda - beda.

Untuk mengedukasinya kita bisa memberikan beberapa portal berita yang sudah terpercaya oleh masyarakat luas, sehingga dikemudian hari berita palsu akan semakin sedikit pembacanya karena masyarakat sudah terbuka matanya untuk membaca langsung dari sumber-sumber yang terpercaya. Ini bisa kita lakukan dari keluarga sendiri terlebih dahulu atau teman dekat. Karena pengalaman saya kadang orang tua itu sendiri masih suka memberikan kabar-kabar berita yang kurang bisa dipercaya isinya, maka menjadi tanggung jawab saya untuk meluruskan hal tersebut.

Apa ya, kalau mencari lowongan di Instagram mungkin ini kelamahannya

Biasanya kita buka Instagram itu untuk hiburan dan rekreasi. Jadi mungkin saja ada banyak distraksi disana. Niat awal mau cari lowongan, eh malah jadi scrolling terus :grinning_face_with_smiling_eyes:

Kecuali kalau kita bisa fokus sama tujuan, ga masalah.

Menurut saya, teknologi digital sangat memenuhi kebutuhan untuk mencari informasi kerja. Hadirnya teknologi digital ini sangat membantu bagi para jobseeker dalam mencari pekerjaan, baik dengan menggunakan platform pencari kerja, web dari perusahaan itu sendiri, maupun melalui media sosial. Teknologi digital juga menawarkan banyak fitur-fitur yang dapat digunakan, seperti menyaring jenis pekerjaan, lama bekerja, lokasi kerja, dan berbagai filter lainnya. Tentu saja, hal tersebut berbeda dengan beberapa tahun lalu ketika teknologi digital belum berkembang secara pesat seperti sekarang ini. Bahkan kita sekarang selalu menggunakan teknologi digital dalam segala hal. Namun, perlu juga untuk memilah mana yang berasal dari sumber terpercaya dan mana yang tidak. Harapannya dapat semakin mempermudah dalam pencarian informasi kerja. Jadi, teknologi digital sangat membantu dalam berbagai hal, salah satunya kebutuhan mencari informasi kerja.

Setuju banget nih argumen yang disampaikan oleh Kaka Angel bahwa Teknologi digital juga menawarkan banyak fitur-fitur yang dapat digunakan, seperti menyaring jenis pekerjaan, lama bekerja, lokasi kerja, dan berbagai filter lainnya. Tentu saja, hal tersebut berbeda dengan beberapa tahun lalu ketika teknologi digital belum berkembang secara pesat seperti sekarang ini. Dengan berkembangnnya teknologi dapat memudahkan manusia untuk mencari sumber informasi yang dibutuhkan.