Apa yang dimaksud dengan tipe kepribadian Plegmatik atau Plegmatis?

Seseorang dengan tipe karakter plegmatis menunjukkan pribadi yang mudah diatur, cenderung diam dan kalem, suka mengalah, memiliki rasa toleransi yang tinggi, mudah untuk disuruh dan selalu mau melakukan, suka mengalah, tidak menyukai konflik

Plegmatik si pecinta damai

Seseorang dengan tipe karakter phlegmatis menunjukkan pribadi yang mudah diatur, cenderung diam dan kalem, suka mengalah, memiliki rasa toleransi yang tinggi, mudah untuk disuruh dan selalu mau melakukan, suka mengalah, tidak menyukai konflik. Orang dengan tipe ini suka dengan kehidupan yang damai- damai saja dan tenang. Apabila dihadapkan pada suatu masalah, maka dia akan mencari solusi dengan cara damai dan diselesaikan dengan tenang. Tipe plegmatis mampu bersabar dalam kondisi apapun. Apabila disuruh untuk mengambil keputusan, mengalami kesulitas dan cenderung menunda- nunda.

Tipe Emosi Plegmatis

Kepribadian yang rendah hati, mudah bergaul dan bawaannya santai, diam dan tenang, sabar, hidupnya konsisten, tenang tetapi cerdas. Selain itu baik hati dan mudah bersimpati, cenderung menyembunyikan emosinya, selalu bahagia dengan apapun yang dia terima, serba guna.

Tipe kepribadian Plegmatik adalah orang yang cenderung tenang, dari luar cenderung tidak beremosi, tidak menampakkan perasaan sedih atau senang. Naik turun emosinya itu tidak nampak dengan jelas. Orang ini memang cenderung bisa menguasai dirinya dengan cukup baik, sangat introspektif, memikirkan ke dalam, bisa melihat, menatap dan memikirkan masalah-masalah yang terjadi di sekitarnya.

Kelemahan orang plegmatik adalah cenderung mengambil hal yang mudah, tidak mau sulit untuk berpikir, sehingga sering mengambil jalan pintas yang paling mudah

Berikut adalah karakter, secara umum, dari orang-orang yang mempunyai tipe kepribadian plegmatis, yaitu :

  • Tidak suka terburu-buru (tenang),
  • Tidak mudah dipengaruhi,
  • Setia
  • Pendiam,
  • Tenang,
  • Netral (tidak ada warna perasaan yang jelas),
  • Stabil

Selain itu, sifat lainnya dari kepribadian plegmatis antara lain ; merasa cukup puas, tidak peduli (acuh tak acuh), dingin hati (tidak mudah terharu), pasif, tidak mempunyai banyak minat, bersifat lambat, sangat hemat, dan tertib/teratur.