Apa yang dimaksud dengan kepribadian tipe INFJ?

Bagaimana kepribadian individu dengan tipe tersebut ? Siapa saja orang terkenal yang mempunyai kepribadian dengan tipe tersebut ?

INFJ: Introversion, Intuition, Feeling, Judgement

Intuisi introvert didukung oleh perasaan

Secara alami, INFJ peduli akan relasi diri mereka dengan orang lain, dan terkadang terlihat seperti orang extravert. Sifat individualis dari orang INFJ seringkali tidak begitu nampak, bukan karena dunia batin mereka tidak begitu menarik bagi INFJ, namun karea mereka begitu menghargai keharmonisan yang ingin mereka jaga (Myers & Peter B. Myers, 1995).

Sangat jarang orang dengan tipe kepribadian INFJ di dunia ini, jumlahnya kurang dari dua persen dari populasi yang ada.

INFJ cenderung untuk membantu orang lain sebagai tujuan hidup mereka. Orang dengan tipe kepribadian INFJ seriing ditemukan ketika melakukan kegiatan sosial dan suka melakukan pekerjaan amal.

INFJ memiliki kombinasi sifat-sifat yang unik : meskipun berbicara dengan lembut, mereka memiliki pendirian yang sangat kuat dan akan berjuang tanpa lelah untuk sesuatu yang mereka yakini. Mereka sangat tegas dan berkemauan keras, namun jarang menggunakan energi itu untuk keuntungan pribadi.

INFJs akan bertindak secara kreatif, penuh dengan imajinasi, mempunyai keyakinan yang kuat dan memiliki kepekaan yang tinggi.

image

Tetapi tindakan-tindakan yang mereka lakukan tidak untuk mendapatkan keuntungan pribadi, melainkan untuk menciptakan keseimbangan.

Egalitarianisme dan karma adalah gagasan yang sangat menarik bagi INFJ

INFJ merasa mudah menjalin hubungan dengan orang lain, dan memiliki bakat untuk berkomunikasi secara hangat dan sensitif, berbicara secara manusiawi, bukan hanya dengan logika dan fakta.

INFJ dan dirinya

Sungguh, sangat penting bagi INFJ untuk mengingat bahwa mengurus diri mereka sendiri itu juga penitng untuk dilakukan. Hasrat dan keyakinan mereka mempunyai kemungkinan yang besar untuk membawa mereka melewati batas kemampuan mereka sendiri. Dan jika mereka lepas kendali, mereka bisa merasa kelelahan, tidak sehat dan stres.

Bagi INFJ, dunia adalah tempat yang penuh dengan ketidakadilan. Tidak ada tipe kepribadian lain yang lebih cocok untuk membuat gerakan perubahan sosial, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya gerakan tersebut.

INFJ hanya perlu mengingat bahwa sementara mereka sibuk mengurus dunia, mereka juga perlu mengurus diri mereka sendiri.

Kelebihan tipe kepribadian INFJ

  • Kreatif - Mereka mampun menggabungkan imajinasi dengan rasa belas kasih yang kuat, INFJ tidak hanya menggunakan kreativitas mereka untuk mengatasi tantangan teknis, tapi juga masalah manusia.

    Orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ senang menemukan solusi sempurna untuk seseorang yang mereka sayangi, dan dengan kekuatan tersebut, dapat membuat mereka menjadi konselor dan penasihat yang sangat baik.

  • Insightful - Mereka mempunyai wawasan yang luas. INFJ dapat melihat bagaimana hubungan antara orang dan peristiwa, dan dapat menggunakan wawasan itu untuk dapat melihat sampai ke inti atau akar permasalahannya.

  • Inspiring and Convincing - Berbicara dengan bahasa manusia, tidak berbicara secara teknis, INFJ memiliki gaya penulisan yang tajam dan inspiratif sehingga dapat menarik audiens mereka. Jika mereka bangga dan mempunyai keyakinan yang kuat dengan apa yang mereka bicarakan, INFJ dapat menjadi orator yang sangat menarik, berorasi dengan kehangatan dan penuh semangat.

  • Tegas - Kreativitas, wawasan dan inspirasi mereka memiliki dampak nyata pada dunia, karena INFJ dapat menindaklanjuti gagasan mereka dengan keyakinan, kemauan keras, dan perencanaan yang matang untuk menyelesaikan proyek yang mereka buat atau kerjakan. INFJ tidak hanya melihat apa yang seharusnya terjadi, mereka bertindak berdasarkan wawasan itu.

  • Bertekad dan Bergairah - Ketika INFJ percaya bahwa ada sesuatu yang penting, mereka mengejar tujuan itu dengan keyakinan dan energi yang luar biasa. INFJ akan melakukan apapun, bahkan sesuatu yang tidak disukai oleh orang banyak sekalipun.

    Hasrat mereka untuk meraih tujuan yang mereka pilih adalah bagian kepribadian mereka yang tidak terpisahkan.

