Apa yang dimaksud dengan analisis critical success factors?

Critical Success Factor

Analisis Critical Success Factor (CSF) merupakan sebuah metode analisis dengan mempertimbangkan beberapa hal yang kritis di dalam lingkungan perusahaan untuk mendefinisikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan dan kesuksesan perusahaan atau organisasi dan dapat ditentukan jika objektif organisasi telah diidentifikasi.

Apa yang dimaksud dengan analisis critical success factors ?

Critical Succes Factor (CSF) merupakan istilah manajemen untuk elemen yang diperlukan suatu organisasi atau proyek untuk mencapai misinya. Ini merupakan faktor penting atau kegiatan yang diperlukan untuk memastikan keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi. Istilah ini awalnya digunakan dalam dunia analisis data dan analisis bisnis . Sebagai contoh, CSF sukses untuk proyek Teknologi Informasi.

Konsep Sejarah
Konsep “faktor keberhasilan” dikembangkan oleh D. Ronald Daniel dari McKinsey & Company pada tahun 1961. Proses ini disempurnakan menjadi faktor penentu keberhasilan oleh John F. Rockart antara tahun 1979 dan 1981. Pada tahun 1995, James A. Johnson dan Michael Friesen menerapkan itu dalam berbagai sektor, termasuk kesehatan .

Contoh generik CSF

  • Pengembangan produk baru
  • Distribusi yang baik
  • Iklan yang efektif

Tipe Critical Success Factor

Ada 4 faktor penentu keberhasilan

  • Industry critical success factors (CSF’s) yang dihasilkan dari karakteristik industri tertentu

  • Strategy critical success factors (CSF’s) yang dihasilkan dari strategi kompetitif yang dipilih usaha

  • Environmental critical success factors (CSF’s) yang dihasilkan dari perubahan ekonomi atau teknologi

  • Temporal critical success factors (CSF’s) yang dihasilkan dari kebutuhan organisasi internal dan perubahan

Metode Critical Success Factors

Mulailah dengan visi :

  • Pernyataan misi
  • Mengembangkan 5-6 tujuan tingkat tinggi
  • Mengembangkan hirarki tujuan dan faktor keberhasilan
  • Daftar persyaratan, masalah, dan asumsi
  • Memimpin dengan persyaratan dasar pada tingkat terendah dekomposisi (tunggal, ide diimplementasikan)
  • Analisis matrik
  • Masalah vs Persyaratan matriks
  • Penggunaan skenario vs Persyaratan matriks
  • Skenario penggunaan padat
  • Hubungan dengan Skenario Penggunaan
  • Skenario penggunaan atau “kasus penggunaan” menyediakan cara untuk menentukan:
    • Apakah persyaratan sejajar dan self-consistent?
    • Apakah kebutuhan pengguna terpenuhi maupun yang dari perusahaan?
    • Apakah persyaratan lengkap
  • Hasil Analisis

Contoh Faktor Penentu Keberhasilan (CSF)

Ada 7 bibdang utama, yaitu :

  1. Pelatihan dan pendidikan
  2. Kualitas data dan pelaporan
  3. Komitmen manajemen, kepuasan pelanggan
  4. Orientasi staf
  5. Peran departemen kualitas
  6. Komunikasi untuk meningkatkan kualitas, dan
  7. Perbaikan terus-menerus

Referensi

  • https://rapidbi.com/criticalsuccessfactors/
  • Rockart, John F., “Chief executives define their own data needs”, Harvard Business Review 1979 (2),
  • Daniel, D. Ronald, “Management Information Crisis,” Harvard Business Review, Sept.-Oct., 1961.
  • Rockart, John F. “Chief Executives Define their Own Data Needs” published in “Sussex Business Review” March 1979
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Critical_success_factor
  • Rockart, John F. “A Primer on Critical Success Factors” published in The Rise of Managerial Computing: The Best of the Center for Information Systems Research, edited with Christine V. Bullen. (Homewood, IL: Dow Jones-Irwin), 1981, OR, McGraw-Hill School Education Group (1986)pages 81-93