Apa yang dimaksud dengan abiotik?

Abiotik

Abiotik adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebut sesuatu yang tidak hidup (benda-benda mati). Komponen abiotik merupakan komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda tak hidup.

Secara terperinci, komponen abiotik merupakan keadaan fisik dan kimia di sekitar organisme yang menjadi medium dan substrat untuk menunjang berlangsungnya kehidupan organisme tersebut. Beberapa contoh komponen abiotik adalah air, udara, cahaya matahari, tanah, topografi, dan iklim.

Abiotik adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebut sesuatu yang tidak hidup (benda-benda mati). Komponen abiotik merupakan komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda tak hidup. Secara terperinci, komponen abiotik merupakan keadaan fisik dan kimia di sekitar organisme yang menjadi medium dan substrat untuk menunjang berlangsungnya kehidupan organisme tersebut. Beberapa contoh komponen abiotik adalah air, udara, cahaya matahari, tanah, topografi, dan iklim.

Komponen Abiotik


Komponen abiotik adalah “komponen fisik dan kimiawi yang tergantung pada suatu ekosistem sebagai medium atau substrat untuk berlangsungnya suatu kehidupan” Irnaningtyas (2013, h. 391). Komponen-komponen Abiotik meliputi :

  1. Udara merupakan sekumpulan gas pembentuk atmosfer yang menyelimuti bumi
  2. Air merupakan jenis unsur atau senyawa kimia dalam jumlah yang bervariasi contohnya natrium, kalsium, amonium, nitrit, nitrat, dan fosfat
  3. Tanah terbentuk karena proses destruktif (pelapukan batuan, pembusukan senyawa organik) dan sintesis (pembentukan mineral). Komponen tanah yang utama adalah air, bahan mineral, bahan organik, dan udara. Irnaningtyas (2013, h. 392),
  4. Garam mineral berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam dan basa, mengatur kinerja alat tubuh, dan untuk proses metabolisme,
  5. Sinar matahari merupakan sumber energi bagi seluruh kehidupan di bumi,
  6. Suhu adalah derajat energi panas yang berasal dari radiasi panas sinar, terutama yang bersumber dari matahari,
  7. Kelembapan di suatu ekosistem di pengaruhi oleh intensitas sinar matahari, angin dan curah hujan,
  8. Derajat keasaman (pH) sangat berpengaruh untuk kehidupan tumbuhan,
  9. Topografi adalah keadaan naik turun atau tinggi rendahnya permukaan bumi dan juga mempengaruhi keadaan iklim yang menyangkut suhu dan kelembapan.
3 Likes

Lingkungan abiotik ( benda mati / Fisik )


Lingkungan abiotik meliputi segala sesuatu yang tidak secara langsung terkait pada keberadaan organisme tertentu antara lain :

  • Sinar Matahari: Jika tidak ada, tidak akan ada kehidupan

  • Air: ±70% Struktur penyusun makhluk hidup. fungsi ; untuk reaksi kimia pada tubuh yg disebut

  • juga metabolisme dan juga untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

  • Senyawa organik: karbohidrat, lemak dan protein. senyawa organik harus memiliki unsur C, H, O. khusus untuk protein, harus memiliki C, H, O, N.

  • Udara: ±80% udara bebas adalah Nitrogen (N). fungsi N: membentuk protein bagi tubuh. N bisa didapat dari atmosfer langsung, tetapi harus dirubah ke dalam bentuk N2 . Proses pengubahan N menjadi N2 dinamakan Proses Biogeokimia. sisanya, udara bebas adalah Oksigen (O2). fungsi O2: untuk respirasi. tetapi untuk respirasi yang tidak menggunakan O2 dinamakanRespirasi anaerob.

  • Tanah: sebagai substrat bagi tumbuhan dan sebagai tempat tinggal bagi hewan.

  • Suhu: mempengaruhi reaksi kimia. jika suhu tinggi, zat/unsur yang direaksikan lebih cepat bereaksi karena dalam suhu yang tinggi terdapat zat katalis yang berfungsi untuk mempercepat reaksi kimia. dalam tubuh manusia, terdapat zat katalis yang disebutbiokatalisator yang berbentuk enzim. suhu yang tinggi juga dapat mengakibatkan enzim rusak. sedangkan suhu rendah menyebabkan melambatnya kinerja enzim.

  • Mineral: membantu proses reaksi kimia

  • Kelembaban udara: kandungan air di udara

  • PH: derajat keasaman suatu zat. ukuran PH: 0-14. PH 0-7 mengindikasikan zat tersebut asam. PH 7 mengindikasikan zat tersebut normal. PH 7-14 mengindikasikan zat tersebut basa

2 Likes