Apa yang dimaksud dengan Ceteris Paribus?

Ceteris paribus

Ceteris paribus adalah suatu asumsi dasar dalam ilmu ekonomi yang berarti faktor-faktor lain dianggap tetap. Contoh: Harga barang naik, cateris paribus, maka jumlah barang yang diminta berkurang. Berarti faktor-faktor lain seperti pendapatan, selera, dan harga barang lain itu dianggap tetap.

Menurut anda apakah Ceteris Paribus itu?

1 Like

Cēterīs pāribus adalah istilah dalam bahasa Latin, yang secara harafiah dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai “dengan hal-hal lainnya tetap sama”, dan dalam bahasa Inggris biasanya diterjemahkan sebagai “all other things being equal.”

Dalam ilmu ekonomi, istilah ceteris paribus seringkali digunakan, yaitu sebagai suatu asumsi untuk menyederhanakan beragam formulasi dan deskripsi dari berbagai anggapan ekonomi.

“Harga dari daging sapi akan meningkat — ceteris paribus — bila kuantitas daging sapi yang diminta oleh pembeli juga meningkat.”

Dalam contoh tersebut, penggunaan ceteris paribus adalah untuk menyatakan hubungan operasional antara harga dan kuantitas suatu barang (daging sapi). Ceteris paribus di sini berarti bahwa asumsi yang diambil ialah mengabaikan berbagai faktor yang diketahui dan yang tidak diketahui yang dapat memengaruhi hubungan antara harga dan kuantitas permintaan. Faktor-faktor tersebut misalnya termasuk: harga barang substitusi (misalnya harga daging ayam atau daging kambing), tingkat penghindaran risiko para pembeli (misalnya ketakutan pada penyakit sapi gila), atau adanya tingkat permintaan keseluruhan terhadap suatu barang tanpa memperhatikan tingkat harganya (misalnya perpindahan masyarakat kepada vegetarianisme).

Ceteris paribus secara literal berarti “hal-hal lain dianggap tetap/sama”. Di dalam teori ilmu pengetahuan, ceteris paribus digunakan untuk menyingkirkan atau menihilkan beberapa faktor atau variabel yang dianggap tidak relevan atau berada di luar asumsi yang digunakan untuk membuat suatu prediksi dan teori.

Contohnya: hukum penawaran dan permintaan menyatakan bahwa jika jumlah permintaan melebihi jumlah penawaran, maka harga barang akan naik, dengan asumsi ceteris paribus atau variabel-variabel lain dianggap konstan. Asumsi ceteris paribus di sini dibutuhkan agar luaran atau output dari hukum permintaan dan penawaran tersebut tetap valid, karena ada faktor-faktor atau variabel-variabel tak terduga yang dapat membuat prediksi yang dibuat hukum tersebut menjadi salah.

Contoh variabel yang bisa mengubah luaran hukum permintaan dan penawaran tersebut, misalnya, adalah adanya barang substitusi yang bisa digunakan sebagai pengganti barang yang dimaksud. Adanya barang substitusi membuat harga barang yang dimaksud tidak akan naik, meskipun jumlah permintaan melebihi jumlah penawaran.

Penggunaan asumsi ceteris paribus mengimplikasikan bahwa status atau derajat kepastian di dalam eksplanasi teori ilmu ekonomi modern membutuhkan prasyarat. Hal ini menunjukkan bahwa pada hakekatnya ilmu ekonomi bukan (dan tidak akan pernah menjadi) exact science. Hanya saja, ilmu ekonomi sebagai sebuah ilmu sosial secara tepat dapat mengkonstruksi realitas khusus (yakni “realitas ekonomi”, atau “economic realm” jika menggunakan istilah Uskali Maki) yang bekerja dengan logika dan metodologi yang khusus pula sehingga teori dan eksplanasi yang diberikan memiliki relasi kausal-efek yang setara dengan ilmu-ilmu alam.

Logika dan sifat mekanistik dari teori-teori ilmu ekonomi modern sendiri pada umumnya sangat bergantung pada pemodelan atau penyederhanaan variabel- variabel melalui asumsi ceteris paribus semacam ini. Penyederhanaan semacam ini tentu saja tidak bisa dihindari mengingat objek kajian ilmu sosial memiliki derajat kompleksitas yang lebih tinggi ketimbang ilmu alam, terutama karena objek kajian ilmu sosial banyak melibatkan dimensi intensionalitas dan pilihan bebas manusia yang sulit diprediksi.

A post was merged into an existing topic: Apa yang dimaksud dengan Permintaan?