  • Altruistik - Kekuatan ini digunakan untuk kebaikan. INFJ memiliki kepercayaan yang kuat dan mengambil tindakan yang mereka lakukan bukan karena mereka berusaha untuk maju, tetapi karena mereka mencoba untuk memajukan sebuah gagasan yang benar-benar mereka yakini akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Kelemahan tipe kepribadian INFJ

Sensitif - Bila seseorang menantang atau mengkritik prinsip atau nilai-nilai yang mereka yakini, mereka cenderung meresponnya dengan sangat kuat. Orang dengan tipe kepribadian INFJ sangat rentan terhadap kritik dan konflik, dan mempertanyakan motif mereka adalah cara tercepat memperlihatkan sisi buruknya.

Sangat Private - INFJs cenderung menampilkan diri sebagai puncak dari sebuah ide. Ini tidak hanya karena mereka percaya pada gagasan tersebut, tapi juga karena INFJ sangat pribadi dalam hal kehidupan pribadinya. Mempercayai teman baru merupakan tantangan yang besar bagi INFJ.

Perfeksionis - INFJ selalu mengejar kondisi yang ideal. Meskipun menjadi perfeksionis adalah hal yang bagus dalam banyak hal, tetapi kondisi ideal tidak selalu dapat diwujudkan - misalnya dalam dunia politik, bisnis, asmara -

Mudah mengalami Burnout - Hasrat mereka, kesabaran yang buruk untuk hal-hal yang bersifat rutinitas, kecenderungan untuk menampilkan diri mereka sebagai orang yang ideal, dan sangat tertutup cenderung membuat INFJ sedikit pilihan untuk melepaskan emosinya.

Burnout adalah istilah psikologi yang digunakan untuk menggambarkan perasaan kegagalan dan kelesuan akibat tuntutan yang terlalu membebankan tenaga dan kemampuan seseorang.

Orang-orang dengan tipe kepribadian ini cenderung cepat lelah dalam waktu singkat jika mereka tidak menemukan cara untuk menyeimbangkan cita-cita mereka dengan realitas kehidupan sehari-hari.


Beberapa orang terkenal dengan tipe kepribadian INFJ, Sumber : 16personalities.com

Hubungan romantis INFJ

Ketika sampai pada hubungan romantis, INFJs, dalam prosesnya, mencari pasangan dengan sangat serius. Orang dengan tipe kepribadian INFJ mencari kedalaman dan makna dalam hubungan mereka. INFJ akan meluangkan waktu untuk menemukan seseorang yang benar-benar cocok dengan mereka, dan begitu mereka menemukan seseorang, hubungan mereka akan mencapai tingkat kedalaman dan ketulusan yang hanya bisa diimpikan kebanyakan orang.

Terkadang,kondisi tersebut menjadi tantangan bagi calon pasangannya, terutama jika calon pasangannya mempunyai tipe yang tidak sabar, karena INFJ seringkali menjadi seseorang yang perfeksionis dan pemilih.

Orang dengan tipe kepribadian ini tidak mudah diajak berbicara atau berdiskusi tentang sesuatu yang tidak mereka inginkan, dan jika seseorang tidak memahaminya, hal tersebut dapat menjadi masalah yang tidak mungkin dimaafkan, terutama pada tahap awal berkencan.

Yang lebih buruk lagi adalah INFJ sangat sensitif apabila dimanipulasi atau mendapatkan kebohongan.

Salah satu hal yang paling penting bagi INFJ adalah membangun hubungan yang tulus dan mendalam dengan orang-orang yang mereka sayangi.

Ketika menyangkut keintiman, INFJ mencari hubungan yang tidak hanya berdasarkan masalah fisik, tetapi lebih menekankan pada hubungan emosional dan bahkan spiritual dengan pasangan mereka. Orang dengan tipe kepribadian INFJ adalah pasangan yang penuh gairah, dan melihat keintiman sebagai cara untuk mengekspresikan cinta mereka dan membuat pasangan mereka bahagia.

INFJ menghargai sebuah hubungan tidak hanya melalui tindakan , tetapi lebih menekankan pada “apa artinya menjadi satu dengan orang lain, dalam pikiran, tubuh dan jiwa.”

Hubungan Sosial INFJ

INFJ menuntut keaslian dan ketulusan dalam aktivitas sosial, hubungan romantis, dan persahabatan mereka. Orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ tidak mungkin mencari persahabatandi tempat-tempat umum, misalnya kedai kopi atau lapangan olahraga.

INFJ mencari “sahabat” sebagai teman berbagi hasrat, minat dan ideologi mereka, orang-orang yang dengannya mereka dapat mengeksplorasi filosofi dan subjek yang mereka yakini mempunyai makna yang mendalam.

Oleh karena itu, merupakan sebuah tantangan untuk dapat mengenal INFJ lebih dalam, karena mereka orangnya sangat pribadi, cenderung tertutup dan penuh dengan teka-teki.

INFJ tidak mudah berbagi pemikiran dan perasaan mereka, kecuali mereka sudah merasa nyaman.

