Apa yang menjadi penyebab Mood Swing atau gangguan mood?

Gangguan suasana perasaan

Mood swing atau dikenal dengan istilah Gangguan suasana perasaan adalah perubahan keadaan emosi (suasana hati) seseorang yang cenderung mudah terlihat. Pada dasarnya, perubahan emosi ini merupakan kejadian alami dari sebagian besar kehidupan manusia. Selama perubahan emosi ini tidak berdampak kepada kehidupan secara ekstrem, maka Anda masih dapat dianggap sehat.

Apa yang menjadi penyebab Mood Swing atau gangguan mood ?

Terdapat berbagai penyebab bagi seseorang untuk mengalami mood swing, namun pada umumnya bisa dikelompokkan menjadi beberapa hal, seperti:

Kondisi Hormon
Faktor ini memengaruhi reaksi kimia pada otak. Remaja, wanita hamil, dan wanita menopause adalah kelompok yang berkemungkinan besar mengalami perubahan suasana hati terkait kondisi hormon.

Gangguan Fisik
Keadaan ini juga menjadi faktor yang mendasari kemunculan mood swing. Gangguan fisik tersebut dikaitkan dengan kesehatan paru-paru, sistem kardiovaskular, tiroid, dan sistem saraf pusat.

Kondisi mental
Perubahan emosi yang terkait dengan kondisi mental ini disebabkan oleh terganggunya kondisi emosi atau inkonsisten dengan keadaan sebenarnya. Beberapa contoh gangguan emosi adalah:

  • Gangguan depresi berat berupa kesedihan berlebihan dalam jangka waktu yang panjang.
  • Gangguan bipolar atau disebut juga depresi mania, yaitu berulang kali mengalami kesedihan ekstrem (depresi) dan kebahagiaan yang ekstrem (mania).
  • Gangguan pramenstruasi disforik; perubahan dan ketidakstabilan mood menjelang tahap pramenstruasi wanita.
  • Gangguan depresi menetap (distimia), bentuk depresi dalam waktu yang lama.
  • Disregulasi mood. Gangguan ini ditandai dengan adanya kemarahan yang menetap dan sering meledak-ledak pada diri anak sehingga tidak dinilai konsisten dengan perkembangan usia anak itu.

Waspadai juga perilaku mengkhawatirkan seputar penyalahgunaan obat-obatan atau minuman keras yang menjurus kepada kecanduan karena dinilai sebagai gangguan kondisi mental yang dapat mengakibatkan mood swing juga.

Selain itu, salah satu kemungkinan penyebab perubahan suasana hati adalah ketidakseimbangan dalam kimia otak yang berhubungan dengan pengaturan suasana hati dan perubahan hormon yang dihasilkan tubuh, tergantung pada banyak faktor berbeda, misalnya :

  • Cuaca : Sinar matahari dapat mempengaruhi otak kita hampir langsung melalui bagian terluar tengkorak dan bagian lain dari otak untuk memicu produksi endorfin yang merupakan hormon “mood baik”, yang membuat kita merasa senang dan bahagia. Kurangnya paparan sinar matahari, misal saat cuaca mendung berangin dan hujan, membuat tubuh kekurangan banyak endorfin, menyebabkan banyak orang mengalami ‘SAD’ — Seasonal Affective Disorder —, yang merupakan ketergantungan berlebihan terhadap cuaca untuk mengatur suasana hati kita.

  • Makanan: Makanan dapat memiliki berbagai efek berbeda pada tubuh kita. Tidak hanya menyediakan kita dengan energi, makanan juga mencukupi asupan bahan kimia dalam otak, seperti dopamin. Dopamin adalah pusat reward dalam otak yang diproduksi setelah berhubungan seks atau saat kita melahap makanan saat lapar, untuk mendorong kita mengulang perilaku ini.

  • Sistem imun : Sistem kekebalan tubuh juga bisa memainkan peran naik turunnya mood kita. Saat kita sakit, hal ini bisa membuat tubuh kita merasa tertekan dan akhirnya juga mempengaruhi mood kita.

