© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang anda ketahui tentang model pembelajaran David Merril?

Belajar

Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang relatif permanen dan perubahan tersebut disebabkan adanya interaksi individu yang bersangkutan dengan lingkungannya.

Model pembelajaran David Merril ini dimulai dengan model desain instruksional yang menunjukkan lingkungan belajar yang efektif adalah berbasis masalah dan melibatkan siswa dalam empat tahap yang berbeda dari pembelajaran, yaitu :

  1. aktivasi pengalaman sebelumnya,
  2. demonstrasi keterampilan,
  3. penerapan keterampilan
  4. integrasi atau keterampilan ke dalam kegiatan dunia nyata.

Gambar di bawah ini menunjukkan tahap-tahap mengatasi masalah dalam lingkungan belajar dengan desain model pembelajaran David Merril

Prinsip Model pembelajaran D. Merril
Gambar Prinsip Model pembelajaran D. Merril

Prinsip awal model pembelajaran ini adalah :

  • Belajar difasilitasi ketika peserta didik terlibat dalam memecahkan masalah di dunia nyata.

  • Belajar difasilitasi ketika pengetahuan yang ada diaktifkan sebagai dasar untuk pengetahuan baru.

  • Belajar difasilitasi ketika pengetahuan baru menunjukkan kepada pelajar.

  • Belajar difasilitasi ketika pengetahuan baru diterapkan oleh pelajar.

Tahapan-tahapan pelaksanaan model pembelajaran pada model David Merrilladalah sebagai berikut :

  1. Masalah, artinya pembelajaran dilaksanakan dalam rangka memecahkan permasalahan dunia nyata di sekitar siswa,

  2. Aktifitas, artinya pembelajaran dikembangkan relevan dengan pengalaman dan pengetahuan siswa yang telah dimiliki sebelumnya,

  3. Demonstrasi, artinya pembelajaran yang dikembangkan untuk mempertunjukkan apa yang akan dipelajari bukannya melulu menceritakan informasi tentang apa yang akan dipelajari,

  4. Aplikasi, artinya pembelajaran yang dikembangkan untuk menggunakan keterampilan yang baru siswa untuk memecahkan masalah,

  5. Integrasi, pembelajaran yang dikembangkan mengintegrasikan keterampilan atau pengetahuan yang baru ke dalam kehidupan sehari-hari siswa.

Referensi :

  • David Merril, “ First Prinsip of Instructional : Educational Technology of Research & Development “, Utah State University (2010)
  • David Merril, “Computer based Design for Computer aided Instruction”, Encyclopedia of Education Technology second edition, (Cambridge : Pergamon, 1996).