Dalam menjalin pertemanan, seolah-olah INFJ sedang mencari jodoh, dimana mereka mencari seseorang yang dapat berbagi setiap aspek dari hasrat dan imajinasi mereka.

INFJ adalah orang yang perfeksionis, tidak hanya mencari teman yang benar-benar cocok dalam satu atau dua hal, tetapi mereka juga mencari seseorang yang dengannya mereka dapat tumbuh dan berkembang bersama.

INFJ terkenal dengan kepribadian yang Reflektif. Beberapa ciri lainnya dari kepribadian ini adalah :

  • Perhatian, empati, sensitif & berkomitmen terhadap sebuah hubungan.
  • Sukses karena ketekunan, originalitas dan keinginan kuat untuk melakukan apa saja yang diperlukan termasuk memberikan yg terbaik dalam pekerjaan.
  • Idealis, perfeksionis, memegang teguh prinsip.
  • Visioner, penuh ide, kreatif, suka merenung dan inspiring.
  • Biasanya diikuti dan dihormati karena kejelasan visi serta dedikasi pada hal-hal baik.

Saran Pengembangan Kepribadian :

  • Seimbangkan cara pandang Anda. Jangan hanya melihat sisi negatif & resiko. Namun, lihatlah sisi positif dan peluangnya.
  • Bersabarlah, jangan mudah marah dan menyalahkan orang lain atau situasi.
  • Rileks dan jangan terus menerus berfikir atau menyelesaikan tanggungjawab.

Saran Profesi:

Pengajar, Psikolog, Dokter, Konselor, Pekerja Sosial, Fotografer, Seniman, Designer, Child Care.

Pasangan/Partner Alami:

ESFP atau ESTP

1 Like

INFJ adalah seorang introvert yang merasakan dengan menggunakan intuisi (Intuition), membuat keputusan dengan menggunakan perasaan (Feeling), dan melihat dunia luar dengan penilaian (Judgement).

Karakteristik kepribadian INFJ

Manusia dengan tipe kepribadian INFJ biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut :

  • Walaupun INFJ terlihat sangat pendiam, namun orang-orang dengan kepriadian INFJ biasanya memiliki opini yang kuat terkait dengan hal-hal yang dianggap penting dalam kehidupannya. Bila INFJ berjuang untuk sesuatu ini dikarenakan mereka percaya pada ide itu sendiri, bukan karena alasan-alasan yang mementingkan dirinya sendiri.

  • Kekuatan INTJ dan inspirasinya datang dari kekayaan imajinasi dan fantasinya. INFJ sangat teliti dan memegang nilai-nilai. Mereka mencari makna dalam hubungan, ide, dan peristiwa, dengan mampu memahami dirinya dan orang lain.

  • Mereka mampu menggunakan keterampilan intuitif mereka, mereka mengembangkan visi yang jelas dan percaya diri, bertujuan untuk memperbaiki kehidupan orang lain. INFJ menganggap masalah sebagai kesempatan untuk merancang dan menerapkan solusi kreatif.

  • INFJ yang tenang, individu pribadi yang lebih memilih untuk mempunyai pengaruh di belakang layar. Meskipun sangat independen, INFJ yang sangat tertarik pada kesejahteraan orang lain. INFJ lebih memilih hubungan satu-satu dalam kelompok besar.

  • Sensitif dan kompleks, mereka mahir dalam memahami isu-isu rumit dan didorong untuk menyelesaikan perbedaan dengan cara kooperatif dan kreatif.

  • INFJ memiliki kehidupan, kaya batin yang hidup, yang mereka mungkin enggan untuk berbagi dengan orang di sekitar mereka. Meskipun demikian, mereka menyenangkan dalam interaksi, dan perseptif emosi orang lain. Umumnya sangat disukai oleh rekan-rekan mereka, mereka sering dapat dianggap teman dekat dan orang kepercayaan. Namun, mereka menjaga mengekspresikan perasaan mereka sendiri. INFJ cenderung mudah sakit, meskipun mereka tidak mungkin mengungkapkan ini kecuali untuk sahabat terdekat mereka.

  • INFJ cenderung sensitif, pemimpin yang tenang dengan kedalaman kepribadian. Mereka adalah rumit dan sangat misterius, dan sangat kompleks, kadang-kadang membingungkan, bahkan untuk diri mereka sendiri. Mereka memiliki pandangan yang teratur terhadap dunia. Abstrak dalam berkomunikasi, mereka hidup di dunia makna tersembunyi dan kemungkinan. Dengan hubungan alamiah untuk seni, INFJ cenderung kreatif dan mudah terinspirasi. Namun mereka juga dapat melakukannya dengan baik dalam ilmu, dibantu oleh intuisi mereka.

Penyeimbang kepribadian INFJ

Tipe kepribadian INFJ akan seimbang jika:

  • Mencari hal-hal yang mungkin bertentangan dengan tujuan.
  • Mengembangkan perasaan dan penilaiannya.
  • Belajar mendasarkan keputusan pada logika.
  • Mendisiplinkan antara waktu introvert dan exstrovert.