  • Pubertas, Pre Menstrual Syndrome (PMS), atau menopause : perubahan mood bisa terkait dengan naik turunnya kadar hormon tubuh, khususnya estrogen, sepanjang siklus menstruasi. Estrogen mulai naik secara perlahan setelah siklus menstruasi berakhir, kemudian mencapai puncaknya dua minggu kemudian. Setelah itu, kadar estrogen dalam tubuh mulai menurun tajam sebelum mulai naik perlahan dan turun lagi menjelang siklus baru dimulai.

Dalam kasus tertentu, perubahan suasana hati bisa sangat ekstrem, serius, dan tanpa alasan atau rangsangan yang jelas sehingga mengganggu fungsi individu dalam kehidupannya sehari-hari. Mood swing ekstrem ini terjadi mendadak dan melibatkan kondisi emosional yang naik-turun, bergantian antara merasa bahagia dan sejahtera, kemudian dihinggapi oleh perasaan marah, tersinggung, atau depresi, dalam waktu yang relatif singkat.

Kondisi kesehatan yang terkait dengan mood swing

Beberapa kondisi kejiwaan juga dapat memicu perubahan suasana hati ekstrem. Sejumlah kondisi ini diketahui sebagai penghambat produktivitas pengidapnya hingga bahkan bisa menunjukkan kecenderungan bunuh diri atau kekerasan ekstrem. Beberapa kondisi kesehatan ini termasuk:

  • Attention-Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)
    Tidak ada obat penawar untuk ADHD; individu pengidap ADHD harus menjalani hidup beradaptasi dengan kondisi ini, hingga merasa frustrasi dari waktu ke waktu. Banyak orang yang memiliki ADHD tidak terdiagnosis. Perasaan ketidakmampuan dan kekurangan untuk beradaptasi sering berujung pada depresi, yang mengakibatkan mood swing tidak menentu.

  • Gangguan bipolar
    Pengidap gangguan bipolar menderita perubahan suasana hati ekstrem. Mereka bereaksi dengan kesedihan saat menemukan situasi bahagia, atau sebaliknya — bereaksi bahagia dalam situasi sedih atau berduka — karena mereka tidak mampu untuk mengatur suasana hati sesuai dengan kondisi atau kesempatan yang tepat.

  • Gangguan kepribadian ambang ( Borderline Personality Syndrome /BPS)
    Penderita BPS tidak mampu memelihara hubungan interpersonal yang stabil karena keadaan emosi yang bergejolak mengenai diri mereka sendiri maupun orang lain. Masalah akademis, pekerjaan, keuangan, masalah hukum, dan hubungan dengan orang lain mungkin timbul sebagai akibat dari mood swing ekstrem.

  • Depresi
    Mood swing akibat depresi bisa sangat merusak. Depresi dapat membuat Anda mengisolasi diri dari teman, keluarga, dan orang-orang yang Anda cintai. Anda mungkin tidak merasa sanggup untuk bangkit dari tempat tidur, apalagi bekerja. Selama fase manic, Anda mungkin akan berlaku sembrono, histeris, dan merasa sangat bahagia, hingga akhirnya diselimuti kembali oleh kesedihan dan ketidakberdayaan.

  • Penyebab lainnya dari mood swing
    Selain dari kondisi di atas, mood swing juga bisa disebabkan oleh kondisi medis yang secara langsung mempengaruhi sistem saraf pusat, seperti demensia, tumor otak, meningitis, stroke, dan penyalahgunaan narkotika. Perubahan suasana hati juga dapat hasil dari kondisi yang merampas nutrisi dan oksigen dalam otak, seperti trauma kepala, penyakit paru, dan kardiovaskular. Ketika produksi neurotransmitter dalam otak, seperti serotonin, GABA, dopamin, dan norepenephrine terpengaruh, hasilnya adalah perubahan mood. Seseorang bisa secara bergantian mengalami berbagai perasaan, seperti depresi, kecemasan, kebahagiaan, stres, dan ketakutan.

Jika mood swing datang mendadak, tidak bisa dikendalikan, sangat tidak rasional, atau menunjukkan kecenderungan perilaku bunuh diri, segera dapatkan bantuan medis.