© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Self Consciousness?

Self consciousness

Self consciousness adalah kecenderungan di mana orang yang mengalaminya selalu diliputi pikiran-pikiran tentang dirinya sendiri, tentang aktivitas yang sedang dilakukannya, tentang penampilan fisiknya, tentang caranya berbicara, tentang bagaimana ia melakukan aktivitasnya, dan tentang bagaimana orang lain menilainya.

Apa yang dimaksud dengan Self consciousness ?

Istilah consciousness digunakan untuk pengertian kesadaran diri secara lebih luas dan didukung munculnya Journal of Consciousness Studies. Menurut Fenigstein, Scheier dan Buss (1975), self consciousness merupakan penilaian individu terhadap diri yang mengarahkan pada perhatian diri baik secara internal maupun eksternal.

Fenigstein, Scheier dan Buss (1975) menjelaskan bahwa self consciousness dikonseptualisasikan sebagai perhatian yang konsisten diarahkan pada diri individu. Individu sebagai objek sosial yang membahas tentang atribut internal dan eksternal diri, intropeksi diri dan semua ciri self consciousness pada orang dewasa.

Sedangkan menurut Fenigstein, Scheier dan Buss (dalam Labrie dkk, 2008), self consciousness mencakup sejumlah domain tertentu yang berkaitan erat dengan self consciousness dan relevan bagi individu, yaitu kebahagiaan di masa lalu, sekarang, dan perilaku di masa depan, kepekaan terhadap perasaan batin, perasaan positif dan negatif secara pribadi, introspeksi, kecenderungan untuk gambaran diri atau membayangkan diri sendiri, kesadaran penampilan, dan pentingnya tentang penilaian orang lain terhadap diri.

Berdasarkan pendapat beberapa tokoh dipaparkan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa self consciousness adalah kesadaran pikiran batin dan perasaan emosional individu dalam menilai dirinya dan pandangan orang lain terhadap dirinya, baik secara internal maupun eksternal.