Apa yang dimaksud dengan analisis siklus hidup sumber daya atau resource life cycle analysis?

Analisis siklus hidup sumber daya atau resource life cycle analysis mempunyai pendekatan integrasi sumber daya, rantai nilai (value chain), dan preseden sebagai faktor kunci dalam perencanaan sistem informasi.

Apa yang dimaksud dengan analisis siklus hidup sumber daya atau resource life cycle analysis ?

Business System Planning mengemukakan terdapat empat langkah siklus hidup sumber daya yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengelompokkan business process secara logik seperti terlihat pada Gambar di bawah ini. (Surendro, K, 2009)

image
Gambar Model Siklus Hidup Sumber Daya

Siklus hidup tersebut adalah:

  1. Kebutuhan (requirement): aktivitas yang menentukan banyaknya produk atau sumber daya yang diperlukan, rencana mendapatkannya serta pengukuran dan pengendalian terhadap rencana tersebut.

  2. Akuisisi (acquisition): aktivitas untuk mengembangkan produk atau jasa atau aktivitas untuk mendapatkan sumber daya yang akan digunakan dalam pengembangan.

  3. Pengelolaan (stewardship): aktivitas untuk membentuk, memperbaiki, atau memelihara sumber daya pendukung dan untuk menyimpan atau melacak produk atau jasa.

  4. Disposisi (disposition): aktivitas dan keputusan yang mengakhiri tanggung jawab dari (unit) organisasi terhadap suatu produk, jasa atau suatu penanda untuk mengakhiri penggunaan suatu sumber daya.