Apa yang dimaksud dengan kontak multi pasar atau multimarket contact?

kontak multi pasar

Didalam bidang manajemen strategi dan pemasaran terdapat istilah multimarket contact. Apa yang dimaksud dengan kontak multi pasar atau multimarket contact tersebut ?

Kontak multimarket (multimarket contact) terjadi ketika beberapa perusahaan saling bersaing dengan pesaing yang sama di banyak pasar.

Ketika perusahaan bersaing satu sama lain di lebih dari satu pasar, perilaku kompetitif mereka mungkin berbeda dibandingkan apabila terjadi dalam persaingan di pasar tunggal.

Berikut sebuah proses model, dalam jurnal yang berjudul, The Theory of Multimarket Competition: A Synthesis and Implications for Marketing Strategy, Jayachandran (1999), terkait dengan hubungan antara kontak multimarket dengan intensitas persaingan,

Kontak multimarket memberikan perusahaan opsi untuk merespons aksi atau serangan oleh perusahaan pesaing, tidak hanya di pasar yang ditantang, tetapi juga di pasar lain di mana mereka berdua bersaing. Akibatnya, perusahaan pesaing yang berada dalam kontoak multimarket mungkin ragu untuk menyerang perusahaan pesaing di satu pasar karena takut akan pembalasan di pasar yang lain. Oleh karena itu, persaingan multimarket dapat mengurangi intensitas persaingan di antara para pesaing, dimana efek tersebut dikenal sebagai kesabaran bersama (mutual forbearance).